Fiqri, Siswa MAN 2 Mataram Terpilih Ikuti Olimpiade Internasional 

Jadi peserta pembinaan olimpiade internasional di Jepang

Mataram, IDN Times - Satu siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) atas nama Ahmad Amartia Nurfiqri disiapkan untuk mengikuti olimpiade internasional tahun 2023. Fiqri terpilih sebagai salah satu peserta pembinaan Olimpiade Internasional yang akan dilaksanakan di Tokyo, Jepang.

Berdasarkan Keputusan Nomor 0147/J3/PN.00/2023, Fiqri bersama 34 siswa dari sekolah atau madrasah bonafide Tanah Air terpilih menjadi peserta dalam pembinaan olimpiade internasional.

1. Satu-satunya perwakilan dari NTB

Fiqri, Siswa MAN 2 Mataram Terpilih Ikuti Olimpiade Internasional MAN 2 Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Humas MAN 2 Mataram, Siti Rahmi yang dikonfirmasi, Selasa (14/2/2023) mengatakan Fiqri merupakan satu-satunya perwakilan dari madrasah maupun sekolah umum asal NTB. Event ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia.

Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi pengembangan prestasi peserta didik khususnya dalam bidang sains, riset, teknologi dan inovasi. Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek akan berpartisipasi dalam sembilan ajang talenta internasional bidang sains tahun 2023.

Kesembilan bidang itu adalah International Biology Olympiad (IBO), International Chemistry Olympiad (IchO), International Earth Science Olympiad (IGeO), International Mathematical Olympiad (IMO), International Olympiad in Informatics (IOI), International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA), International Phisycs Olympiad (IPhO), International Economics Olympiad (IEO) dan International Geography Olympiad (IGO).
Ajang talenta international bidang sains merupakan kegiatan tahunan yang mewadahi kompetensi para pelajar SMA/MA sederajat dalam bidang Sains.

Selanjutnya, Pusat Prestasi Nasional akan mengirimkan delegasi Indonesia pada ajang International Physics Olympiad (IPhO) yang dilaksanakan di Tokyo, Jepang pada 9-17 Juli 2023. Namun, kata Rahmi, Pusat Prestasi Nasional terlebih dahulu akan mengadakan pembinaan tahap I pada International Physics Olympiad tahun 2023 yang akan dilaksanakan secara daring pada 13-26 Februari 2023.

Baca Juga: 8 Alumni MAN 2 Mataram yang Kuliah di Turki Selamat saat Gempa

2. Berkali-kali harumkan nama NTB

Fiqri, Siswa MAN 2 Mataram Terpilih Ikuti Olimpiade Internasional Humas MAN 2 Mataram Siti Rahmi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Rahmi mengungkapkan Fiqri merupakan siswa MAN 2 Mataram yang telah berkali-kali mengharumkan nama Provinsi NTB dalam berbagai ajang olimpiade nasional. Fiqri merupakan satu-satunya wakil madrasah yang bertarung di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar Kemendikbudristek tahun 2022 dan berhasil meraih medali perunggu.

Fiqri juga merupakan satu-satunya penyumbang medali OSN tingkat nasional untuk NTB. Di tahun yang sama, Fiqri kembali mewakili NTB dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan berhasil membawa pulang medali perak serta uang jutaan rupiah.

Pada olimpiade yang diadakan oleh Universitas Brawijaya, Fiqri berhasil meraih medali emas. Demikian juga ketika Fiqri mengikuti ajang KOSSMI (Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia) ia berhasil meraih medali emas menyumbang untuk NTB.

3. Diharapkan terpilih menjadi delegasi Indonesia

Fiqri, Siswa MAN 2 Mataram Terpilih Ikuti Olimpiade Internasional 

Rahmi menjelaskan OSN diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek bertujuan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik. Serta memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains.

Tujuan lainnya untuk memberikan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional. Kepala MAN 2 Mataram Lalu Syauki mengaku bangga Fikri menjadi salah satu peserta yang ikut pembinaan olimpiade internasional. Ia berharap, Fiqri terpilih menjadi delegasi Indonesia pada olimpiade internasional di Jepang pada Juli mendatang.

Baca Juga: Tiga Sekolah Terbaik di NTB, Kepala Sekolah Beberkan Rahasianya! 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya