Rider MotoGP Wajib Karantina Dua Hari Sebelum Tancap Gas di Mandalika

Pemerintah siapkan lokasi karantina khusus pembalap MotoGP

Lombok Tengah, IDN Times – Seluruh rider (pembalap) MotoGP yang berlaga di Sirkuit Pertamina Mandalika wajib melakukan karantina sesuai aturan pos lintas batas negara (PBLN). Karantina diwajibkan selama dua hari di lokasi yang telah disediakan penyelenggara.

Hal itu diungkapkan Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto di Mandalika pada Jumat (14/1/2022). Menurut Hadi, karantina dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus korona bagi rider dan penonton MotoGP di Mandalika.

1. Rider datang menggunakan pesawat carter

Rider MotoGP Wajib Karantina Dua Hari Sebelum Tancap Gas di MandalikaMantan Panglima TNI (Purn) Hadi Tjahjanto (IDN Times/Ahmad Viqi)

Hadi mengatakan bahwa seluruh pembalap MotoGP mulai berdatangan tiga hari sebelum tes pramusim tanggal 13 Februari 2022 mendatang. Meski di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Praya Lombok Tengah belum melakukan PBLN, seluruh pembalap akan datang menggunakan pesawat carter.

“Bagaimanapun, prokesnya tetap dilaksanakan bagi semua rider,” tegas Hadi.

Baca Juga: Pelaku Wisata NTB Dapat Jatah Penjualan 3.000 Tiket MotoGP 

2. Wajib karantina

Rider MotoGP Wajib Karantina Dua Hari Sebelum Tancap Gas di MandalikaPenampakan Sirkuit Mandalika dari Udara tepat di tikungan ke 16 dan 17/dok. Humas Kemenparekraf RI

Sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, kata Hadi, seluruh rider MotoGP akan melaksanakan karantina selama dua hari di lokasi yang telah disediakan PT Indonesia Tourism Development Corporation bersama pemerintah pusat.

“Pelaksanaannya karantina ini dobel. Misalnya datang dari Malaysia dua hari sebelum mereka balapan mereka akan tetap memberi hasil PCR kemudian kita terima di sini,” ujar Hadi.

Selain itu, jika datang melalui bandara, proses administrasi tetap akan dikirim ke hotel lokasi karantinarider tersebut. “Nanti di Hotel seluruh nakes dan seluruh petugas di hotel khusus melayani tamu tersebut,” katanya.

3. Lokasi balapan harus steril

Rider MotoGP Wajib Karantina Dua Hari Sebelum Tancap Gas di MandalikaPaddock di Sirkuit Pertamina Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Hadi menjelaskan lokasi yang ditempati bagi seluruh pembalap MotoGP harus steril. Misalnya ketika berada di Sirkuit Pertamina Mandalika, para rider akan banyak beraktivitas di paddock.

“Termasuk keberangkatan ke paddock. Tidak bisa kontak dengan penonton nantinya. Sebab seluruh kegiatan para rider tidak boleh terhambat,” ujarnya.

Sebagai informasi bahwa rider MotoGP mulai berdatangan tanggal 7 Februari 2022 mendatang. Para rider ini akan mencoba trek perdana Sirkuit Mandalika yang memiliki 17 tikungan itu pada tanggal 11 Februari 2022.

“Inilah yang harus kita siapkan langkah-langkahnya,” pungkasnya.

Baca Juga: Pemprov NTB Berutang Rp500 Miliar untuk Pembangunan RSUDP NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya