Gubernur NTB Bawa Tanah Tambora dan Air Narmada ke IKN Nusantara 

Bang Zul: air narmada akan membuat awet muda

Mataram, IDN Times - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022). Gubernur membawa tanah dari Gunung Tambora dan Air Narmada yang mempunyai slogan air awet muda.

Kedatangan Gubernur NTB Zulkieflimansyah ke Kalimantan Timur dalam rangka menghadiri undangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang akan menggelar acara bersama Gubernur se-Indonesia di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (14/3/2022).

1. Gubernur bawa tanah Tambora dan air Narmada

Gubernur NTB Bawa Tanah Tambora dan Air Narmada  ke IKN Nusantara instagram.com/btn_tambora

Masing-masing Gubernur diminta membawa air dan tanah dari daerahnya. Air dan tanah yang dibawa para gubernur tersebut akan digabung di satu kendi khusus yaitu Kendi Nusantara.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah sendiri membawa Tanah Tambora dan Air Narmada. "Kami membawa tanah dari Tambora, sejarah besar menggetarkan dunia dan air yang kami bawa dari Narmada, akan membuat awet muda,” kata Zulkieflimansyah di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022).

Tambora terkenal dengan letusannya yang dahsyat. Gunung Tambora membuat tahun-tahun berjalan tanpa musim panas pada 1815. Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa ini memuntahkan sekitar 120 juta ton belerang dioksida sejauh empat kilometer ke langit. Akibat letusan Gunung Tambora, bumi diselimuti dingin. Bahkan, fenomena itu menjadi salah satu cuaca terdingin dunia dalam sejarah.

Sedangkan Air Narmada dapat dijumpai di Bale Petirtaan Taman Narmada Lombok Barat. Mata airnya berasal dari Gunung Rinjani dan menjadi tempat pertemuan tiga sumber air yaitu Narmada, Lingsar dan Suranadi. Jika meminum air dari Bale Petirtaan ini dipercaya bisa membuat awet muda. Karena itulah, Taman Narmada terkenal dengan sebutan Taman Air Awet Muda.

Baca Juga: Diskon 80 Persen, Tiket MotoGP Paket Weekend Festival Ludes Terjual 

2. Harapkan pembangunan IKN Nusantara lancar

Gubernur NTB Bawa Tanah Tambora dan Air Narmada  ke IKN Nusantara Presiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Gubernur NTB Zulkieflimansyah tiba bersamaan dengan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat. Keduanya mendarat di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan tepat pukul 12.16 WITA.

Sebelum meninggalkan Bandara Sepinggan Balikpapan, orang nomor satu di NTB ini berharap pembangunan IKN berjalan lancar. "Mudahan lancar (pembangunan IKN). Semua yang tinggal di Ibu Kota Negara semua masuk surga," ujarnya.

3. Masyarakat Kalimantan Timur tanyakan event MotoGP

Gubernur NTB Bawa Tanah Tambora dan Air Narmada  ke IKN Nusantara Proses pemasangan patung Jokowi di Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Gubernur yang biasa disapa Bang Zul ini mengaku senang tiba di Kalimantan Timur. Karena setiap bertemu orang di Kalimantan Timur, banyak yang menanyakan tentang event MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 18 hingga 20 Maret mendatang.

Sebelum bertolak ke Kalimantan Timur, Bang Zul menghadiri pemasangan patung "Speed" Jokowi di depan Sirkuit Mandalika. Ia mengatakan bahwa patung "Speed" Jokowi menjadi ornamen yang akan banyak dikunjungi masyarakat untuk berfoto.

Patung "Speed" Jokowi tersebut merupakan karya seniman patung ternama, Nyoman Nuarta. Bang Zul juga mengungkapkan bahwa ornamen patung "Speed" Presiden Jokowi menggambarkan suatu inspirasi. Presiden Jokowi yang kerjanya cepat dapat dijadikan inspirasi.

Baca Juga: Catat! Rute dan Jam Operasional Angkutan Gratis untuk Penonton MotoGP 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya