Usai MotoGP, NTB Akan Gelar Kejuaraan Motocross Dunia dan World SBK

MXGP di Sumbawa, World SBK di Mandalika

Mataram, IDN Times - Usai perhelatan MotoGP Mandalika pada 18 - 20 Maret lalu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kini bersiap-siap untuk menggelar kejuaraan dunia motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) di Samota Kabupaten Sumbawa pada 24 - 26 Juni mendatang.

Selain itu, NTB juga akan menjadi tuan rumah gelaran GT World Challenge Asia untuk supercar dan World Superbike (World SBK) pada November 2022 di Sirkuit Mandalika. Sebelumnya, NTB juga telah sukses menggelar WSBK pada November tahun lalu.

1. Penyelenggara MXGP ke Sumbawa pekan depan

Usai MotoGP, NTB Akan Gelar Kejuaraan Motocross Dunia dan World SBKIndosport.com/Robertus Pudyanto

Komandan Lapangan Persiapan MotoGP dan MXGP Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Ridwan Syah mengatakan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 telah sukses digelar. Sekarang, Pemprov NTB sedang mempersiapkan perhelatan MXGP Samota dan WSBK 2022.

Pekan depan, penyelenggara MXGP yaitu Infront Moto Racing akan datang ke Kawasan Samota Kabupaten Sumbawa. Mereka akan melihat kesiapan infrastruktur, transportasi dan medical centre.

"Beberapa waktu lalu sudah dilakukan audit pendahuluan oleh Infront. Bahwa dari sisi kesiapan infrastruktur kesehatan, medical centre yang berada di Mandalika akan dibawa ke Samota," kata Ridwan di Mataram, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga: Ini Sosok Fans Fabio Quartararo yang Joget TikTok saat Nonton MotoGP

2. Hasil kunjungan Infront jadi acuan persiapan infrastruktur pendukung

Usai MotoGP, NTB Akan Gelar Kejuaraan Motocross Dunia dan World SBKKepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas PUPR NTB ini mengatakan hasil tinjauan lapangan Infront Moto Racing nantinya menjadi acuan dalam penyiapan infrastruktur pendukung. Seperti kebutuhan listrik, air bersih, jaringan telekomunikasi dan lainnya.

Infront Moto Racing akan melihat site plan Sirkuit MXGP Samota. Setelah ada persetujuan dari Infront Moto Racing, barulah Sirkuit MXGP Samota dibangun.

"Yang menarik dari Sirkuit MXGP Samota adalah view-nya bagus. Tak beda dengan lokasi yang ada di Eropa standar. Tetapi dia dekat dengan laut, di depannya Pulau Moyo dan Gunung Tambora," kata Ridwan.

3. Pembalap MXGP akan menginap di Pulau Moyo

Usai MotoGP, NTB Akan Gelar Kejuaraan Motocross Dunia dan World SBKksmtour.com

Ridwan menambahkan nantinya para pembalap dan kru akan diinapkan di Pulau Moyo, pulau yang pernah disinggahi Putri Diana dari Inggris. Dengan gelaran event ini, NTB ingin memperkenalkan Pulau Sumbawa ke seluruh penjuru dunia.

"Kita ingin mensyiarkan kelebihan Pulau Sumbawa seperti halnya menginternasionalkan Mandalika di Pulau Lombok," tandas Ridwan.

Baca Juga: BMKG: Hujan Reda saat MotoGP Sesuai Prakiraan Cuaca Hari Itu

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya