Comscore Tracker

Ketika Kerbau Melintasi Sirkuit Mandalika, Viral!

Kerbau melaju di tikungan delapan... Wooshh!

Lombok Tengah, IDN Times - Usai dijajal tiga bocah belum lama ini, kali ini giliran seekor kerbau milik warga lingkar Sirkuit MotoGP Mandalika dengan santai melintasi lintasan yang digadang-gadang akan jadi arena balap kelas dunia tersebut.

Aksi kerbau yang melintas di tikungan ke delapan Sirkuit MotoGP Mandalika tersebut pun mendapat beragam komentar netizen.

Baca Juga: Terekam Kamera Drone, Tiga Bocah 'Test Drive' Sirkuit Mandalika

1. Jadi perbincangan warganet

Ketika Kerbau Melintasi Sirkuit Mandalika, Viral!pixabay

Aksi seekor kerbau masuk Sirkuit MotoGP Mandalika viral di Media Sosial sejak Rabu (8/9/2021) kemarin, tertutama sejak fotonya dibagikan melalui laman Facebook dan Whatsapp Grup.

"Ini mengukir sejarah, kerbau masuk Sirkuit MotoGP Mandalika dahulu dari pada pembalap," tulis pemilik akun Lank Farhan melalui Facebook. 

Namun, kronologis pasti bagaimana seekor kerbau masuk ke track lane Sirkuit MotoGP Mandalika masih belum diketahui . 

2. Warga lingkar Sirkuit MotoGP Mandalika tidak tahu siapa pemilik kerbau

Ketika Kerbau Melintasi Sirkuit Mandalika, Viral!Kandang sapi warga yang tinggal di dalam area Sirkuit MotoGP Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Dikonfirmasi, Kamis (9/9/2021) pagi, warga yang masih tinggal di dalam Sirkuit MotoGP Mandalika, Damar, mengaku tidak mengetahui siapa pemilik kerbau yang melintas di Sirkuit MotoGP Mandalika.

Menurut Damar, tak satu pun dari 40 Kepala Keluarga yang masih tinggal di dalam area sirkut (tepatnya lahan HPL nomor 22 Dusun Ebunut di samping tikungan kesembilan) yang memiliki kerbau.

"Memang ada sapi milik warga di sini. Tapi kalau kerbau gak ada. Jadi kami tidak tahu siapa pemiliknya," kata Damar.

Di Dusun Ebunut ada sekitar 30 KK memiliki ternak sapi.

"Hampir semua KK punya sapi. Ya sekitar 60 ekor banyaknya. Tidak kerbau yang jelas," terang Damar.

3. Camat Pujut imbau warga tak melintas di Sirkuit Mandalika

Ketika Kerbau Melintasi Sirkuit Mandalika, Viral!Warga lingkar Sirkuit MotoGP Mandalika melintas di track lane Sirkuit IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Sebelumnya, Pemerintah Kecamatan Pujut mengeluarkan surat imbauan kepada warga untuk tidak mengunjungi atau melintas di lintasan sirkuit. 

Hal itu, kata Camat Pujut Loteng H Lalu Sungkul, guna menjaga kualitas kenyamanan di proyek Sirkuit MotoGP Mandalika.

"Aspal Sirkuit MotoGP Mandalika ini sudah 100 persen. Kita imbau warga tidak melintasi Sirkuit atau berkunjung," ujar Sungkul.

4. Kecamatan Pujut keluarkan imbauan

Ketika Kerbau Melintasi Sirkuit Mandalika, Viral!Surat imbauan warga tak mengganggu proses kontruksi Sirkuit MotoGP Mandalika/dok. Humas Pemda Lombok Tengah

Alasan lain, kata Camat pengerjaan konstruksi dan fasilitas pendukung lainnya di Sirkuit MotoGP Mandalika terus berlangsung. 

"Belum waktunya untuk dilintasi," katanya. 

Dengan adanya surat imbauan tersebut, warga diminta untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat di Lintasan Sirkuit MotoGP Mandalika.

Dalam surat imbauan tersebut, pihak kecamatan juga melarang keras wisatawan berkunjung mengajak keluarga untuk jalan-jalan atau nenggunakan lintasan Sirkuit MotoGP Mandalika. 

5. Pengamanan Sirkuit diperketat dua pekan sebelum WorldSBK

Ketika Kerbau Melintasi Sirkuit Mandalika, Viral!Tampilan sirkuit Mandalika (instagram.com/themandalikagp)

Terpisah, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto telah menyiapkan langkah-langkah konkret untuk mengamankan area Sirkuit MotoGP Mandalika.

Dalam beberapa pertemuan sebelumnya bersama jajaran, Polda NTB  merumuskan rencana pembuatan Polres Khusus KEK Mandalika.

"Sedang dibuat konsep oleh Karo Rena untuk rencana pembentukan Kesatuan kawasan pengamanan KEK Mandalika," kata Artanto, Kamis siang.

Ia pun mengaku pembentukan Polres Khusus KEK Mandalika secepatnya harus terlaksana.

"Karena event superbike sudah dekat jadwalnya. Kita sedang dalam konsep. Karena struktur organisasi tidak seperti job di kepolisian dan menyesuaikan kebutuhan pengamanan," tegasnya.

Baca Juga: Polda NTB Berniat Bentuk Polres Khusus Mandalika

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya