Nongkrong Tanpa Masker? Siap-Siap, Ini yang Terjadi

Penanganan pandemik COVID-19 di NTB

Sumbawa, IDN Times - Jajaran Polsek Utan di Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB) menegur sekelompok remaja yang sedang nongkrong di jalanan, Kamis (17/2/2022). Para pemuda tanggung ini kedapatan berkerumunan tanpa mengenakan masker di masa pandemik COVID-19. 

"Mereka kemudian kami berikan tindakan disiplin dan meminta mereka agar segera memakai masker dan patuhi protokol kesehatan demi kebaikan dan keselamatan bersama dari penyebaran covid-19," kata Kapolsek Utan Inspektur Satu M Yusuf dalam pers rilis kepada IDN Times, Jumat (18/2/2022). 

Jajaran Polres Sumbawa memang rutin menggelar patroli blue light dalam rangka penegakkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat. 

Baca Juga: Tarif Hotel di NTB Boleh Naik Tiga Kali Lipat selama Jalannya MotoGP

1. Imbauan antivitas di dalam rumah

Nongkrong Tanpa Masker? Siap-Siap, Ini yang TerjadiIlustrasi pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Selain itu, pihaknya juga memberikan imbauan kepada kelompok pemuda agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Termasuk pula menghindari tempat-tempat keramaian dan tetap selalu menggunakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Lebih lanjut Kapolsek berharap kepada masyarakat untuk senantiasa mempunyai kesadaran yang tinggi untuk selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah maupun di tempat keramaian, mengingat sampai saat ini penyebaran COVID-19 masih cukup tinggi.

2. Protokol kesehatan selalu dianjurkan

Nongkrong Tanpa Masker? Siap-Siap, Ini yang TerjadiIlustrasi petugas saat disinfektan COVID-19. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Selain itu, Yusuf menekankan pada masyarakat agar disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Terutama di dalam menekan laju penyebaran pandemik COVID-19. 

Dalam berbagai kajian, penerapan protokol kesehatan memang dianggap paling efektif agar tidak terpapar virus COVID-19 ini. 

“Kami juga menekankan agar warga masyarakat lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, jangan karena merasa masih muda dan kuat sehingga abai dengan prokes, sesering mungkin cuci tangan pakai sabun di air mengalir,” tegasnya.

Baca Juga: Pemprov NTB Berutang Rp500 Miliar untuk Pembangunan RSUDP NTB

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya