Ibnu Salim Resmi Dilantik Jadi Penjabat Sekda NTB

Kawal setiap OPD lobi event nasional ke NTB

Mataram, IDN Times - Inspektur Inspektorat NTB Ibnu Salim resmi dilantik menjadi Penjabat (Pj) Sekda NTB menggantikan Fathurrahman, Rabu (10/1/2024) sore. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi dan dihadiri seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB.

Ibnu diangkat menjadi Pj Sekda NTB berdasarkan keputusan Gubernur NTB Nomor 821.2/17/BKD/2024 tentang Penetapan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Keputusan itu ditandatangani Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi pada 9 Januari 2024.

1. Optimalkan tim pengawasan netralitas ASN

Ibnu Salim Resmi Dilantik Jadi Penjabat Sekda NTBPj Sekda NTB Ibnu Salim. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ibnu menyatakan salah satu yang menjadi atensi pada pemilu 2024 adalah memastikan aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemprov NTB tetap menjaga netralitas. Untuk itu, Tim Terpadu Pengawasan Netralitas ASN yang terdiri dari inspektorat, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Bakesbangpoldagri dan Satpol PP akan dioptimalkan.

"Seperti apa yang diarahkan Pj Gubernur, saya kira sudah cukup jelas. Tetap memastikan netralitas ASN. Tetapi ASN ini sudah tahu batasan-batasannya. Sudah tahu aturan dan sanksinya. Oleh karena itu kami tinggal mengingatkan saja agar memastikan tetap menjaga netralitas," kata Ibnu.

Baca Juga: Pj Gubernur Gita Ariadi Ungkap Alasan Penggantian Pj Sekda NTB

2. Prioritas menurunkan angka stunting, kemiskinan ekstrem dan pengendalian inflasi

Ibnu Salim Resmi Dilantik Jadi Penjabat Sekda NTBIlustrasi kemiskinan(pexels.com/Timur Weber)

Ibnu menjelaskan fungsi Sekda adalah mengkonsolidasikan dan mengkoordinasikan administrasi pemerintahan lingkup Pemprov NTB. Selain itu, memastikan arahan kebijakan nasional seperti penurunan stunting, kemiskinan ekstrem dan pengendalian inflasi.

"Itu juga yang akan menjadi prioritas kita," tambahnya.

Karena sekarang adalah awal tahun anggaran 2024, Ibnu meminta seluruh OPD mempersiapkan pedoman pelaksanaan, juklak dan timeline program dan kegiatan segera dituntaskan pada awal tahun anggaran. Baik itu administrasi penunjukan pengelola barang, pejabat pembuat komitmen (PPK) dan lainnya.

3. Hidupkan wisata MICE

Ibnu Salim Resmi Dilantik Jadi Penjabat Sekda NTBWisatawan di Gili Trawangan Lombok Utara. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Penjabat Bupati Lombok Tengah ini menambahkan Pj Gubernur NTB juga menginginkan agar event Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) kembali hidup di NTB.

Tujuannya agar sektor pariwisata dan UMKM semakin bergerak. Sehingga, setiap kepala OPD diminta melobi kementerian/lembaga untuk mengadakan event MICE di NTB..

"Memang arahan Pj Gubernur, bagaimana kepala perangkat Daerah bisa berkomunikasi dengan kementerian lembaga untuk sebanyak mungkin kegiatan MICE di sini untuk menggerakkan ekonomi. Itu jadi penilaian nasional juga itu. Semakin banyak kegiatan yang memberdayakan masyarakat," terang Ibnu.

Baca Juga: Baru Tiga Bulan Menjabat, Pj Sekda NTB Fathurrahman Diganti 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya