Comscore Tracker

Pemda Lombok Tengah Siapkan Rp1,4 Miliar untuk Membantu Anak Yatim

Bantuan yang diberikan untuk biaya pendidikan

Lombok Tengah, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) setiap tahun mengalokasikan dana Rp1,4 miliar untuk memberikan bantuan kepada anak yatim piatu pada Hari Rahman Rahim tanggal 10 Muharam. Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri mengatakan bahwa pemerintah daerah sedang mendata anak yatim piatu yang akan mendapat bantuan sosial tahun ini.

"Saat ini kita sedang melakukan pendataan jumlah anak yatim dan pintu di semua desa di 12 Kecamatan, by name by address (berdasar nama dan alamat), supaya bantuan yang diberikan tepat sasaran," katanya seperti dikutip dari ANTARA pada Senin (5/12/2022).

1. Anak yatim didata

Pemda Lombok Tengah Siapkan Rp1,4 Miliar untuk Membantu Anak YatimIlustrasi Berkas (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Menurut dia, pemerintah daerah menurunkan petugas untuk mendata anak yatim piatu di setiap desa. Harapannya, semua anak yatim tersebut dapat terdata, sehingga bisa mendapatkan bantuan yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah.

Berdasarkan pendataan sebelumnya, ia mengatakan, ada sekitar 12.000 anak yatim piatu yang mendapat bantuan dari pemerintah daerah di Lombok Tengah.

Baca Juga: Kostum Karnaval Unik yang Menggambarkan Budaya Lombok, Keren Banget!

2. Bantu biaya pendidikan

Pemda Lombok Tengah Siapkan Rp1,4 Miliar untuk Membantu Anak YatimIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia mengatakan bahwa selanjutnya dana Rp1,4 miliar yang dialokasikan oleh pemerintah kabupaten akan digunakan untuk membantu biaya pendidikan anak yatim piatu.

Menurut dia, pemerintah kabupaten juga mengumpulkan sedekah bulanan senilai Rp5.000 dari aparatur sipil negara guna membantu pendidikan anak yatim piatu.

3. Bantuan rutin setiap 10 Muharram

Pemda Lombok Tengah Siapkan Rp1,4 Miliar untuk Membantu Anak Yatimpelayananpublik.id

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah setiap tanggal 10 Muharam, pada Hari Rahman Rahim, memberikan bantuan sosial kepada anak yatim piatu di wilayahnya.

"Kami telah melakukan kerja sama dengan universitas, kami akan menyekolahkan para penghafal Al Quran hingga menjadi dokter," katanya.

Baca Juga: Gapasdap Khawatir PHK, karena Tarif Penyeberangan Lombok-Sumbawa

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya