Luhut Minta Diskon Harga Tiket MotoGP untuk Penonton Lokal

Luhut sarankan pemda dan ITDC buat strategi penjualan tiket

Mataram, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) membuat strategi untuk meningkatkan pembelian tiket MotoGP khusus masyarakat lokal.

Hal tersebut disampaikan pada rapat koordinasi Evaluasi Tes Pramusim MotoGP, Selasa (22/2022) secara virtual. Pada kesempatan tersebut Gubernur NTB Zulkieflimansyah diwakili Sekda NTB Lalu Gita Ariadi. Rapat tersebut juga dihadiri Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto.

1. Luhut minta ada potongan harga tiket untuk penonton lokal

Luhut Minta Diskon Harga Tiket MotoGP untuk Penonton LokalMasyarakat antusias menyaksikan tes pramusim MotoGP di Sirkuit meskipun dari luar pagar, 12 Februari 2022 lalu (IDN Times/Muhammad Nasir)

Strategi untuk meningkatkan pembelian tiket MotoGP yang dimaksud Luhut seperti potongan harga untuk penonton lokal. Kemudian pelibatan masyarakat NTB pada saat awal perhelatan MotoGP tanggal 18 Maret 2022.

"Pak Gubernur, Sekda, ITDC maupun Pemda dan dibantu TNI/Polri harus sinergi untuk segera berkoordinasi mengakomodir penonton di NTB," pinta Luhut.

Termasuk untuk semua Kementian, Pemprov NTB, Pemda Kabupaten/Kota untuk memasifkan publikasi pelaksanaan balapan MotoGP yang digelar 18 - 20 Maret 2022.

Baca Juga: Ingin Nonton di Tribune, Warga Harap Tiket MotoGP Lebih Murah     

2. Fasilitas pendukung dipastikan rampung sebelum pelaksanaan MotoGP

Luhut Minta Diskon Harga Tiket MotoGP untuk Penonton LokalPembangunan fasilitas pendukung MotoGP di belakang Paddock Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Komandan Lapangan MotoGP Maandalika 2022, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, menambahkan bahwa pengerjaan infrastruktur dan fasilitas pendukung terus dilaksanakan.

Begitu juga pengerjaan aspal ulang pada tikungan 17 dan 15 Sirkuit Mandalika yang mengelupas, sedang dikerjakan. "Sebelum pelaksanaan MotoGP, fasilitas pendukung utama akan rampung," terangnya.

Turut hadir dalam daring tersebut, MenparEkraf, Panglima TNI, Mendagri, Menkumham, Menkominfoi Menkop dan UMKM, Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Kapolri dan sejumlah kementerian/lembaga terkait.

3. Pemprov NTB akan libatkan masyarakat lokal

Luhut Minta Diskon Harga Tiket MotoGP untuk Penonton LokalSekda NTB Lalu Gita Ariadi mengikuti rapat evaluasi tes pramusim MotoGP Mandalika.(Dok. Diskominfotik NTB)

Sementara itu, Sekda NTB Lalu Gita Ariadi mengatakan Pemprov NTB akan melibatkan masyarakat lokal untuk menonton MotoP 2022. Pemprov NTB akan fokus untuk koordinasi dengan Kabupaten/Kota, lembaga vertikal, BUMN, komunitas dan seluruh komponen, agar masyarakat lokal juga bisa menonton MotoGP secara langsung di Sirkuit Mandalika.

Sebagai tuan rumah, kata Gita, keterlibatan penonton lokal ini penting. Sehingga masyarakat NTB dapat melihat langsung event internasional di rumahnya sendiri. Selain itu, masyarakat NTB yang berada di luar daerah, juga akan diundang untuk segera memesan tiket dan menyaksikan perhelatan MotoGP pada Maret mendatang. Sekda juga akan memastikan implementasikan Pergub No. 9 tahun 2022 tentang tarif hotel dan hunian akan terus dilaksanakan dengan baik.

Sebelumnya, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebutkan jumlah tiket MotoGP Mandalika yang sudah terjual sebanyak 17.000 tiket untuk semua kategori sampai awal Februari lalu. Puncak penjualan tiket MotoGP diperkirakan dua minggu sebelum event digelar pada 18 - 20 Maret mendatang.

4. 17.000 tiket sudah terjual

Luhut Minta Diskon Harga Tiket MotoGP untuk Penonton Lokalilustrasi balap motogp (motogp.com)

Wakil Direktur Utama MGPA Cahyadi Wanda menyebutkan sebanyak 17.000 tiket MotoGP Mandalika sudah terjual. Diungkapkan, ada empat provinsi terbanyak asal penonton MotoGP Mandalika berdasarkan tiket yang sudah terjual.

"Pembeli (tiket) paling banyak dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Timur. Itu menyeluruh data yang kami terima, 4 provinsi yang terbanyak asal penonton yang sudah beli tiket," kata Cahyadi dikonfirmasi disela-sela kedatangan kru dan pembalap MotoGP di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Senin (7/2/2022).

Secara demografi, masyarakat di empat provinsi tersebut merupakan pencinta berat MotoGP. Karena penjualan tiket MotoGP Mandalika paling cepat di empat provinsi tersebut. Awalnya, pembeli tiket MotoGP paling banyak di Jawa Timur. Tetapi sekarang Jawa Barat yang paling banyak.

Tiket MotoGP dijual dalam berbagai bentuk dan range harga, sehingga calon penonton dapat memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Kategori General Admission, Standard Grandstand, dan Premium Grandstand, dijual dalam bentuk tiket harian dan paket weekend pass yang berlaku untuk Sabtu dan Minggu.

Tiket harian, terdiri dari tiket hari pertama (18 Maret) pada harga Rp 115.000 – Rp 431.250, tiket hari kedua (19 Maret) pada harga Rp 287.500 – Rp 1.150.000, dan tiket race day (20 Maret) pada harga Rp 575.000 – Rp 1.725.000. Paket weekend pass tersedia dengan harga Rp 805.000 – Rp 2.587.000. Sementara kategori VIP Hospitality Suites Deluxe Class, tersedia tiket 3 days pass yang dijual dengan harga Rp 10.000.000 (berlaku untuk menonton selama tiga hari).

Baca Juga: Tarif Penginapan di Lombok Mulai Rp150 Ribu hingga Rp8 Juta

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya