Comscore Tracker

Ribuan Tiket Balapan MotoGP Mandalika Laris Terjual Setiap Hari

ITDC siapkan dua lokasi untuk camping ground

Lombok Tengah, IDN Times - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) masih membuka penjualan tiket balapan Grand Prix of Indonesia 2022. Penjualan 62 ribu tiket balapan MotoGP dengan bekerja sama sejumlah platform online dan offline. 

Di antaranya, My Pertamina Apps, InJourney, Xplorin yang didukung oleh Bank NTB Syariah, Livin’ by Mandiri, Tiketapasaja.com, Tiket.com, dan DyandraTiket.com.

Tiket juga dapat dibeli secara offline di seluruh gerai Indomaret, Alfamart, dan Angkasa Pura Hotels yang tersebar di Indonesia.

Secara online, tiket MotoGP dapat dibeli untuk seluruh kategori yakni VIP Hospitality Suites Deluxe Class, Premium Grandstand, Standard Grandstand dan General Admission.

Sedangkan melalui offline, tiket yang dapat dibeli adalah kategori Standard Grandstand dan General Admission baik untuk tiket harian maupun weekend pass.

1. Tiket kategori premium grandstand terlaris

Ribuan Tiket Balapan MotoGP Mandalika Laris Terjual Setiap HariPenonton menyaksikan balapan World Superbike (WSBK) Mandalika pada November 2021 (IDN Times/Muhammad Nasir)

Vice President Director MGPA Cahyadi Wanda mengatakan, pihaknya sangat bersemangat melihat tren penjualan tiket MotoGP 2022 meningkat setiap harinya. Tiket yang paling banyak dibeli adalah Premium Grandstand, kemudian General Admission, dan diikuti dengan Standard Grandstand.

"Namun tidak perlu khawatir, karena kami masih memiliki banyak stok tiket yang tersedia di saluran resmi yang sudah kami tunjuk. Tapi tentunya mereka yang lebih cepat membeli akan mendapatkannya. Jadi jangan sampai ketinggalan," kata Cahyadi dalam keterangan yang diterima, Kamis (27/1/2022).

Tiket MotoGP dijual dalam berbagai bentuk dan range harga, sehingga calon penonton dapat memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Kategori General Admission, Standard Grandstand, dan Premium Grandstand, dijual dalam bentuk tiket harian dan paket weekend pass yang berlaku untuk Sabtu dan Minggu.

Tiket harian, terdiri dari tiket hari pertama (18 Maret) pada harga Rp115.000 - Rp431.250, tiket hari kedua (19 Maret) pada harga Rp287.500 - Rp1.150.000, dan tiket race day (20 Maret) pada harga Rp575.000 - Rp1.725.000.

Paket weekend pass tersedia dengan harga Rp805.000 – Rp2.587.000.

Sementara kategori VIP Hospitality Suites Deluxe Class, tersedia tiket 3 days pass yang dijual dengan harga Rp10 juta (berlaku untuk menonton selama tiga hari).

Kategori VIP Hospitality Suites Deluxe Class merupakan ruangan yang berlokasi di VIP Village berdekatan dengan paddock yang menyediakan fasilitas makanan, snack dan minuman di dalam ruangan tersebut sehingga penonton dapat menikmati balapan tanpa harus keluar dari ruangan.

Premium Grandstand adalah lokasi duduk penonton yang dilengkapi dengan atap sehingga para penonton dapat menikmati balapan dengan nyaman. Berikutnya, Standard Grandstand adalah tempat duduk penonton tanpa atap yang merupakan bucket seat yaitu kursi duduk tanpa lengan.

Sementara, General Admission merupakan tiket non-seating area, di mana penonton bisa masuk ke area sirkuit untuk menyaksikan balap dari layar besar dan menyaksikan konten di dalam area komersial namun tidak masuk ke Grandstand.

Baca Juga: Samota Sumbawa Resmi Masuk Kalender MXGP 2022 

2. Siapkan skema bundling tiket

Ribuan Tiket Balapan MotoGP Mandalika Laris Terjual Setiap HariIlustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Melihat tingginya animo pencinta balap di tanah air untuk menyaksikan event MotoGP 2022 secara langsung di Mandalika. Namun terkendala adanya keraguan dengan ketersediaan akomodasi dan transportasi. Pihaknya telah menyiapkan solusinya, dengan berupaya menyiapkan skema bundling tiket, penambahan alternatif akomodasi dan penerbangan dari atau menuju Mandalika.

"Kami berharap upaya kami dapat menjawab kebutuhan dari calon penonton yang ingin hadir dalam pagelaran event motor sport nomor satu di dunia MotoGP di Mandalika," harapnya.

Guna memberikan kemudahan pencinta balap untuk menyaksikan secara langsung, ITDC Group bekerja sama dengan sejumlah pihak. Seperti PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry, dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyusun sejumlah skema bundling yang mencakup tiket menonton MotoGP, akomodasi, dan transportasi menuju Mandalika.

Akomodasi yang disiapkan adalah hotel-hotel berbintang. Juga pemanfaatan homestay maupun hunian di desa-desa wisata di Lombok. Selain penyiapan bundling ticket, ITDC Group juga mendapat dukungan untuk penerbangan tambahan untuk rute CGK-LOP, SUB-LOP, dan DPS-LOP serta sebaliknya sehingga akan meningkatkan aksesibilitas menuju Lombok.

3. Siapkan camping ground di zona barat dan timur kawasan Mandalika

Ribuan Tiket Balapan MotoGP Mandalika Laris Terjual Setiap Harihttps://www.instagram.com/p/Bqi9u2CBttt/

Sementara untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan kamar, kata Cahyadi, ITDC Group sedang mematangkan konsep penempatan camping ground di zona barat dan timur kawasan Mandalika. Lokasi camping ground di zona barat akan bertempat di Kuta Beach Park, sementara di zona timur adalah Batu Kotak, Tanjung Aan.

"Kedua lokasi ini dipilih menjadi area camping ground karena berada di wilayah yang strategis, mudah untuk mengakses menuju sirkuit serta aman karena mudah dikontrol," terangnya.

Untuk masyarakat yang ingin menyaksikan balapan secara langsung, ITDC Group telah menetapkan sejumlah ketentuan atau syarat menonton MotoGP 2022. Syarat tersebut antara lain wajib membeli tiket melalui jalur resmi yang ditentukan, penonton sudah berumur 12 tahun ke atas, sudah mendapatkan dua dosis vaksinasi COVID-19 sebelum memasuki area sirkuit yang dibuktikan dengan keterangan pada aplikasi PeduliLindungi, dan wajib menunjukkan hasil PCR (2x24 jam)/antigen (1x24 jam) sebelum memasuki area Sirkuit.

Apabila penonton belum terdaftar dalam aplikasi PeduliLindungi, diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes PCR/antigen dari rumah sakit/klinik. Bagi warga negara asing, diwajibkan untuk menunjukkan sertifikat vaksin serta hasil tes PCR/antigen sesuai dengan prosedur yang dikirim melalui email terdaftar.

Baca Juga: Pemda Cek Penginapan yang Belum Dipesan saat Event MotoGP  

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya