Infront Pilih Eks Bandara Selaparang Jadi Sirkuit MXGP Lombok 2023

Tim Infront akan datang ke Lombok pada Desember mendatang

Mataram, IDN Times - Penyelenggara kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP), Infront Moto Racing lebih memilih eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi lokasi sirkuit MXGP Lombok 2023. Tim Infront Moto Racing dari Prancis rencananya akan datang ke Lombok pada Desember mendatang untuk melihat venue termasuk mendesain sirkuit MXGP Lombok.

Infront Moto Racing telah mengumumkan kalender balap tahun 2023. Infront memastikan gelaran MXGP 2023 akan berlangsung dua seri di Indonesia, yaitu Lombok dan Samota Kabupaten Sumbawa. Untuk gelaran MXGP Indonesia di Sirkuit Samota Sumbawa akan digelar pada 25 Juni dan Lombok pada 2 Juli 2023.

"InsyaAllah di eks Bandara Selaparang. Sekarang kita lagi bernegosiasi, bagaimana kerja samanya," kata CEO PT. Samota Enduro Gemilang (SEG), Muhammad Ihsan Zulkieflimansyah di Mataram, Jumat (4/11/2022).

1. Tim Infront dari Prancis datang ke Lombok pada Desember

Infront Pilih Eks Bandara Selaparang Jadi Sirkuit MXGP Lombok 2023Eks Bandara Selaparang Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ihsan mengungkapkan pihaknya sudah mengirim informasi dan foto-foto tentang eks Bandara Selaparang yang akan menjadi venue MXGP Lombok 2023. Karena lokasinya yang dekat dengan sarana dan prasarana akomodasi pariwisata serta akses penonton cukup mudah sehingga Tim Infront memilih eks Bandara Selaparang menjadi Sirkuit MXGP Lombok 2023.

Ihsan mengungkapkan dirinya telah berkomunikasi dengan Tim Infront semiggu lalu. Tim Infront akan datang ke Lombok pada bulan Desember untuk memfinalisasi lokasi venue MXGP Lombok di eks Bandara Saparang.

"Mereka ke sini untuk itu (desain sirkuit). Mereka membawa tim, track masternya, desainer untuk melihat venue untuk bagaimana mereka bisa membuat sirkuit menyesuaikan dengan lahan yang ada. Tapi sejauh ini, dengan informasi foto-foto yang kita kirimkan ke Infront, semuanya dengan pertimbangan yang benar-benar tim internasional memilih di eks Bandara Selaparang," ungkap putra Gubernur NTB, Zulkieflimansyah ini.

Baca Juga: Lombok dan Sumbawa Resmi Masuk Kalender Balap MXGP 2023 

2. Pembangunan Sirkuit MXGP Lombok di luar landasan pacu eks Bandara Selaparang

Infront Pilih Eks Bandara Selaparang Jadi Sirkuit MXGP Lombok 2023CEO PT Samota Enduro Gemilang, Muhammad Ihsan Zulkieflimansyah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ihsan mengungkapkan beberapa alasan Infront memilih eks Bandara Selaparang menjadi venue MXGP 2023. Antara lain, akses yang mudah, sarana akomodasi seperti hotel yang banyak serta sinyal telekomunikasi.

Ia memastikan pembangunan Sirkuit MXGP Lombok di Eks Bandara Selaparang Kota Mataram tidak akan sampai membongkar landasan pacu yang ada. Pembangunan sirkuit dilakukan di luar landasan pacu eks Bandara Selaparang.

"Bandara Selaparang banyak juga digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti konser, latihan penerbangan dan lain-lain. Kita juga gak mau mengganggu itu semua. Cuma untuk dibikin sirkuit di situ bisa. Dibangun di luar aspal landasan pacu," katanya.

3. Target jumlah penonton 40 ribu orang

Infront Pilih Eks Bandara Selaparang Jadi Sirkuit MXGP Lombok 2023Penonton memadati tribun VIP menyaksikan balapan MXGP Samota, Minggu (26/6/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dalam perhelatan MXGP 2023, SEG menargetkan jumlah penonton mencapai 30.000 - 40.000 orang. Baik untuk gelaran MXGP Samota di Sumbawa maupun MXGP Lombok di Eks Bandara Selaparang Kota Mataram.

"Kemarin saja di Sumbawa kita melakukan event yang minim promosi dengan waktu yang mepet, tapi warga lokal Sumbawa sangat antusias," tandasnya.

Sebelumnya, Infront Moto Racing telah mengumumkan PT. Samota Endurance Gemilang (SEG) akan menjadi penyelenggara baru dari dua seri MXGP yang akan diadakan di Indonesia selama 5 tahun ke depan. Kesepakatan baru ini akan membuat dua seri MXGP di Indonesia menjadi lebih menarik bagi penggemar.

Para penggemar dapat menikmati Kejuaraan FIM Motocross World Championship di daerah sendiri serta mendapat kesempatan untuk bertemu jagoan balap mereka. SEG sendiri telah terlibat dalam penyelenggaraan MXGP Indonesia tahun 2022 di Samota, Sumbawa.

Event tersebut sukses besar berkat trek luar biasa yang khusus dibangun untuk acara tersebut. MXGP Samota sangat dinikmati oleh para pebalap serta mendapat banyak dukungan baik dari pemerintah setempat, maupun komunitas penggemar Motocross yang bersemangat datang untuk menonton balapan.

Lokasi yang telah ditentukan untuk MXGP Indonesia mendatang antara lain Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Dua lokasi tersebut merupakan dua destinasi yang sangat menggairahkan untuk olahraga motor. Infront Moto Racing dengan senang hati memulai kerja sama dengan SEG dan menumbuhkan popularitas motorcross di Indonesia.

Baca Juga: Tambang Emas Raksasa di NTB Direncanakan Eksploitasi Tahun 2030 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya