BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Lombok

Sebagian besar wilayah Lombok diguyur hujan

Lombok Tengah, IDN Times - Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Prakirawan Praya Lombok Tengah mengeluarkan peringatan dini terjadi angin kencang di beberapa daerah wilayah Lombok pada Minggu (28/11/2021). 

Pasalnya sebagian wilayah di Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat berpotensi terjadi hujan dan angin kencang mulai pagi hari hingga siang hari.

1. Waspada angin kencang

BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di LombokIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Sejak pukul 08:00 WITA hujan mulai mengguyur sebagian wilayah Kecamatan Gerung Lombok Barat. Menurut On Duty Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Prakirawan Praya Lombok Tengah Alfiansyah Pradana menjelaskan hampir semua wilayah Lombok berpotensi terjadi hujan Sedang hingga Lebat.

Dari pantauan IDN Times, hujan dengan intensitas sedang berlangsung sejak pukul 08:00 WITA hingga pukul 10:30 WITA di wilayah Kota Mataram dan Lombok Barat di Kecamatan Gerung. 

“Kita sudah keluarkan peringatan dini cuaca di Nusa Tenggara Barat,” kata Alfiansyah, Minggu pagi ini. 

2. Hujan diprediksi terjadi hingga siang

BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di LombokIlustrasi Hujan (IDN Times/Sunariyah)

Dari hasil Analisa BMKG ZAM kata Alfiansyah, hujan serta angin kencang diprediksi bakal mengguyur sebagian wilayah di Pulau Lombok hingga pukul 11:00 WITA siang hari ini. 

Dengan adanya potensi curah hujan yang cukup tinggi, warga di pulau Lombok pun diminta untuk tetap waspada ketika berada di luar rumah atau saat bepergian. 

“Sebagian wilayah masih berpotensi terjadi hujan Sedang hingga Lebat yang disertai kilat atau petir,” jelas Alfiansyah.

Baca Juga: Liburan Menyenangkan di Desa Wisata Hijau Bilebante

3. Hujan diprediksi meluas

BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di LombokAwan hitam pertanda turun hujan di Lombok Barat IDN Times/Ahmad Viqi

Untuk potensi hujan di lima kabupaten dan kota di Pulau Lombok, hujan disertai petir serta angin kencang bakal terjadi sejak pukul 08:10 WITA pagi di sebagian wilayah Kecamatan Praya Barat, Pringgarata, Jonggat, Kebupaten Lombok Tengah. 

Selain itu ujar Alfiansyah, hujan juga diprediksi mengguyur wilayah Kota Santri di Kecamatan Kediri, Sekotong Tengah, Labuapi, Gunung Sari dan wilayah Kecamatan Gerung Lombok Barat.

“Kita perkirakan akan dapat meluas ke wilayah Kecamatan Pujut dan Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah,” katanya.

Selain itu sebagian wilayah di Kecamatan Narmada Lombok Barat, Cakranegara, Ampenan, dan Kota Mataram bakal diguyur hujan. Hujan lebat juga diprediksi turun di wilayah Kecamatan Batukliang, Kopang Lombok Tengah serta Selong, Sukamulia, dan Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur.

“Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pkl.11:10 WITA. Kita minta warga berhati-hati,” tutur Alfiansyah.

Baca Juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Ciamik yang Ada di Lombok Timur

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya