Comscore Tracker

Gubernur Usulkan Tambahan Anggaran Rp700 Miliar untuk Poles Mandalika

Untuk perbaikan jalan dan pembangunan sentra UMKM

Mataram, IDN Times - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Sudarmanto menyebutkan Pemerintah Provinsi NTB mengajukan usulan tambahan anggaran sebesar Rp700 miliar untuk memoles daerah sekitar Mandalika. Anggaran sebesar itu termasuk untuk pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika sampai Bundaran Sunggung sepanjang 5,6 km.

"Yang saya tahu ada tambahan sedang dibicarakan, belum putus. Itu Rp700 miliar tambahan yang diminta Gubernur untuk penataan kawasan sekitar Mandalika untuk mendukung MotoGP," kata Sudarmanto dikonfirmasi di Mataram, Rabu (12/1/2022).

1. Harus tuntas sebelum perhelatan MotoGP

Gubernur Usulkan Tambahan Anggaran Rp700 Miliar untuk Poles Mandalikailustrasi balap motogp (motogp.com)

Penataan kawasan sekitar Mandalika termasuk pelebaran jalan depan sirkuit harus tuntas sebelum perhelatan MotoGP yang akan digelar 18 - 20 Maret mendatang. Dia mengatakan belum mengetahui anggaran tersebut akan dialokasikan lewat kementerian mana saja.

"Namanya untuk persiapan menyambut MotoGP. Makanya harus selesai sebelum MotoGP. Makanya terus dipantau," ujarnya.

Baca Juga: Warga dan Pemda NTB Kerja Sama Kelola Aset Seluas 65 Ha di Trawangan

2. Rehabilitasi 1.900 rumah warga miskin sekitar Mandalika

Gubernur Usulkan Tambahan Anggaran Rp700 Miliar untuk Poles MandalikaKondisi rumah warga Dusun Ebunut Desa Kuta Mandalika yang masih bertahan di dalam area Sirkuit MotoGP Mandalika di lahan HPL nomor:22 IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Di luar usulan anggaran sebesar Rp700 miliar tersebut, kata Sudarmanto, perbaikan rumah sebanyak 1.900 warga miskin di sekitar Mandalika juga menjadi atensi. Awalnya ada 1.700 penerima yang diusulkan pemerintah daerah, tetapi usulan bertambah 200 penerima. Sehingga jumlah penerima bantuan rehabilitasi rumah kumuh sebanyak 1.900 orang.

"Kalau perbaikan rumah warga miskin dapat Rp20 juta untuk rehab rumah. Total bantuannya Rp3,5 miliar," sebutnya.

3. Pelebaran jalan dan pembangunan sentra UMKM

Gubernur Usulkan Tambahan Anggaran Rp700 Miliar untuk Poles MandalikaJalan di Bypass Bil-Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Untuk mendukung perhelatan MotoGP 2022. Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah telah mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp680,66 miliar ke Pemerintah Pusat melalui Menko Perekonomian dan Menko Kemaritiman dan Investasi pada 30 November lalu.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H. Lalu Gita Ariadi menyebutkan ada 10 program/kegiatan yang diusulkan dengan kebutuhan anggaran sebesar Rp680,66 miliar lebih. Antara lain; pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika atau ruas Kuta - Keruak dengan kebutuhan anggaran Rp125,25 miliar, penataan koridor Kawasan Sirkuit Mandalika sebesar Rp70 miliar.

Kemudian, fasilitas keselamatan jalan sebesar Rp182,35 miliar, pengembangan sentra IKM/UMKM dan pusat kuliner Rp35,49 miliar. Program nilai tambah dan daya saing industri sebesar Rp24 miliar, sarana & prasarana kesehatan dan penanganan kegawatdaruratan Rp111,41 miliar, penghijauan koridor jalan Mataram - BIZAM - KEK Mandalika Rp8,9 miliar.

Selain itu, rehabilitasi hutan dan lahan Rp17,55 miliar, sarana prasarana pengolahan sampah dan limbah Rp65,05 miliar dan pengembangan destinasi, pemasaran dan event Rp40,78 miliar.

Baca Juga: Pemda Lombok Utara Siapkan Rp8,8 Miliar untuk Benahi Pariwisata

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya