Gasman Gagal Maju Pilgub NTB, Sukiman Azmy Dukung Iqbal-Dinda

Sukiman beberkan alasan dukung Iqbal-Dinda

Mataram, IDN Times - Usai gagal maju dalam kontestasi Pilgub NTB 2024, Eks Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy menyatakan dukungan kepada pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Lalu Muhamad Iqbal - Indah Dhamayanti Putri alias Iqbal-Dinda.

Sebelumnya, Sukiman telah mendeklarasikan diri maju sebagai bakal Cawagub NTB mendampingi Sekda NTB Lalu Gita Ariadi sebagai bakal Cagub NTB 2024-2029. Namun pasangan yang dikenal dengan sebutan Gasman ini gagal maju lantaran tidak mengantongi dukungan partai politik. Dukungan partai politik telah diborong pasangan Iqbal-Dinda sebanyak 10 partai pengusung.

1. Siap memenangkan pasangan Iqbal-Dinda

Gasman Gagal Maju Pilgub NTB, Sukiman Azmy Dukung Iqbal-DindaPasangan Iqbal-Dinda saat mendaftar ke KPU NTB, Kamis (29/8/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pernyataan dukungan itu diungkapkan langsung oleh Sukiman Azmy pada pertemuan khusus dengan Cagub NTB Lalu Muhamad Iqbal di Ponpes Buak Ate Kembang Mate, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur pada Rabu (4/9/2024).

"Kita siap ikhtiar bersama memenangkan pasangan Iqbal-Dinda," kata Sukiman.

Sukiman menyampaikan kekagumannya kepada Lalu Iqbal atas kesungguhan niatnya berjuang membangun NTB. Atas dasar itu, ia dan sejumlah relawan yang menghadiri pertemuan itu percaya, Eks Duta Besar RI untuk Turki tersebut mampu membangun NTB lebih baik, dengan sejumlah program yang telah disusun rapi.

Bupati Lombok Timur dua periode itu juga menitipkan harapan besar kepada Iqbal agar memberi perhatian khusus kepada dunia pendidikan, pondok pesantren, terutama anak yatim piatu.

"Berilah perhatian kepada kami (pondok pesantren) agar masa depan anak yatim terjamin," harapnya.

Baca Juga: Pj Gubernur NTB Usulkan 15 Pejabat Jadi Calon Pjs Lima Kepala Daerah

2. Lalu Iqbal merasa tersanjung

Gasman Gagal Maju Pilgub NTB, Sukiman Azmy Dukung Iqbal-DindaPasangan Iqbal-Dinda saat mendaftar ke KPU NTB, Kamis (29/8/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara, Cagub NTB Lalu Muhamad Iqbal menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Sukiman Azmy kepada dirinya. Menurutnya, apa yang ditunjukkan Sukiman Azmy dianggap sebagai sikap politik positif yang dipertontonkan oleh politisi senior.

"Kami merasa tersanjung, ini adalah sikap politik positif yang ditunjukkan oleh ayah kita (Sukiman Azmy)," kata Iqbal.

Pada kesempatan itu, Iqbal menjelaskan alasannya pulang kampung dan maju dalam kontestasi Pilgub NTB 2024. Ia menjelsskan bahwa hal itu bukan keinginan yang muncul karena ada kesempatan.

Namun, kata dia, pulang kampung merupakan hajat dan cita-cita besar yang telah lama dipendam.

"Saya ingin membangun kampung halaman saya (NTB). Itulah hajat saya selama 28 tahun berkarier," jelasnya.

3. Iqbal singgung penyebab NTB masuk 10 provinsi termiskin

Gasman Gagal Maju Pilgub NTB, Sukiman Azmy Dukung Iqbal-DindaCagub NTB Lalu Muhamad Iqbal. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Terkait pembangunan daerah, Iqbal menilai ada tata kelola yang salah dengan Provinsi NTB. Karena seluruh persyaratan yang dibutuhkan NTB untuk menjadi daerah maju sudah ada, mulai dari sumber daya manusia (SDM) hingga sumber daya alam (SDA).

"Kita butuh tata kelola yang baik supaya kita tidak terus-terusan terjebak di 10 provinsi termiskin di Indonesia. Semoga niat baik kita diijabah oleh Allah agar kita bisa mengubah tata kelola NTB," harapnya.

Dengan bergabungnya tim Sukiman Azmy, kata Iqbal, maka kekuatan pasangan Iqbal-Dinda makin besar. Pasangan Iqbal-Dinda diusung 10 parpol yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, PPP, PAN, PBB, Hanura, Gelora, PSI, Partai Garuda dan Partai Prima.

Baca Juga: Dua Mahasiswa Unram Diperiksa Polda NTB Buntut Demo Kawal Putusan MK

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya