Hore! Pengantin Lotim Langsung dapat E-KTP dan KK Baru saat Akad

Dukcapil sipakan program Bakso di semua Desa

Lombok Timur, IDN Times - Dalam rangka meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Lombok Timur, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lombok Timur, melakukan pembenahan di semua UPT Dukcapil yang tersebar di 21 kecamatan. Pihaknya juga menyiapkan berbagai inovasi, termasuk semakin cepatnya pembuatan KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi pasangan pengantin yang melaksanakan akad nikah.

Sekretaris Dukcapil Lombok Timur Arpani Muammar Masni menyampaikan pada tahun ini selain menyiapkan layanan bersifat reguler, Dukcapil juga turun langsung jemput bola ke masyarakat dan menjalin kerja sama dengan berbagai instansi.

"Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, Kami akan menyiapkan pelayanan keliling dan tahun ini kami juga akan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," terangnya saat ditemui di ruangannya, Kamis (26/1/2023).

1. Dukcapil Siapkan aplikasi Bakso di masing-masing desa

Hore! Pengantin Lotim Langsung dapat E-KTP dan KK Baru saat AkadDokumen pribadi

Inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Dukcapil ialah dengan menyiapkan aplikasi Bakso di masing-masing desa. Melalui aplikasi ini masyarakat cukup hanya datang ke kantor desa, selanjutnya operator desa akan memproses data adminduk yang akan dibuat oleh masyarakat tersebut melalui aplikasi Bakso yang telah disiapkan oleh Dukcapil.

Selain layanan melalui aplikasi Bakso, pihaknya juga menyiapkan pelayanan melalui program bakvia (buat akta kelahiran via WhatsApp). Program ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas milik pemerintah maupun swasta. Program ini dikhususkan untuk anak-anak yang baru lahir.

"Nanti pihak, rumah sakit, puskesmas sampai ke polindes akan melaporkan kepada kami anak-anak yang baru lahir itu kemudian kami akan buatkan akta kelahiran langsung," ungkapnya.

Baca Juga: Kemenag Lotim Mulai Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

2. Dukcapil siapkan program Pangsit di semua rumah sakit

Hore! Pengantin Lotim Langsung dapat E-KTP dan KK Baru saat AkadDokumen pribadi

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan program inovasi bernama layanan adminduk bareng rumah sakit (Pangsit). Melalui program ini tidak hanya fokus pada pembuatan akta kelahiran saja namun juga untuk pembuatan akta kematian. Sebab sebagian besar masyarakat meninggal dunia ketika sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Melalui program ini, kata dia, pihak rumah sakit bisa lebih aktif untuk melaporkan masyarakat yang telah meninggal dunia. Sehingga masyarakat yang meninggal dunia bisa tercatat dan dibuatkan akta kematian secara langsung.

"Ini salah satu cara kami untuk selalu aktif memasukkan data kematian melalui kerja sama dengan semua layanan kesehatan di Lombok Timur, baik milik pemerintah maupun swasta," ucapnya.

3.Pengantin yang baru nikah akan langsung terima Kartu Keluarga dan E-KTP

Hore! Pengantin Lotim Langsung dapat E-KTP dan KK Baru saat AkadDokumen pribadi

Inovasi lainnya ialah Dukcapil bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) dalam hal ini Kantor Urusan Agama (KUA). Hal ini terkait dengan pelayanan adminduk bagi pasangan suami istri yang baru menikah yang disebut dengan layanan Si Cantik (suami istri catat nikah identitas keluarga).

Melalui program ini, pasangan suami istri yang baru menikah selain diberikan buku nikah namun juga akan diberikan tiga buah Kartu Keluarga (KK). Itu terdiri dari KK pengantin sendiri, kartu kedua orang tua pengantin dan E-KTP yang sudah diubah statusnya.

"Ketika akad pengantin tidak hanya menerima buku nikah saja namun juga akan diberikan 3 buah KK dan e-KTP yang sudah beralih status," bebernya.

Dengan semakin banyaknya jejaring dan inovasi pelayanan yang disiapkan diharapakan bisa mengcover semua jenis pelayanan adminduk. Mengingat kondisi Lombok Timur yang dinilai berbeda dengan daerah lain dengan wilayah paling luas dan jumlah penduduk yang paling besar.

"Dan masih banyak lagi inovasi dan jenis layanan adminduk yang kami siapkan termasuk layanan ketika car free day dan jemput bola untuk kaum marginal dan disabilitas dan berbagai layanan lainnya, hal ini demi memudahkan dan mendapatkan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.

Baca Juga: KPUD Lombok Timur Lantik 762 Petugas PPS untuk 245 Desa

supardi ardi Photo Community Writer supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya