MGPA Pastikan Sirkuit Mandalika Siap untuk Balapan MotoGP 

Steril dari keberadaan hewan-hewan liar 

Lombok Tengah, IDN Times - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memastikan Sirkuit Mandalika sudah siap untuk penyelenggaraan balapan MotoGP pada 13-15 Oktober 2023. Termasuk keamanan sirkuit selama balapan berlangsung dari hewan-hewan liar di wilayah Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Untuk mencegah hewan liar kita selalu ada satgas internal mengumpulkan hewan liar. Supaya tidak menyeberang saat balapan," kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria di Mandalika, Kamis (12/10/2023).

Pihak penyelenggara sudah memperoleh informasi sebanyak 22 pembalap MotoGP sudah tiba di Lombok. Termasuk pula para pembalap Moto2 dan Moto3. 

1. Semua pembalap sudah tiba di Lombok

MGPA Pastikan Sirkuit Mandalika Siap untuk Balapan MotoGP Pembalap Repsol Honda Marc Marquez. (motogp.com)

Priandhi mengatakan, sebanyak 22 pembalap MotoGP sudah tiba di Mandalika. Begitu juga pembalap untuk kelas Moto2 dan Moto3. Terkait adanya pembalap yang kemungkinan absen ikut balapan, ia mengaku belum memperoleh pemberitahuan dari Dorna. 

Terutama bagi para pembalap yang belum pulih dari cedera. 

"Karena mereka (Dorna) tidak ngasi tahu kita. Semua pembalap sudah datang karena besok sudah mulai kualifikasi. Tidak mungkin mereka tidak mengikuti sesi kualifikasi," terang Priandhi.

Baca Juga: Pembalap MotoGP Tanam Terumbu Karang dan Bersihkan Pantai Mandalika 

2. Optimis dapat homologasi grade A

MGPA Pastikan Sirkuit Mandalika Siap untuk Balapan MotoGP Direktur Utama MGPA Priandhi Satria. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Lebih lanjut, Priandhi mengungkapkan,  Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional (FIM) pun yang menggelar inspeksi atau track inspection di Sirkuit Mandalika. Menurutnya, inspeksi dilakukan FIM dalam rangka homologasi sirkuit ini. 

Ia optimis, Sirkuit Mandalika mendapatkan homologasi Grade A dari FIM. 

"Insya Allah dapat homologasi Grade A untuk dapat melaksanakan ajang balap MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023," ucapnya.

3. Merapikan cat yang terkelupas

MGPA Pastikan Sirkuit Mandalika Siap untuk Balapan MotoGP Anjing liar di Bukit Pantai Seger, KEK Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara ini, para pembalap MotoGP, Moto2 dan Moto3 melakukan track familiarization di Sirkuit Mandalika. Pembalap mengelilingi sirkuit berjalan kaki untuk menghafal tikungan, melihat potensi di mana mereka bisa mengembangkan kecepatan.

Berdasarkan komentar para pembalap, Sirkuit Mandalika jauh lebih bersih dibandingkan sebelumnya. Namun, ada sedikit cat yang terkelupas sedang dirapikan.

"Hari ini kita masih merapikan, cat yang terkelupas dirapikan. Prinsipnya, sirkuit sudah siap untuk balapan besok sampai hari minggu," papar Priandhi.

Baca Juga: Cuaca Panas di Mandalika, Ini Permintaan Dorna dan FIM ke MGPA!

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya