Cara Membuat Nasi Kotaraja Khas Lombok Super Mantap

Jika belum berkunjung ke Lombok, bisa mengikuti resep ini

Lombok Timur, IDN Times - Lombok memiliki banyak destinasi wisata yang indah. Selain tempat wisata, Lombok juga memiliki banyak kuliner. Salah satunya adalah nasi Kotaraja.

Nasi Kotaraja merupakan salah satu kuliner lezat dan sangat dirindukan bagi penikmatnya. Soal kuliner Lombok, para wisatawan hanya tahu nasi puyung, nasi rarang, plecing dan jajanan lokal lainnya. 

Penasaran, kan? Nah, berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai nasi Kotaraja khas Lombok dan cara memasak rarit sebagai pelengkap sajian.

1. Tentang nasi kotaraja

Cara Membuat Nasi Kotaraja Khas Lombok Super Mantaptrapedia,com

Disebut nasi Kotaraja karena asalnya dari Desa Kotaraja, Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Desa Kotaraja dapat dilalui saat kunjungi lokasi wisata Tetebatu.

Nasi Kotaraja juga dapat dilengkapi dengan Rarit. Bahannya terdiri dari daging sapi yang digoreng setelah dihaluskan. Orang-orang di sana menyebutnya Rarit.

Terdapat pula daging sapi menjadi kuah kaldu juga rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi. Ada juga sejumput kacang kedelai goreng dan saus sambal untuk menambah kelezatan kuliner di lidah Anda. Belum lagi apabila nasinya dicampur kaldu daging sapi.

Baca Juga: Resep Memasak Kelaq Lebui Maknyus Khas Lombok

2. Tidak punya cabang

Cara Membuat Nasi Kotaraja Khas Lombok Super Mantapnasi kotaraja (instagram.com/lotimfoodies)

Makanan khas Lombok ini dijamin membuat nostalgia nantinya. Banyak orang yang tidak sengaja mencoba hidangan ini karena mampir untuk makan siang di desa Kotaraja dan ingin kembali ke desa untuk mencoba nasi lagi. 

Bahkan, banyak pembeli dari kota Mataram sering meminta banyak nasi untuk melepaskan kerinduan akan kelezatan dari nasi Kotaraja ini.

Sayangnya, Nasi Kotaraja tidak seperti Nasi Puyung yang sudah memiliki cabang di banyak tempat di Lombok. Nasi Kotaraja hanya tersedia di beberapa lokasi di Desa Kotaraja. 

Jika Anda berhenti di Desa Kotaraja, tepat di perempatan, Anda akan menemukan beberapa warung yang menjajakan Nasi Kotaraja.

3. Bahan-bahan dan cara membuat

Cara Membuat Nasi Kotaraja Khas Lombok Super Mantapilustrasi daging sengkel (instagram.com/walnutrangefarms.com)

Bahan-bahan untuk membuat rarit, pelengkap nasi kotaraja
Bahan utama:

-1/4 Kg daging sapi
-Bumbu iris:

Cabe rawit muda 10 buah (Gading)
Cabai hijau besar 3 buah 
3 buah cabe merah besar
1 ikat daun bawang muda 
Bawang putih 3 siung 
Bawang merah 4 siung 
1 buah tomat besar
Bumbu pelengkap:

Garam secukupnya
1/4 gula pasir
Penyedap rasa secukupnya
1/2 sendok teh kaldu bubuk
Minyak goreng

Cara membuat rarit khas Lombok sebagai pelengkap hidangan nasi Kotaraja:
-Cincang halus daging sapi lalu cuci bersih dan tiriskan
-Rebus air secukupnya hingga mendidih, masukkan daging, tambahkan sedikit garam dan masak hingga benar-benar empuk, lalu matikan api dan tiriskan airnya
-Irisan bumbu : cabai rawit gading, cabai hijau, cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat dan daun bawang
-Tumis semua bumbu di atas api sedang, kecuali tomat dan buncis, tumis hingga harum, lalu masukkan daging ke dalam bumbu untuk menggoreng, lalu tambahkan garam, gula, bumbu dan kaldu bubuk untuk menggoreng hingga bumbu meresap ke dalam wajan dalam daging
-Setelah setengah matang, masukkan tomat dan bawang bombay, aduk hingga layu. 
Rarit siap disajikan

Itulah resep membuat nasi Kotaraja yang menjadi salah satu makanan khas warga Lombok. Jika belum sempat berkunjung ke Lombok, resep ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk membuat nasi Kotaraja yang nikmat.

Baca Juga: Cara Membuat Beberuq Terong Khas Lombok untuk Menu Buka Puasa

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya