Comscore Tracker

Dukung MotoGP, XL Axiata Siapkan Jaringan 5G di Mandalika

Penonton MotoGP tak perlu khawatir soal jaringan internet

Mataram, IDN Times – Kebutuhan akan jaringan internet sangat diperlukan pada saat gelaran MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika. Hal ini juga membuat konsumen membutuhkan provider yang menyediakan layanan prima. Salah satunya adalah layanan 5G yang kini sudah disiapkan oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di Mandalika.

Pada Jumat (18/3/2022), layanan data dan internet super cepat tersebut sudah bisa diakses oleh pelanggan dengan menggunakan smartphone 5G. Layanan 5G dari XL Axiata ini akan bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

1. Gunakan frekuensi 3.5 MHz

Dukung MotoGP, XL Axiata Siapkan Jaringan 5G di Mandalikahttp://www.primicias24.com

Secara umum, upaya XL Axiata dalam menggelar jaringan 5G di Mandalika dikemas dalam dua tujuan, yaitu 5G Experience dan 5G Showcase. Untuk 5G Experience, pita frekuensi yang digunakan adalah 3.5 MHz.

Di sejumlah titik akses 5G, telah disiapkan di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP dan beberapa lokasi grandstand kawasan yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP.

“Serangkaian uji coba 5G XL Axiata yang telah kami laksanakan dengan spektrum 3.5GHz menunjukkan hasil memuaskan. Karena itu, saat ini jaringan 5G XL Axiata telah siap sepenuhnya mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika,” kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, di Mataram, Kamis (17/3/2022) malam.

Baca Juga: Siap “Melokal”, Marc Marquez Jadi Rider  Paling Tahu tentang Indonesia

2. Gunakan smartphone yang mendukung

Dukung MotoGP, XL Axiata Siapkan Jaringan 5G di Mandalikaunsplash.com/@austindistel

Untuk dapat menikmati layanan 5G Experience XL Axiata, pengunjung harus memastikan bahwa smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz serta simcard yang dimiliki sudah uSIM.

Sementara itu, untuk keperluan 5G Showcase, XL Axiata akan menghadirkan beberapa layanan demo atau use case menggunakan pita frekuensi 26 GHz. Antara lain 5G immersive games and experience seperti MotoGP AR Game, 360 Degree Real-time Security Surveillance, dan 5G 8K Entertainment.

Masyarakat dan pelanggan XL Axiata bisa mencoba demo-demo menarik tersebut di Booth XL Axiata 5G Showcase. Di tempat yang sama, pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan layanan seperti registrasi kartu baru, daftar paket internet, dan informasi mengenai produk XL Axiata.

3. Jaringan stabil di destinasi wisata

Dukung MotoGP, XL Axiata Siapkan Jaringan 5G di MandalikaTampilan Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) (www.instagram.com/@motogp.mandalika)

Layanan XL Axiata telah hadir di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok. 

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Di sejumlah kawasan wisata paling popular di Lombok, XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data. XL Axiata telah menyiapkan 5 BTS 4G di Sembalun, 1  BTS di kawasan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

Ada pula 1 BTS 4G di Pink Beach Lombok Timur, 7 BTS 4G di Gili Trawangan, 1 BTS 4G di Desa Sade,11 BTS 4G di Sengigi, dan 3 BTS 4G di Narmada.

Sementara itu untuk menopang kebutuhan Mataram sebagai kota terbesar dan teramai, XL Axiata mengoperasikan 149 BTS, sedangkan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid sudah beroperasi 3 BTS 4G dan Pelabuhan Lembar 2 BTS 4G.

4. XL #AsliJagoBIZOn bersama IDN Times

Dukung MotoGP, XL Axiata Siapkan Jaringan 5G di Mandalika#AsliJagoBIZOn XL Axiata dan IDN Times

XL #AsliJagoBIZOn kembali hadir, inilah waktunya kalian para entrepreneur muda untuk menunjukan bakat dan semangat dalam mengembangkan usaha bersama IDN Times dan XL Axiata Business Solutions. Segera daftarkan dirimu, ikut online coaching business bersama para expert serta menangkan hadiah modal usaha hingga ratusan juta.

Caranya:

1. Upload foto kamu dan bisnis yang sedang kamu jalankan

2. Tulis caption menarik yang menceritakan tentang bisnis kamu

3. Tag dan follow @idntimes dan @xlbusinesssolutions sertakan hashtag #AsliJagoBIZOn

4. Lengkapi form pendaftaran di link https://bit.ly/DaftarAsliJagoBIZOn

5. Periode pendaftaran hingga 18 Maret 2022.

6. 150 peserta terpilih akan mendapatkan 5 Sim Card XL BIZOn secara gratis

7. Peserta akan mengikuti Online Coaching Business bersama dengan para Experts

8. Para peserta juga akan dipandu dan ditantang untuk membuat proposal bisnis yang baik selama 1 minggu

9. Para pemenang akan mendapatkan hadiah modal usaha hingga total ratusan juta rupiah

Baca Juga: Tiba di Lombok, Alex Rins Kesulitan Ucap Terima Kasih 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya