Sambut MotoGP, Merah Putih Berkibar di Perbatasan Indonesia-Australia

Bendera merah putih berhasil dipasang di Pulau Sophialouisa

Lombok Barat, IDN Times - Menyambut MotoGP Mandalika pada 18 - 20 Maret 2022, Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda NTB memasang bendera Merah Putih di Pulau Sophialouisa. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia perbatasan Indonesia dengan Australia yang ada di wilayah perairan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Pulau Sophialouisa ini berada di sebelah selatan Pulau Lombok pada posisi koordinat 8° 55′ 20″ lintang selatan - 116° 0′ 8″ BT. Secara administratif, Pulau Sophialouisa masuk wilayah Dusun Teluk Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat Provinsi NTB.

1. Simpan eksotisme bawah laut

Sambut MotoGP, Merah Putih Berkibar di Perbatasan Indonesia-AustraliaBendera merah putih berkibar di Pulau Sophialouisa (Dok. Polda NTB)

Karena nama Sophialouisa identik dengan nama artis, pada tahun 2007, masyarakat Sekotong Barat sepakat untuk mengganti namanya menjadi Pulau Sepatang. Seperti pulau tak berpenghuni lainnya, di Pulau Sophialouisa terdapat mercusuar yang berfungsi sebagai navigasi kapal laut dan sumber cahaya mereka.

Eksotisme bawah laut di sekitar Pulau Sophialouisa, mampu menarik wisatawan yang hobi menyelam. Apalagi saat gelombang Samudra Hindia sedang bersahabat, sering kali terlihat kapal cepat berlalu lalang membawa wisatawan di sekitar perairan pulau ini. Jalan atau jalur menuju ke Pulau Sophialouisa bisa ditempuh melalui teluk sepi atau dive zone di Bangko-bangko.

Baca Juga: Renggut Nyawa Bocah, LPA Bima Desak Pacuan Kuda Joki Cilik Dihentikan 

2. Gelar patroli perbatasan

Sambut MotoGP, Merah Putih Berkibar di Perbatasan Indonesia-AustraliaSimulasi pengamanan upaya pembebasan penyanderaan kapal pengangkut logistik MotoGP yang dilakukan perompak oleh Polairud Polda NTB dan TNI AL (Dok. Polda NTB)

Pada Kamis (10/3/2022) lalu, Kapal Baladewa 8002 melakukan patroli perbatasan RI dengan Australia dan sambang nusa ke Pulau Sophialouisa. Patroli itu sekaligus memberikan bantuan fasilitas untuk pelayaran, kepada tim pengumpulan data primer, penyusunan kajian kebijakan penyelenggaraan personel Polri, di wilayah perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar, dari Rojianstra SSDM Mabes Polri yang dipimpin oleh Brigjen Pol Sri Eko Pranggono.

Personel yang terlibat dalam patroli itu Brigjen Pol Sri Eko Pranggono beserta Tim Rojianstra SSDM Mabes Polri. Komandan dan seluruh ABK Kapal Baladewa 8002 Korpolairud Baharkam Polri, KBO Ditpolairud Polda NTB, Wakapolres Lombok Barat, Kabagsumda Polres Lombok Barat dan Kapolsek Sekotong.

Kapten Kapal Baladewa 8002 Kompol Carito, Sabtu (12/3/2022) mengatakan, inisiatif pemasangan bendera di Pulau Sophialouisa berawal dari tidak adanya bendera merah putih sebagai tanda pulau masuk wilayah Indonesia.

Atas dasar itulah, Kompol Carito dan semua yang terlibat, berinisiatif memasang bendera Merah Putih di Marcusuar yang ada di Pulau Sophialouisa. "Sebelumnya tidak ada bendera di sana, itu sebabnya kami berinisiatif memasang bendera merah putih di atas Marcusuar Pulau Sophialouisa itu," kata Carito.

3. Pemasangan bendera merah putih sempat gagal beberapa kali

Sambut MotoGP, Merah Putih Berkibar di Perbatasan Indonesia-AustraliaPemasangan bendera merah putih di mercusuar Pulau Sophialouisa (Dok. Polda NTB)

Meski diterjang ombak yang cukup besar, kata Carito, pemasangan bendera Merah Putih di pulau terluar Indonesia Sophialouisa itu berhasil dilakukan. Beberapa kali petugas Polairud Polda NTB hendak memasang bendera di tempat itu, namun gagal. Karena kondisi ombak yang besar dan pulau yang susah dijangkau.

Namun kali ini berhasil dilakukan. Tim Polairud Polda NTB dan Tim BKO Korpolairud Baharkam Polri berhasil memasang bendera merah putih di pulau terluar Indonesia, yakni Pulau Sophialouisa.

Baca Juga: Tiga Atlet Voli Pantai NTB Dipanggil Ikuti Seleksi Sea Games Vietnam 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya