Minim Penonton Luar Negeri, ITDC: 100.000 Tiket MotoGP Sudah Terjual  

Penonton terbanyak berasal dari Jawa Barat

Mataram, IDN Times - PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyebutkan jumlah tiket MotoGP Mandalika yang sudah terjual lebih dari 100.000 tiket. Dari 100.000 tiket yang sudah terjual, hampir 100 persen penonton berasal dari dalam negeri.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo mengatakan aturan terkait protokol kesehatan (prokes) dan penerbangan menyebabkan belum ada penonton yang berasal dari luar negeri. Adapun 2.500 orang yang berasal dari luar negeri merupakan ofisial, kru dan pembalap, bukan penonton MotoGP.

"Tapi kalau penonton hampir 100 persen orang Indonesia. Dari Lombok dan luar Lombok. Data kami menunjukkan semua provinsi di Indonesia, ada penonton MotoGP," kata Arie di Mataram, Rabu (16/3/2022).

1. Penonton MotoGP terbanyak dari Jawa Barat

Minim Penonton Luar Negeri, ITDC: 100.000 Tiket MotoGP Sudah Terjual  Antrean panjang penonton yang menukarkan tiket MotoGP di Eks Bandara Selaparang Kota Mataram, Rabu (16/3/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Arie mengungkapkan penonton MotoGP terbanyak berasal dari Jawa Barat. Kemudian Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali dan NTB. Sisanya dari provinsi lainnya di Indonesia dengan jumlah bervariasi.

Namun, kata Arie, ada lima provinsi asal penonton MotoGP terbanyak berdasarkan pembelian tiket. Yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali dan NTB. "Sisanya naik turun, tapi lima provinsi yang tertinggi itu tadi," ungkapnya.

Baca Juga: Antrean Panjang, Penukaran Tiket MotoGP di Mataram Membeludak

2. Sebanyak 100.000 tiket sudah terjual

Minim Penonton Luar Negeri, ITDC: 100.000 Tiket MotoGP Sudah Terjual  Harga tiket MotoGP Indonesia Grand Prix (instagram.com/itdc_id)

Secara keseluruhan, Arie menyebut sebanyak 100.000 - an tiket MotoGP Mandalika sudah terjual hingga saat ini. Tiket yang telah terjual tersebut baik hari pertama, kedua maupun ketiga.

Arie tak merinci jumlah tiket yang terjual untuk hari pertama, kedua dan ketiga. Namun paling banyak tiket yang terjual pada hari ketiga mencapai 63.000 tiket.

"Hari ketiga sudah 63.000 tiket. Hari kedua dan pertama saya lupa angka pastinya. Tapi kalau ditotalkan semua sekitar 100.000-an tiket telah terjual," sebutnya.

3. Empat kategori tiket MotoGP Mandalika

Minim Penonton Luar Negeri, ITDC: 100.000 Tiket MotoGP Sudah Terjual  Tribune penonton MotoGP yang berada di depan dan samping Paddock Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Tiket MotoGP Mandalika dibagi dalam empat kategori yaitu, Premiere Grandstand, Hospitality Suites, Standard Grandstand dan General Admission.

Untuk VIP Hospitality Suites dibagi dalam dua kategori yaitu kategori Premiere Class dan Deluxe Class. Untuk kategori Premiere Class, harga tiket dibandrol seharga Rp15 juta. Sedangkan untuk Deluxe Class dibandrol seharga Rp10 juta. Masing-masing sudah masuk dalam 3 hari.

Untuk Grandstand and General Admission dibagi dalam tiga ketegori. Untuk General Admission harga mencapai Rp805 ribu dalam paket tiga hari. Untuk Premium Grandstand dibagi dalam dua bagian harga, ada Rp2,7 juta dan Rp2,3 juta.

Selain itu, ITDC juga telah membagi paket ticketing MotoGP sesuai dengan jumlah hari menonton selama event. Untuk day 1 di General Admission harga mencapai Rp115 ribu dan termahal Rp575 ribu.

Untuk Premium Grandstand untuk day 1 termurah mencapai Rp373 ribu dan termahal Rp1,7 juta. Sedangkan untuk Standard Grandstand termurah paket day 1 mencapai Rp230 ribu dan termahal mencapai Rp1,1 juta.

Sebagaimana dijetahui, untuk kategori general admission atau festival diperuntukkan bagi warga lokal NTB sebanyak 10.000 tiket. Untuk hari kedua harganya Rp110 ribu dan hari ketiga Rp160 ribu. Sementara untuk paket hari kedua dan ketiga harganya sebesar Rp245 ribu. Harga tiket kelas festival tersebut setelah adanya diskon sebesar 80 persen untuk warga lokal NTB. Sebanyak 10.000 tiket untuk warga lokal ini telah habis terjual.

Baca Juga: Rider Lain Konvoi, Fabio Quartararo dan Remy Gardner Santai di Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya