MXGP Samota, Medical Centre MotoGP Akan Diangkut ke Sumbawa 

Keberadaan medical centre sangat vital

Mataram, IDN Times - Kejuaraan dunia motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Samota Kabupaten Sumbawa telah memperoleh slot penyelenggaraan pada 26 Juni mendatang.

Untuk menyukseskan event internasional tersebut infrastruktur pendukung sangat diperlukan, salah satunya keberadaan Medical Centre seperti yang ada di kawasan Mandalika saat perhelatan MotoGP, 18 - 20 Maret lalu.

1. Medical Centre MotoGP akan diangkut ke Sumbawa

MXGP Samota, Medical Centre MotoGP Akan Diangkut ke Sumbawa Medical Centre Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Direktur RSUD Provinsi NTB dr. Lalu Herman Mahaputra mengatakan Medical Centre yang ada di Mandalika akan diangkut ke Samota Sumbawa.

"Saya memastikan apa yang ada di Mandalika akan ada juga di Samota. Kita belajar dari kemarin bahwa Medical Centre itu sangat vital," kata pria yang biasa disapa Dokter Jack ini dikonfirmasi di Mataram, Minggu (27/3/2022).

Baca Juga: Usai MotoGP, NTB Akan Gelar Kejuaraan Motocross Dunia dan World SBK

2. Rumah sakit di Sumbawa juga disiapkan

MXGP Samota, Medical Centre MotoGP Akan Diangkut ke Sumbawa Direktur RSUD Provinsi NTB dr. Lalu Herman Mahaputra (IDN Times/NTB)

Menurut Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB ini, keberadaan medical centre sangat vital dalam setiap event balapan. Bahkan ia mengatakan jika tidak ada medical centre, maka balapan tidak akan bisa diselenggarakan.

"Karena no medical centre, no race. Sehingga kita betul-betul melihat ini infrastruktur yang sangat penting," ucapnya.

Untuk mem-back up keberadaan medical centre saat perhelatan MXGP Samota pada Juni mendatang, Dokter Jack menyiapkan beberapa strategi. Rumah Sakit H. L. Manambai milik Pemprov NTB yang berada di Sumbawa Besar akan dijadikan leader dibantu dengan RSUD Sumbawa. Namun tetap rumah sakit rujukan adalah RSUD Provinsi NTB.

3. Perlu segera dibangun helipad di Samota

MXGP Samota, Medical Centre MotoGP Akan Diangkut ke Sumbawa Helipad yang berada di depan Medical Centre Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dokter Jack menambahkan untuk memperlancar evakuasi apabila ada pembalap yang mengalami kecelakaan saat gelaran MXGP, maka perlu juga dibangun landasan helikopter atau helipad di Samota.

Dirinya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Kementerian Perhubungan mengenai persoalan ini. "Ini juga butuh biaya. Kalau kami sudah siap di sini, di RSUD Probinsi sudah ada helipad," terangnya.

Usai perhelatan MotoGP Mandalika pada 18 - 20 Maret lalu, Provinsi NTB kini bersiap-siap menggelar MXGP di Samota Kabupaten Sumbawa pada 24 - 26 Juni mendatang. Selain itu, NTB juga akan menjadi tuan rumah gelaran World Superbike (WSBK) pada November 2022 di Sirkuit Mandalika.

Dalam waktu dekat, penyelenggara MXGP yaitu Infront Moto Racing akan datang ke Kawasan Samota Kabupaten Sumbawa. Mereka akan melihat kesiapan infrastruktur, transportasi dan medical centre.

Infront Moto Racing akan melihat site plan Sirkuit MXGP Samota. Setelah ada persetujuan dari Infront Moto Racing, barulah Sirkuit MXGP Samota dibangun.

Baca Juga: Offline Dibatasi, Sineas NTB Tetap Produktif di Masa Pandemik 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya