Ingin Nonton di Tribune, Warga Harap Tiket MotoGP Lebih Murah     

Warga senang meski menonton dari luar sirkuit

Lombok Tengah, IDN Times - Warga Lombok berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah membangun Sirkuit Mandalika di Desa Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Sehingga mulai tahun 2022, event balap motor bergengsi di dunia MotoGP dilaksanakan di Lombok.

Masyarakat mengaku bangga dapat melihat secara langsung gelaran event tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Meskipun hanya bisa menonton dari balik pagar sirkuit dan bukit-bukit yang ada di daerah sekitar.

Dalam gelaran MotoGP, 18 - 20 Maret mendatang, warga Lombok berharap harga tiket MotoGP diturunkan atau lebih murah dan terjangkau. Sehingga warga dapat menyaksikan balapan MotoGP dari dalam sirkuit.

2. Bangga meskipun menonton dari luar sirkuit

Ingin Nonton di Tribune, Warga Harap Tiket MotoGP Lebih Murah     Warga Lombok antusias menonton tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika meskipun dari balik tembok pagar sirkuit (IDN Times/,Muhammad Nasir)

Salah seorang warga Desa Mertak Kecamatan Pujut Lombok Tengah, Artoni (41) mengaku bangga gelaran MotoGP dapat disaksikan secara langsung meskipun dari balik tembok pagar Sirkuit Mandalika.

"Kita sangat berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi. Karena satu-satunya ada MotoGP di Lombok Tengah khususnya di Mandalika. Sangat luar biasa, kita bangga sekali," ungkap Artoni saat menonton tes pramusim MotoGP hari pertama dari balik tembok pagar Sirkuit Mandalika, Jumat sore (11/2/2022).

Ia bersama warga lain di sekitar kawasan Mandalika berharap dapat menonton langsung gelaran MotoGP pada 18 - 20 Maret mendatang. Untuk itu, ia meminta agar harga tiket MotoGP agar bisa diturunkan. Lebih bagus lagi jika masyarakat lokal yang berada di kawasan Mandalika diberikan tiket nonton gratis.

Penggemar pembalap MotoGP dari Tim Repsol Honda Marc Marquez ini mengatakan antusiasme masyarakat cukup tinggi menyaksikan tes pramusim MotoGP. "Antusiasme masyarakat luar biasa. Bahkan sampai naik ke bukit-bukit. Apalagi besok ketika ajang MotoGP berlangsung," kata Artoni.

Baca Juga: Pesawat Drone pun Tak akan Bisa Berfungsi di Sirkuit Mandalika 

2. Warga Lombok berharap harga tiket MotoGP terjangkau

Ingin Nonton di Tribune, Warga Harap Tiket MotoGP Lebih Murah     Pembalap keluar dari paddock untuk menggelar sesi tes pramusim di Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Salah seorang warga Banyumulek Lombok Barat Mistan Hadi (40) juga mengungkapkan harapan yang sama. Ia berharap dapat menyaksikan secara langsung balapan MotoGP pada Maret mendatang dari dalam sirkuit.

Kita warga Lombok berharap dikasih diskon. Supaya kita bisa nonton langsung ke dalam sirkuit. Kita berharap dapat harga tijet yang murah dan terjangkau sama kita. Paling tidak Rp200 ribuan. Jangan sampai Rp500 ribu sampai satu jutaan," harapnya.

4. Warga Lombok Timur sedih tapi bangga

Ingin Nonton di Tribune, Warga Harap Tiket MotoGP Lebih Murah     Warga antusias menonton tes pramusim MotoGP dari balik tembok pagar Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Bukan hanya warga Lombok Tengah dan Lombok Barat yang sengaja datang untuk menyaksikan gelaran tes pramusim MotoGP 2022 meskipun harus dari luar area sirkuit. Salah satunya, warga asal Lombok Timur Rini Artika Ningrum.

"Kebetulan mau ke Mandalika ke pantainya, sekalian aja ke sini nonton tes pramusim sebelum event besarnya naanti, " kata Rini.

Meskipun hanya tes pramusim, warga ingin menonton lebih dekat dari dalam sirkuit. Namun, event tes pramusim MotoGP 2022 digelar tanpa penonton. Hanya ada undangan untuk pejabat dan pihak terkait.

"Senang bisa nonton, tapi ada sedihnya juga karena nonton dari luar. Kenapa masyarakat tidak dibiarkan masuk, karena di dalam itu ada pembatasnya. Ini juga baru event pramusim," keluhnya.

Meskipun demikian Rini mengaku bangga dengan adanya gelaran MotoGP di Lombok. Hal tersebut akan semakin membuat Lombok dikenal di dunia internasional. Bukan hanya sirkuitnya tetapi tempat-tempat wisata dan destinasi lainya.

"Bangga pastinya bangga, khusus NTB ini dikenal dengan adanya event MotoGP ini," kata Rini.

Presiden Jokowi telah mengizinkan jumlah penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika sebanyak 100 ribu orang. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah mulai menjual tiket MotoGP sejak akhir pekan pertama Januari 2022. Setiap hari disediakan 62.000 tiket lebih yang dijual lewat berbagai platform digital.

Secara online, tiket MotoGP dapat dibeli untuk seluruh kategori yakni VIP Hospitality Suites Deluxe Class, Premium Grandstand, Standard Grandstand dan General Admission. Sedangkan melalui offline, tiket yang dapat dibeli adalah kategori Standard Grandstand dan General Admission baik untuk tiket harian maupun weekend pass.

Tiket MotoGP dijual dalam berbagai bentuk dan range harga, sehingga calon penonton dapat memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Kategori General Admission, Standard Grandstand, dan Premium Grandstand, dijual dalam bentuk tiket harian dan paket weekend pass yang berlaku untuk Sabtu dan Minggu.

Tiket harian, terdiri dari tiket hari pertama (18 Maret) pada harga Rp 115.000 – Rp 431.250, tiket hari kedua (19 Maret) pada harga Rp 287.500 – Rp 1.150.000, dan tiket race day (20 Maret) pada harga Rp 575.000 – Rp 1.725.000. Paket weekend pass tersedia dengan harga Rp 805.000 – Rp 2.587.000. Sementara kategori VIP Hospitality Suites Deluxe Class, tersedia tiket 3 days pass yang dijual dengan harga Rp 10.000.000 (berlaku untuk menonton selama tiga hari).

Baca Juga: Simulasi, Penyanderaan Kapal Logistik MotoGP Berhasil Dibebaskan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya