Terasa Hingga Bali, Gempa Guncang Lombok Akibat Sesar Aktif di Darat

Tidak berpotensi tsunami

Mataram, IDN Times - Gempa bumi magnitudo 4,6 mengguncang Pulau Lombok, Selasa, 25 Januari 2022 pukul 05.14.14 WITA. Gempa terjadi akibat aktivitas sesar aktif di darat. Getaran gempa terasa hingga Pulau Bali.

Pelaksana Harian Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Eka Sri Sulistianingsih mengatakan pada Selasa, 25 Januari 2022 pukul 05.14.14 WITA, wilayah Mataram dan Lombok Barat diguncang gempa bumi tektonik.

1. Gempa bumi dangkal

Terasa Hingga Bali, Gempa Guncang Lombok Akibat Sesar Aktif di DaratIlustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,6. Episenter terletak pada koordinat 8,78° LS; 116,14° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km Tenggara Lombok Barat, NTB pada kedalaman 10 km.

Sri menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempabumi memiliki mekanisme geser (strike-slip)," jelasnya.

Baca Juga: Dua Warga Lombok Ditemukan Tewas di Penginapannya

2. Terasa hingga Pulau Bali

Terasa Hingga Bali, Gempa Guncang Lombok Akibat Sesar Aktif di DaratGempa bumi guncang pulau Lombok terasa hingga Bali/dok. BMKG

Dampak gempa bumi, lanjut Sri berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Mataram, Lombok Barat IV MMI. Yaitu gempa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Gempa juga terasa di Denpasar, Badung, Karangasem, Padangbai, Gianyar, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, III MMI. Yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Hingga saat ini, kata Sri, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga hari Selasa, 25 Januari 2022 pukul 05.47 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

3. Masyarakat diimbau tetap tenang

Terasa Hingga Bali, Gempa Guncang Lombok Akibat Sesar Aktif di DaratPinterest

Dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian masyarakat juga agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," sarannya.

Baca Juga: [BREAKING] Berpusat di Darat, Gempa Magnitudo 4.6 Guncang Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya