Comscore Tracker

Polri Tetap Anggarkan Rp48 Miliar untuk Pengamanan MotoGP Mandalika

Serta Rp73 miliar untuk pengamanan Piala Dunia U-20

Jakarta, IDN Times - Di tengah situasi tak menentu akibat pandemik COVID-19, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan tetap menganggarkan dana pengamanan untuk ajang MotoGP Mandalika, NTB, dan Piala Dunia U-20. Kedua perhelatan olahraga itu direncanakan akan berlangsung di Indonesia pada 2021.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono saat menjawab pertanyaan dari anggota Komisi III DPR RI, Supriansa, dalam rapat kerja Komisi III DPR terkait Rancangan Anggaran Polri Tahun 2021 di Senayan, Jakarta, Senin (14/11/2020).

Baca Juga: Dukung MotoGP 2021, Kementerian PUPR Tata KSPN Mandalika

1. Belum ada penundaan, Polri tetap anggarkan pengamanan MotoGP dan Piala Dunia U-20

Polri Tetap Anggarkan Rp48 Miliar untuk Pengamanan MotoGP MandalikaWakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono ditunjuk sebagai Wakil Ketua ll Tim Pelaksana Komite COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) (Dok. Humas Polri)

"Itu (pengamanan MotoGP) masih kami anggarkan, Pak. Termasuk pengamanan Piala Dunia untuk sepak bola. Karena juga pemerintah belum resmi menyampaikan untuk tahun 2021 akan ditunda," kata Gatot seperti dikutip dari ANTARA.

Supriansa menyarankan agar Polri mengalihkan anggaran pengamanan MotoGP dan Piala Dunia U-20 ke program yang lebih mendesak, mengingat kondisi pandemik COVID-19.

2. Anggaran pengamanan MotoGP sekitar Rp48 miliar

Polri Tetap Anggarkan Rp48 Miliar untuk Pengamanan MotoGP MandalikaPeta Sirkuit MotoGP Mandalika (IDN Times/Sunariyah)

Lebih lanjut, Supriansa membeberkan anggaran pengamanan untuk MotoGP yakni sekitar Rp48 miliar. Sementara anggaran pengamanan Piala Dunia U-20 kurang lebih Rp73 miliar.

"Itu bisa jadi bahan pertimbangan untuk digeser," ujar Supriansa, yang merupakan politisi Partai Golkar.

3. Polri akan merevisi anggaran jika pemerintah menunda kedua ajang olahraga itu

Polri Tetap Anggarkan Rp48 Miliar untuk Pengamanan MotoGP MandalikaSirkuit MotoGP Mandalika (IDN Times/Sunariyah)

Tapi, kata Gatot, Polri baru akan merevisi anggaran apabila pemerintah memutuskan untuk menunda dua ajang olahraga internasional tersebut.

"Tapi sementara, tetap kami rencanakan tentunya. Karena jangan sampai nanti kami tidak merencanakan, tiba-tiba (ajang) itu bisa berjalan," kata Wakapolri.

4. Indonesia dipastikan masuk ke dalam kalender MotoGP 2021

Polri Tetap Anggarkan Rp48 Miliar untuk Pengamanan MotoGP Mandalikamotogp.com

Sirkuit Mandalika, yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, sudah masuk dalam salah satu daftar seri balapan.

Menurut situs resmi MotoGP, seri balapan di Mandalika bakal digelar usai seri Thailand, tepatnya di seri ke-15.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah memastikan, persiapan MotoGP Mandalika tetap berlangsung sesuai rencana meski di tengah COVID-19.

"Insyaallah, Oktober 2021, kita akan menjadi tuan rumah MotoGP yang pertama di Indonesia," ujarnya kepada ANTARA.

Akan tetapi, bukan hanya pandemik COVID-19 yang menjadi hambatan bagi Mandalika untuk menggelar balapan motor paling bergengsi itu. Pembebasan lahan sempat diwarnai oleh penolakan warga yang mengaku belum menerima kompensasi atas tanahnya yang digusur demi pembangunan sirkuit. 

Sementara, seperti dilansir Tempo.co, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, mengklaim telah mematuhi ketentuan hukum dalam proses pembangunan Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Mantap, Sirkuit Mandalika sudah Masuk Kalender MotoGP 2021!

Topic:

  • Yogie Fadila
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya