Guru Besar FH UI Prof Erman Rajagukguk Tutup Usia di Lombok

Pesan sebelum wafat, ingin dimakamkan di Lombok

Mataram, IDN Times - Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) Profesor Erman Rajagukguk, S.H., LL.M., Ph.D., tutup usia di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mantan Guru Besar Fakultas Hukum (FH) Universitas Mataram (Unram) ini wafat di RSUD Kota Mataram, Selasa (23/8/2022) pukul 22.31 Wita.

"Beliau dosen dan peneliti. Beliau guru besar FH UI. Di Unram, beliau banyak mengajar mata kuliah filsafat. Beliau guru besar di FH Unram. Kebetulan dosen S3 saya juga pada tahun 2014," kata Ketua Ikatan Notaris Indonesia Provinsi NTB, Dr. Hamzan Wahyudi, S.H., M.H., dikonfirmasi IDN Times, Rabu (24/8/2022).

1. Sebelum wafat, minta dimakamkan di Lombok

Guru Besar FH UI Prof Erman Rajagukguk Tutup Usia di LombokIlustrasi warga berdoa di makam keluarganya saat melakukan ziarah kubur di pemakaman. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Erman Rajagukguk lahir di Padang 1 Juni 1946. Istrinya berasal dari Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Saat mengajar, kata Hamzan, almarhum sering berguyon bahwa  dia sangat senang dan bahagia di Lombok.

Hamzan juga mengungkapkan ketika mengajar mahasiswa, Erman Rajagukguk, menceritakan bahwa dia telah berpesan kepada anak-anaknya apabila meninggal dunia supaya dimakamkan di Lombok.

"Saya sudah kasih tahu anak-anak saya kalau meninggal harus dimakamkan di Lombok. Itu beliau sampaikan saat mengajar," tutur Hamzan mengutip perkataan Prof Erman.

Baca Juga: Harga Tiket Mahal, NTB Tak Sanggup Subsidi Maskapai Penerbangan 

2. Berjasa bagi mahasiswa

Guru Besar FH UI Prof Erman Rajagukguk Tutup Usia di Lombokkampuscenter

Hamzan mengungkapkan dari pemaparan Erman Rajagukguk, mahasiswa menjadi tahu arah program S3 FH Unram. Menurut Hamzan, Prof Erman banyak membantu sehingga program S3 Unram kini banyak diminati oleh akademisi maupun praktisi. 

"Tapi beliau sampaikan dengan lugas berdasarkan pengalaman beliau. Karena beliau juga guru besar FH UI. Sudah malang melintang jadi akademisi," ungkapnya.

3. Aktif berikan ceramah agama

Guru Besar FH UI Prof Erman Rajagukguk Tutup Usia di LombokProf Erman Rajagukguk (kiri) saat launching bukunya. (Foto: Pascasarjana hukum UII)

Selain menjadi dosen, Erman Rajagukguk juga aktif memberikan ceramah agama di masjid-masjid. Sehingga ia sangat dekat dengan masyarakat, terutama di Kopang Lombok Tengah.

"Karena beliau sering memberikan tausyiah dan ceramah agama, orang mungkin menganggap beliau nonmuslim jika melihat nama. Karena itu memang marganya. Tapi beliau itu muslim sejati," kata Hamzan mengenang Prof Erman Rajagukguk semasa hidupnya.

Prof Erman Rajagukguk akan dimakamkan pada Selasa (24/8/2022) di Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Waspada! Angin Kencang Melanda Wilayah NTB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya