Comscore Tracker

Lebih Gahar iOS atau Android? Kamu Tim Mana Nih? 

Sebelum mengganti gadgetmu, kamu perlu banget baca ini!

Masa digital saat ini semua aspek kehidupan tak bisa lepas dari yang namanya gadget atau gawai. Bahkan manusia berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan dalam peningkatan kualitas dan kebaharuan dari sebuah perkembangan gadget tak terkecuali dalam dunia telepon genggam atau HP.

Dua raksasa sistem operasi mobile phone berlomba-lomba memberikan fitur yang mumpuni dan terdepan untuk menarik pembeli. Dan di antara sistem operasi mobile yang mendunia adalah iOS dan Android. Sebelum kamu memperbarui gadgetmu, mari kita selidiki manakah yang lebih gahar.

1. Dikuasai oleh Dua Perusahaan Raksasa Dunia 

Lebih Gahar iOS atau Android? Kamu Tim Mana Nih? facebook

Sistem operasi mobile atau mobile OS adalah sistem operasi untuk ponsel, tablet, smartwatch, atau perangkat mobile lainnya. Sistem operasi ini berfungsi untuk mengontrol sumber daya hardware maupun software pada perangkat mobile hingga dapat berjalan stabil. Dalam dunia HP lebih terkenal 2 raksasa OS yakni iOS dan Android.

iOS dikembangkan oleh perusahaan ternama Apple dengan logo buah apel yang kroak. Android sendiri telah diakuisisi oleh perusahaan search engineer terbesar di dunia yakni Google.

2. Asisten Virtual

Lebih Gahar iOS atau Android? Kamu Tim Mana Nih? facebook

Asisten virtual merupakan pembantu yang bekerja dengan memberikan layanan administratif serta dukungan bisnis terhadap sebuah perusahaan dari jarak yang jauh alias remote dalam hal handphone tentunya adalah asisten yang membantu kita tanpa kita harus menekan tombol taouchscreen.

iOS mengandalkan asisten virtual bernama Siri. Sedangkan pesaingnya yakni Android menggunakan asisten virtual bernama Google Asisten.

Baca Juga: Polda NTB Terjunkan 1.600 Personel, saat Perayaan Lebaran Ketupat 

3. Sumber Sistem Operasi 

Lebih Gahar iOS atau Android? Kamu Tim Mana Nih? facebook

Ada 2 jenis perangkat yakni perangkat lunak sumber terbuka / Open Source Software (OSS) adalah perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dilihat dan diubah oleh publik, atau terbuka dan hanya dapat diperbaiki oleh pihak lain. Dan perangkat lunak sumber tertutup / Close Source Software (OSS) adalah perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dilihat dan diubah oleh publik, atau terbuka dan hanya dapat diperbaiki oleh vendor.

Logo apel ini yakni iOS menggunakan sistem operasi dengan sumber tertutup atau closed source. Untuk Android sendiri menggunakan sistem operasi dengan sumber terbuka atau open source.

4. Toko Aplikasi 

Lebih Gahar iOS atau Android? Kamu Tim Mana Nih? facebook

Untuk mengunduh berbagai aplikasi pada iOS dibekali toko bernama App Store. Pada Android dibekali toko bernama Google Play Store. Namun kedua toko ini mampu menjangkau pengadaan dan pembelian aplikasi apapun yang menunjang kemudahan dalam memakai gadget.

5. Harga Jual dan Beli

Lebih Gahar iOS atau Android? Kamu Tim Mana Nih? google

Persaingan di pasar ponsel pintar antara Android dan iPhone seakan tidak ada habisnya. Mayoritas ponsel pintar yang ada di pasaran merupakan ponsel berbasis Android karena banyak produsen ponsel yang menggunakan sistem operasi ini pada gawai yang mereka produksi. Hal tersebut membuat ponsel Android tersedia dalam rentang harga yang sangat variatif mulai dari yang termurah di harga Rp1 jutaan hingga kelas flagship yang dibanderol belasan hingga puluhan juta.

Sedangkan untuk iOS sendiri harganya selalu stabil dengan harga yang bisa dikatakan mahal dan tinggi sehingga tidak semua orang mampu membelinya.

Demikian adalah beberapa perbandingan antara iOS dan Android untuk pembelian dan pemakaian semua itu kembali lagi pada diri dan kantong serta kebutuhan masing-masing orang.

Baca Juga: Ribuan Wisatawan Serbu Wisata Pantai di NTB

Santi Wulandari Photo Community Writer Santi Wulandari

Who Can Stop my dreams, except God and I. Line: santitachiruma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya