PLN Segera Pulihkan Kelistrikan Sumbawa Pascabanjir Bandang

Banjir sebabkan pemadaman suplai listrik

Mataram, IDN Times - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) bergerak cepat untuk memulihkan sistem kelistrikan di Sumbawa setelah banjir bandang melanda pada Jumat (9/2/2024) pukul 18.31 Wita akibat curah hujan yang tinggi.

1. Pemadaman aliran listrik di sejumlah lokasi banjir

PLN Segera Pulihkan Kelistrikan Sumbawa Pascabanjir BandangPetugas PLN UP3 Demak terjun ke rumah warga yang terdampak banjir di Grobogan untuk mengamankan listrik. (dok. PLN)

Banjir bandang tersebut menyebabkan padamnya suplai listrik di beberapa wilayah Sumbawa. Seno Wuryanto, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sumbawa, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan akibat pemadaman listrik tersebut.

"Ikhtiar kami meminta maaf atas gangguan ini. Saat ini (Pukul 18.40 WITA), 87 persen sistem kelistrikan Sumbawa sudah pulih. Hanya tersisa 2 Gardu yang masih menunggu kondisi air banjir surut untuk dinormalisasi," ungkapnya dilaporkan Antara.

Baca Juga: Banjir Bandang dan Longsor Melanda  Sumbawa, Ribuan Warga Terdampak

2. Pemadaman listrik dilakukan sebagai pengamanan

PLN Segera Pulihkan Kelistrikan Sumbawa Pascabanjir BandangDaerah yang dilanda banjir di Pulau Sumbawa pada Jumat (9/2/2024). (dok. BPBD NTB)

Pemadaman listrik dilakukan demi keselamatan masyarakat dan untuk mencegah potensi bahaya korsleting listrik yang dapat mengancam jiwa. PLN akan melakukan pemeriksaan setelah banjir surut dan peralatan listrik aman untuk dioperasikan.

"Saat ini, keselamatan masyarakat adalah prioritas utama kami. Kami memohon kesabaran dan pengertian dari masyarakat yang terdampak pemadaman," tambah Seno.

3. Personel PLN telah dikerahkan untuk percepatan pemulihan

PLN Segera Pulihkan Kelistrikan Sumbawa Pascabanjir BandangPetugas PLN UP3 Demak terjun ke rumah warga yang terdampak banjir di Grobogan untuk mengamankan listrik. (dok. PLN)

Petugas PLN telah dikerahkan untuk mempercepat pemulihan pasca bencana banjir bandang. Seno berharap proses pemulihan berjalan lancar dan meminta doa serta dukungan dari seluruh masyarakat NTB, khususnya yang berada di pulau Sumbawa, agar banjir segera surut.

Baca Juga: KPU NTB Pastikan Logistik Pemilu Aman Pascabanjir di Pulau Sumbawa

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya