Comscore Tracker

Hormati Pahlawan Devisa, NTB Siapkan 'Lounge' TKI di Bandara Lombok 

Tahun 2021, TKI NTB sumbang devisa Rp1,02 triliun

Mataram, IDN Times - Mulai 14 Desember mendatang, Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) berkolaborasi dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) akan menyiapkan lounge khusus bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Bandara Internasional Lombok. Lounge khusus disiapkan karena TKI merupakan pahlawan devisa yang menggerakkan perekonomian daerah dan negara.

"Kita memposisikan PMI (pekerja migran Indonesia) ini sebagai pahlawan devisa. Sehingga kita harus memberikan pelayanan maksimal ketika pulang ada tempat untuk sekedar minum, atau untuk berangkat kita antarkan makanan. Kita akan siapkan lounge di bandara, karena mereka ini berjasa," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi di Mataram, Kamis (8/12/2022).

1. TKI berkontribusi bagi bangsa

Hormati Pahlawan Devisa, NTB Siapkan 'Lounge' TKI di Bandara Lombok Kepala Disnakertrans Provinsi NTB I Gede Putu Aryadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Aryadi mengatakan para TKI saat keberangkatan maupun kepulangan dapat memanfaatkan lounge khusus yang disiapkan di Bandara Internasional Lombok. Dengan adanya lounge khusus TKI ini juga akan mempermudah petugas mengecek pemberangkatan secara prosedural.

Sebagai pahlawan devisa, TKI harus diperlakukan secara baik. Karena mereka berkontribusi terhadap bangsa dalam bentuk devisa negara berupa remitansi dari luar negeri. "Jadi anti di bandara ada ruang tunggu khusus bagi PMI. Ada layanan untuk makan dan minumnya," terang Aryadi.

Baca Juga: Surplus Ratusan Ribu Ton, NTB Tolak Impor Beras

2. Peluncuran bersamaan dengan pemberangkatan 100 TKI NTB

Hormati Pahlawan Devisa, NTB Siapkan 'Lounge' TKI di Bandara Lombok Pelepasan pemberangkatan 150 Calon TKI NTB ke Malaysia yang tertunda hampir 3 tahun akibat pandemik Covid-19. (Dok. Disnakertrans NTB)

Peluncuran lounge khusus bagi TKI NTB itu dilaksanakan pada 14 Desember bersamaan dengan pemberangkatan TKI sebanyak 100 orang. Diharapkan, keberadaan lounge khusus TKI ini membuat para pahlawan devisa semakin nyaman baik saat keberangkatan maupun kepulangan di Bandara Internasional Lombok.

"Ada lounge khusus PMI. Seperti ruangan tunggu tapi ada layanan untuk makan dan minumnya," terang Aryadi.

3. Tahun 2021, TKI NTB sumbang devisa Rp1,02 triliun

Hormati Pahlawan Devisa, NTB Siapkan 'Lounge' TKI di Bandara Lombok ilustrasi uang tunai baru (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

TKI NTB turut berkontribusi dalam menyumbang devisa negara. Selama empat bulan, sejak Januari hingga April 2022, TKI NTB telah menyumbang devisa negara dari remitansi atau kiriman uang dari luar negeri sebesar Rp264,5 miliar lebih. Remitansi TKI NTB yang terbesar berasal dari Arab Saudi.

Pada 2021, TKI NTB menyumbang devisa negara dari remitansi sebesar Rp1,02 triliun. Selama empat bulan, BPS NTB mencatat kiriman uang TKI NTB melalui perbankan sebesar Rp100,8 miliar, sedangkan lewat PT. Pos Indonesia sebesar Rp163,7 miliar lebih.

Pada triwulan I 2022, remitansi TKI NTB yang dikirim lewat perbankan sebesar Rp72,16 miliar dan triwulan II sampai April sebesar Rp28,63 miliar. Sedangkan remitansi yang dikirim lewat PT. Pos Indonesia pada triwulan I sebesar Rp84,53 miliar dan triwulan II sampai April sebesar Rp79,17 miliar.

Total remitansi TKI NTB pada triwulan I sebesar Rp156,7 miliar. Sedangkan pada triwulan II sampai April sebesar Rp107,8 miliar. Sehingga total remitansi TKI NTB sejak Januari sampai April 2022 sebesar Rp264,5 miliar.

Baca Juga: Harga Beras di Lombok Naik, Pedagang: Pembeli Sepi! 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya