Comscore Tracker

FC Barcelona Ingin Buat Sekolah Sepak Bola, Anak NTB Siap-siap!

Pemda gelar pertemuan lanjutan dengan manajemen FC Barcelona

Mataram, IDN Times - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Surya Bahari menyebutkan alasan klub sepak bola ternama di dunia, FC Barcelona tertarik mendirikan sekolah sepak bola di NTB. Saat ini, NTB menjadi lokasi yang menarik bagi investor dengan adanya Sirkuit Mandalika yang akan menjadi tempat balapan MotoGP pada Maret mendatang.

Bukan hanya menjadi lokasi balap dunia, Pemda NTB juga menawarkan potensi yang ada di bidang pendidikan, olahraga dan sport tourism  kepada investor. Sehingga investor dapat memilih segmen yang diinginkan.

"Sekarang dengan FC Barcelona, dia sudah melihat atau mendengar NTB seperti apa. Maka mereka berkeinginan membuka sekolah sepak bola FC Barcelona di NTB," kata Surya dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Rabu (26/1/2022).

1. Tangkap peluang

FC Barcelona Ingin Buat Sekolah Sepak Bola, Anak NTB Siap-siap!Kepala Dispora Provinsi NTB Surya Bahari (Foto : Istimewa)

Surya mengatakan rencana FC Barcelona mendirikan sekolah sepak bola merupakan peluang yang harus ditangkap oleh NTB. Terpenting, nantinya kerja sama dengan FC Barcelona sama-sama saling menguntungkan kedua belah pihak.

"Peluang ini harus kita sambut baik. Dan yang penting sama-sama menguntungkan," ujarnya.

Dalam pertemuan antara Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah dengan manajemen FC Barcelona wilayah Asia, Surya mengatakan keua belah pihak siap dengan rencana pendirian sekolah sepak bola FC Barcelona di NTB. Namun model dan bentuk nota kesepahamannya akan dibahas lebih lanjut. Dengan situasi pandemik Covid-19 seperti saat ini, kata Surya, tidak mungkin bisa final dalam waktu sebulan.

"Apakah mereka nanti datang ke sini melakukan tinjauan lapangan, itu tergantung mereka yang memutuskan," katanya.

Baca Juga: FC Barcelona Berencana Dirikan Sekolah Sepak Bola di NTB 

2. Rencanakan pertemuan dengan manajemen FC Barcelona perwakilan Asia

FC Barcelona Ingin Buat Sekolah Sepak Bola, Anak NTB Siap-siap!Pertemuan Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah dengan manajemen FC Barcelona secara daring, Selasa (25/1/2022) terkait dengan rencana mendirikan sekolah sepak bola di NTB (Dok. Diskominfotik NTB)

Surya menambahkan pertemuan kemarin baru tahap awal. Nantinya akan ditindaklanjuti oleh Dispora NTB, Dinas Dikbud NTB dan Dinas Pariwisata (Diapar) NTB untuk membahas hal-hal yang lebih detail lagi. Dalam pertemuan kemarin, lanjut Surya, manajemen FC Barcelona baru mempresentasikan bahwa mereka sudah mendirikan sekolah sepak bola di 48 tempat di dunia.

"Nanti ada pertemuan lagi dengan manajemen FC Barcelona yang di Hongkong untuk perwakilan Asia. Rencana mendirikan sekolah sepak bola di NTB itulah yang menjadi pembahasan lebih lanjut nanti," terangnya.

3. Sinyal positif bagi dunia sepak bola NTB

FC Barcelona Ingin Buat Sekolah Sepak Bola, Anak NTB Siap-siap!Ilustrasi Sepak Bola (IDN Times/Mardya Shakti)

Rencana FC Barcelona mendirikan sekolah sepak bola di NTB menjadi sinyal positif bagi dunia persepakbolaan di NTB dan Tanah Air. Menurut Surya, banyak anak-anak yang berbakat di bidang sepak bola di NTB.

Hal itu terlihat dari banyaknya sekolah sepak bola di NTB. Berdasarkan data Dispora NTB, terdapat 54 sekolah sepak bola yang terdaftar dan aktif di NTB. Hal inilah yang kemungkinan membuat FC Barcelona tertarik mendirikan sekolah sepak bola di NTB.

"Ini sinyal positif dalam dunia sepak bola di NTB. Apalagi dalam mendukung Perpres Percepatan Prestasi Sepak Bola. Karena ini dari usia dini pembinaannya," tandas Surya.

Baca Juga: 61.000 Pekerja di NTB Difasilitasi Punya Rumah Agar Lebih Bahagia

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya