Comscore Tracker

Keren! ini 3 Merek Sepeda Listrik NTB yang Tembus Pasar Luar Negeri

Sepeda listrik produksi warga NTB

kendaraan berbasis Listrik sekarang ini menjadi trend yang banyak di gemari di seluruh dunia, lebih ramah terhadap lingkungan dan lebih mudah dioperasikan menjadi nilai tambah dari Kendaraan Listrik. 

Tak ketinggalan, Pemerintah Provinsi NTB bersama dengan Industri Kecil Menengah (IKM) berkomitmen untuk pengembangan dan produksi Kendaraan Listrik di daerahnya. 
Hal ini dibuktikan dengan hadirnya beberapa merek kendaraan sepeda listrik di Provinsi NTB, bahkan sudah ada yang tembus pasar mancanegara. 

Berikut sepeda listrik produk NTB. 

1. NgebUTS

Keren! ini 3 Merek Sepeda Listrik NTB yang Tembus Pasar Luar NegeriRektor Universitas Negeri Sumbawa Chairul Hudaya memamerkan sepeda listrik buatan warga NTB (Instagram chairul_hudaya)

NgebUTS. Adalah nama sepeda listrik yang diproduksi oleh Universitas Teknologi Sumbawa. Berawal dari tantangan Gubernur NTB, tim UTS melakukan inovasi untuk dapat memproduksi sepeda listrik. Buatan putra-putri NTB yang tergabung dalam tim NgebUTS. Dan lahirlah sepeda listrik NgebUTS.

NgebUTS. Ditulis dengan tiga huruf terakhir dalam bentuk kapital. Menunjukkan identitas pembuatnya. Menunjukkan bahwa ini adalah karya dari salah satu institusi pendidikan NTB. Kebanggaan untuk mereka. Kebanggaan untuk kita.

Secara spesifikasi, sepeda listrik ini tidak berbeda dengan sepeda listrik kompatriotnya. Pun dalam proses rancang bangunnya. Beberapa komponen inti masih harus didatangkan dari luar NTB. Untuk sebagian kalangan, itu masalah. Namun untuk instirusi pendidikan inovatif seperti UTS, hal ini justru menjadi tantangan.

Mereka bisa, kita pun bisa. Kolaborasi adalah kuncinya. Kutipan indah ini disampaikan oleh Rektor UTS, Dr. Chairul Hudaya dalam peluncuran sepeda listrik NgebUTS beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: Polda NTB Dalami Kasus Gagalnya Pemberangkatan Calon TKI ke Malaysia 

2. Matric-B

Keren! ini 3 Merek Sepeda Listrik NTB yang Tembus Pasar Luar NegeriSalah satu sepeda listrik buatan NTB (Instagram pln_ntb)

Setelah muncul motor listrik dari Sumbawa, sepeda listrik Le-Bui dari pulau Lombok, kini Kota Bima juga memiliki sepeda listrik yang merupakan inovasi dari PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bima yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Dengan mengusung konsep vintage chopper electric bike, maka lahirlah sepeda listrik “Matric-B”. Matric-B merupakan singkatan dari ”Mbojo Electric – Bicycle”.

Matric-B yang memiliki daya 1000 watt ini, berbeda dengan sepeda listrik lain yang masih menggunakan baterai kering. Matric-B menggunakan baterai lithium yang memiliki daya baterai yang panjang dan bisa diganti. Selain itu juga, lampu dari Matric-B menggunakan LED sehingga aman jika digunakan pada malam hari.

3. Le-Bui

Keren! ini 3 Merek Sepeda Listrik NTB yang Tembus Pasar Luar NegeriSalah satu sepeda listrik buatan NTB (Instagram Lombok_ebike_builder)

Satu lagi karya terbaru anak NTB, yaitu sebuah sepeda listrik yang diberi nama Le-Bui. Kendaraan dengan berbagai model ini membuat bangga masyarakat dan pemerintah Provinsi NTB. Bagaimana tidak, sepeda hasil karya tangan kreatif Gede Sukarmati Jaya itu, sudah tembuh pasar internasional.

Tidak tanggung- tanggung, hanya negara-negara di Benua Afrika yang belum bisa menikmati karyanya ini. Selain itu, ratusan sepeda listrik yang diinisiasi sejak tahun 2016 itu telah dinikmati dan dipakai oleh pecinta sepeda listrik di dunia.

Tertarik menggunakan kendaraan listrik? Yuk kepoin Sepeda Listrik Produk NTB! selain lebih ramah terhadap lingkungan, fitur-fitur yang ditawarkan juga tidak kalah dengan kendaraan listrik kompetitor lainnya. 

Baca Juga: Calon TKI NTB Minta Segera Diberangkatkan ke Malaysia 

Egar Candra Photo Community Writer Egar Candra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya