Pertama dalam Sejarah, Jalur Menuju Sirkuit Mandalika Macet Parah

Pengendara mengeluh kemacetan terlampau panjang

Lombok Tengah, IDN Times - Pertama kali dalam sejarah, jalan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terjadi kemacetan parah. Kemacetan itu terjadi di jalan menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit, tempat berlangsungnya Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022.

"MotoGP Mandalika ini memang luar biasa, tumben-tumbennya dalam sejarah di Lombok jalanan macet," kata Ervin, salah seorang karyawan perusahaan konstruksi yang sering melintas di jalan itu, Minggu (20/3/2022).

1. Jumlah kendaraan meningkat tajam

Pertama dalam Sejarah, Jalur Menuju Sirkuit Mandalika Macet ParahKemacetan parah menuju Sirkuit Mandalika (Dok. Polda NTB)

Kemacetan yang terjadi di jalur menuju Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022), terjadi mulai dari Jalan Bypass di Batujai Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah hingga Bundaran Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto mengatakan kemacetan yang terjadi akibat jumlah kendaraan menuju arena MotoGP meningkat sangat tinggi.

Dominasi kendaraan itu adalah kendaraan pribadi berupa kendaraan roda dua dan roda empat. Selain itu, ada pula bus yang mengantar para penonton MotoGP ke Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Marc Marquez Terpental Dua Kali di Tanah Sengketa Sirkuit Mandalika

2. Kemacetan sudah diprediksi

Pertama dalam Sejarah, Jalur Menuju Sirkuit Mandalika Macet Parahkemacetan parah menuju Sirkuit Mandalika (Dok. Polda NTB)

Kemacetan yang terjadi, kata Artanto, sudah diprediksi oleh kepolisian. Karena jumlah kendaraan yang dalam jumlah besar akan datang secara bersamaan.
Sehingga berakibat menimbulkan kemacetan.

"Polisi sudah melakukan rekayasa lalu lintas guna mengurai kemacetan tersebut," jelasnya.

Meski demikian, salah satu pengguna jalan mengeluhkan rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus yang dilakukan oleh petugas. Salah satu pengendara bernama Jin mengeluhkan pengalihan arus yang dianggap kurang efektif.

"Yang parkir barat diarahkan lewat jalur kuta, belok kanan di bundaran eh ternyata lewat pasar. Tambah macet di pasar," ujarnya.

3. Antrean kendaraan hingga 3 km di Jalan Bypass Mandalika

Salah seorang warga Kota Mataram, Halwi mengatakan ia terjebak macet hingga 3 jam di Bundaran Sunggung Jalan Bypass BIL - Mandalika. Kemacetan di Jalan Bypass BIL - Mandalika, kata Halwi sekitar 3 km.

"Belum lagi tadi dari sebelum pertigaan Batujai sampai depan BIZAM macet total," kata Halwi.

Warga Kota Mataram lainnya, Alfan menuturkan kendaraan pada merayap mulai dari Bundaran Giri Menang Square (GMS) Patung Sapi Lombok Barat sampai ke BIZAM. Kemudian dari Sengkol menuju parkir barat kawasan Mandalika kendaraan juga padat merayap.

Sebagaimana diketahui, pada saat race MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, jumlah penonton sudah diperkirakan puluhan ribu orang. Berdasarkan keterangan Direktur Utama PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development (ITDC), tiket MotoGP yang terjual pada hari ketiga atau saat race MotoGP sebanyak 63.000 lembar. Artinya, jumlah penonton yang akan menyaksikan balap motor paling bergengsi di dunia tersebut mencapai 63.000 orang.

Artanto berharap kepada semua pengguna jalan khususnya yang menuju Sirkuit Mandalika, agar tetap waspada, sabar dan menaati aturan lalu lintas. Serta disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

"Kami harapkan semua pengendara agar sabar dan patuh serta tertib lalu lintas. Atur kecepatan dan taati semua prosedur yang diterapkan, demi keamanan dan keselamatan kita bersama," harapnya.

Baca Juga: Absen Race Pamungkas MotoGP Mandalika, Marc Marquez Geger Otak

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya