Ratusan Warga Binaan Lapas Selong Memperoleh Remisi Lebaran

Pemberian remisi sebagai bentuk penghargaan negara kepada narapidana 

Lombok Timur,IDN Times - Sebanyak 270 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selong Lombok Timur di Nusa Tenggara Barat (NTB) memperoleh remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah Tahun 2023. 

Kepala Lapas IIB Selong Purniawal mengatakan, pemberian remisi ini sesuai Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: PAS-626,633 dan 646.PK.05.04 Tahun 2023 tentang Pemberian Remisi Khusus Idul Fitri 1444 H kepada narapidana.

"Sebanyak 270 narapidana pada lebaran tahun resmi mendapatkan remisi. Penyerahan dilaksanakan secara simbolis kepada 2 orang perwakilan warga binaan yang mendapatkan remisi," kanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/4/2023). 

1. Bentuk penghargaan negara kepada narapidana.

Ratusan Warga Binaan Lapas Selong Memperoleh Remisi LebaranHumas Lapas Kelas IIB Selong

Purniawal menyatakan, remisi ini merupakan salah satu bentuk penghargaan dari negara kepada narapidana yang berkelakuan baik selama menjalani masa pembinaan di Lapas Kelas IIB Selong.

Selain itu, narapidana yang mendapatkan remisi ini juga sudah mengikuti program pembinaan dengan predikat baik melalui mekanisme sistem penilaian pembinaan narapidana (SPPN).

"Narapidana yang mendapatkan remisi ini sebelumnya telah diusulkan secara online melalui sistem database pemasyarakatan (SDP) dan tidak dipungut biaya," paparnya. 

Baca Juga: Mudik Lombok-Jogja dengan Mobil, Dini Menghabiskan Rp10 Juta 

2. Rincin napi yang mendapatkan remisi

Ratusan Warga Binaan Lapas Selong Memperoleh Remisi LebaranHumas Lapas Kelas IIB Selong

Ia pun menyebutkan narapidana yang memperoleh remisi dengan rincian kasus pidana umum (153), pidana khusus narkoba (114), dan korupsi (3). Mereka memperoleh pemotongan masa penahanan yang bervariasi berkisar 15 hari hingga 2 bulan.

"Selamat kepada warga binaan yang mendapatkan remisi, mari kita mengubah diri, tetap berkelakuan baik agar tahun depan mendapatkan pengurangan yang lebih besar," ungkapnya.

3. Kalapas Selong ungkapkan apresiasi kepada narapidana dan jajaran Lapas Kelas IIB Selong.

Ratusan Warga Binaan Lapas Selong Memperoleh Remisi LebaranHumas Lapas Kelas IIB Selong

Dalam kesempatan, Purniawal pun berterima kasih kepada narapidana dan jajaran Lapas Selong dalam menjaga suasana kondusif lapas masa setahun terakhir. 

Hingga sampai sekarang ini bersama-sama merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. 

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah 2023. Minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin," pungkasnya.

Baca Juga: Ketemu Angga Yunanda, Bumil di Lombok Berdoa agar Anaknya Jadi Artis 

supardi ardi Photo Community Writer supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya