Comscore Tracker

Siapkan Kapal Pinisi, Penonton MotoGP Bisa Melancong ke Sumbawa

Selesai nonton bisa berlibur ke Sumbawa

Mataram, IDN Times - Mengatasi kekurangan kamar hotel dan penginapan di Lombok jelang perhelatan MotoGP 2022, Pemerintah terus mencari jalan. Selain menyiapkan kapal pesiar menjadi hotel terapung, Pemerintah juga akan menyiapkan kapal pinisi.

Komandan Lapangan Persiapan MotoGP 2022, Hadi Tjahjanto usai rapat bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) di Hotel Novotel Kuta Lombok Tengah, Selasa (11/1/2022) mengatakan akan dikerahkan 700 kapal pinisi untuk penginapan penonton MotoGP Mandalika.

1. Penonton MotoGP bisa melancong ke Sumbawa

Siapkan Kapal Pinisi, Penonton MotoGP Bisa Melancong ke Sumbawawisatalah.com

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB, Yusron Hadi mengatakan pihaknya sudah bertemu dengan salah satu operator yang menyiapkan kapal pinisi. Dengan adanya kapal pinisi, maka penonton MotoGP bisa berwisata ke destinasi lainnya di Pulau Lombok bahkan melancong ke Pulau Sumbawa.

"Kami sudah bertemu dengan salah satu yang mau bergerak menyediakan kapal pinisi. Kalau ada kapal pinisi, mereka (penonton MotoGP) bisa menginap sambil melancong ke Pulau Sumbawa," ujar Yusron dikonfirmasi IDN Times, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: ITDC : Kami Semakin Semangat Usai Dikunjungi Presiden di Mandalika

2. Survei lokasi kapal pinisi

Siapkan Kapal Pinisi, Penonton MotoGP Bisa Melancong ke SumbawaIlustrasi Infrastruktur (Kapal Laut) (IDN Times/Arief Rahmat)

Yusron menambahkan telah dilakukan survei lokasi sabdarnya kapal pinisi tersebut. Dua lokasi yang menjadi pilihan adalah Pelabuhan Lembar atau Pelabuhan Gili Mas.

Jika lokasi sandarnya kapal pinisi tersebut di Pelabuhan Gili Mas, sudah ada layanan transportasi gratis suttle bus menuju Sirkuit Mandalika.

"Pilihannya di Pelabuhan Lembar atau Gili Mas. Kemarin baru disurvei," jelas Yusron.

3. Jumlah kapal pinisi tergantung permintaan

Siapkan Kapal Pinisi, Penonton MotoGP Bisa Melancong ke SumbawaIlustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Mengenai jumlah kapal pinisi yang disiapkan untuk penonton MotoGP, Yusron menyebut akan disesuaikan dengan permintaan. Nantinya penginapan di kapal pinisi juga bisa dibundling dengan tiket nonton dan berwisata atau terpisah.

"Kalau kapal pinisi ini tidak seperti kapal pesiar jumlah kamarnya. Mungkin kurang dari 20 kamar. Ini bagi penonton premium pasarnya," terangnya.

Sebagaimana diketahui, jelang pelaksanaan MotoGP 2022, NTB masih kekurangan puluhan ribu kamar hotel. Data Dispar NTB, jumlah kamar hotel dan homestay di NTB sekitar 16 ribu kamar. Sementara, jumlah penonton MotoGP 2022 diperkirakan 63.500 orang sesuai dengan jumlah tiket yang dijual saat ini.

Selain menyiapkan kapal pinisi dan kapal pesiar, Pemerintah juga menyulap rumah-rumah warga di sekitar kawasan Mandalika menjadi sarana hunian pariwisata (Sarhunta). Kemudian juga akan disiapkan tempat penginapan berupa camping ground.

Baca Juga: Kunjungi Mandalika, Jokowi Tekankan Lima Poin sebelum Balapan MotoGP

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya