Pj Gubernur NTB dan Lalu Iqbal Serius Perebutkan Rekomendasi Demokrat

Empat bakal calon gubernur daftar di DPD Demokrat NTB

Mataram, IDN Times - Pj Gubenur NTB Lalu Gita Ariadi dan Eks Dubes RI untuk Turki yang juga Jubir Kemenlu Lalu Muhamad Iqbal serius memperebutkan rekomendasi DPD Partai Demokrat NTB di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Keduanya telah menyelesaikan tahapan penjaringan bakal calon kepala daerah yang dilakukan DPD Partai Demokrat NTB.

Sekretaris DPD Partai Demokrat NTB Andi Mardan mengatakan masa pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTB 2024 dibuka sejak 15 April lalu. Genap sebulan, ada empat bakal calon gubernur yang mendaftar di DPD Partai Demokrat NTB hingga Rabu (15/5/2024).

"Kami membuka proses pendaftaran genap satu bulan per hari ini. Yang sudah mendaftar untuk bakal calon gubernur sebanyak 4 orang," sebut Mardan di Mataram, Rabu (15/5/2024) sore.

1. Empat bakal calon gubernur yang mendaftar di DPD Partai Demokrat NTB

Pj Gubernur NTB dan Lalu Iqbal Serius Perebutkan Rekomendasi DemokratSekretaris DPD Partai Demokrat NTB Andi Mardan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mardan menyebutkan empat bakal calon gubernur yang mendaftar di DPD Partai Demokrat NTB. Antara lain, Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi, Juru Bicara (Jubir) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Lalu Muhamad Iqbal, Eks Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Ketua DPD Gerindra NTB Lalu Pathul Bahri.

Dari empat bakal calon gubernur NTB yang sudah mendaftar di DPD Partai Demokrat NTB, baru dua orang yang menyelesaikan proses tahapan penjaringan hingga tuntas. Keduanya adalah Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi dan Jubir Kemenlu Lalu Muhamad Iqbal.

Sedangkan Eks Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Ketua DPD Gerindra NTB Pathul Bahri belum menuntaskan tahapan proses penjaringan. Namun, pihaknya masih memberikan kesempatan kepada Zulkieflimansyah dan Pathul Bahri sebelum tanggal 20 Mei 2024.

"Kami apresiasi Pj Gubernur NTB mengikuti seluruh tahapan dengan gerak cepat, kedua Lalu Iqbal sampai proses ini telah diselesaikan, menyatakan diri bersedia. Dua lagi menyatakan bersedia tapi progresnya belum kami terima update kesungguhannya," tutur Mardan.

Baca Juga: TGB Restui Zul-Rohmi Jilid II, Perindo NTB: Zulkieflimansyah Minta Doa

2. Gandeng Indikator Politik Indonesia lakukan survei

Pj Gubernur NTB dan Lalu Iqbal Serius Perebutkan Rekomendasi DemokratTangkapan layar Rilis Survei Indikator Politik 21 April 2024 (Irsan Rufai/IDN Times)

Nantinya, setelah proses penjaringan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur NTB ditutup, tahapan selanjutnya adalah melakukan survei. DPD Partai Demokrat NTB menggandeng Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia.

Survei akan dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2024. Kemudian sekitar bulan Juni dan Juli, DPD Partai Demokrat NTB menyampaikan nama-nama bakal calon gubernur NTB yang akan diusung pada Pilgub 2024 ke Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat kemudian menyampaikan nama-nama tersebut ke Majelis Tinggi Partai Demokrat. Prosesnya diperkirakan pada bulan Juli sampai Agustus 2024. Mardan menjelaskan kesungguhan para kandidat yang mendaftar di DPD Demokrat NTB tentunya menjadi catatan.

"Kami baru atensi dua kandidat terkait kesungguhannya yaitu Pj Gubernur NTB dan Lalu Iqbal. Terlebih Pj Gubernur bergerak cepat dalam berkomunikasi. Sementara dua orang masih berjalan komunikasi dengan Dr. Zul dan Pathul Bahri," terangnya.

3. Jajaki Koalisi Indonesia Maju di Pilgub NTB

Pj Gubernur NTB dan Lalu Iqbal Serius Perebutkan Rekomendasi DemokratBendera partai politik di Kantor KPU NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Berdasarkan hasil Pileg 2024, Partai Demokrat memiliki 34 kursi di kabupaten/kota. Sedangkan di DPRD NTB mendapatkan 6 kursi. Sehingga untuk Pilgub NTB 2024, DPD Demokrat NTB akan menjajaki koalisi dengan parpol lain.

Karena Partai Demokrat sekarang berada di dalam pemerintahan, pihaknya sedang menjajaki Koalisi Indonesia Maju (KIM) dapat terwujud pada Pilgub NTB 2024. Namun tidak menutup komunikasi dengan parpol di luar KIM.

"Sampai saat ini kami terus berikhtiar melakukan komunikasi politik dengan kawan-kawan KIM. Kami jaga betul komunikasi, mudah-mudahan terjadi di NTB. Namun karena situasi dan kondisi, kita tak menutup diri dengan parpol di luar KIM," ungkapnya.

Mardan menyebutkan pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Golkar, Gerindra, PAN dan PKB. Selain itu, komunikasi politik juga dilakukan dengan PKB.

Baca Juga: NTB Impor 10.250 Ton Beras Senilai 6,7 Juta Dolar AS Selama April 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya