Comscore Tracker

Dibangun Tahun Ini, Investor Kereta Gantung Rinjani Garap Amdal

Akan jadi kereta gantung terpanjang di dunia

Mataram, IDN Times - Rencana pembangunan proyek kereta gantung Rinjani mulai menemukan titik terang setelah dua tahun pandemik Covid-19. Investor asal China yang menggandeng PT. Indonesia Lombok Resort (ILR) sudah datang ke Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi NTB dua pekan lalu.

Kepala DPMPTSP NTB Mohammad Rum mengatakan investor mulai menggarap Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) proyek kereta gantung Rinjani. Ditargetkan pada tahun 2022 ini, konstruksi kereta gantung Rinjani sudah mulai dilakukan.

1. Investor susun Amdal

Dibangun Tahun Ini, Investor Kereta Gantung Rinjani Garap AmdalKepala DPMPTSP NTB Mohammad Rum (IDN Times/Muhammad Nasir)

Rum menjelaskan salah satu tahapan yang dilalui sebelum masuk tahap konstruksi adalah penyusunan Amdal. Sehingga, saat ini investor mulai menyusun Amdalnya.

"Proyek kereta gantung Rinjani sekarang mulai jalan. Dia (investor) lagi menyusun Amdalnya. Ownernya sudah datang dari Tiongkok dua minggu lalu ketemu saya," ungkap Rum dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Kamis (21/4/2022).

Baca Juga: AirAsia Akan Buka Rute Penerbangan Lombok - Australia

2. Penyusunan Amdal butuh waktu tiga bulan

Dibangun Tahun Ini, Investor Kereta Gantung Rinjani Garap AmdalSkema amdal dan partisipasi warga. Sumber media.neliti.com

Dijelaskan penyusunan kajian Amdal proyek kereta gantung Rinjani sedikitnya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. Setelah Amdal rampung, maka akan masuk pada tahap konstruksi atau pembangunan kereta gantung yang diklaim terpanjang di dunia tersebut.

"Untuk penyusunan Amdal paling tiga bulan selesai. Tahun ini ditargetkan mulai konstruksi," ujar Rum.

3. Investor telah setor uang jaminan investasi Rp5 miliar

Dibangun Tahun Ini, Investor Kereta Gantung Rinjani Garap AmdalIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Sebagai bentuk keseriusan investor asal China yang akan membangun kereta gantung sepanjang 9 km tersebut, mereka telah menyerahkan uang jaminan investasi kepada Pemda NTB sebesar Rp5 miliar.

Proyek kereta gantung akan dibangun di kawasan Gunung Rinjani yang berlokasi di Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah Provinsi NTB. Rencana pembangunan kereta gantung di sekitar kawasan Gunung Rinjani ini diklaim merupakan terpanjang di dunia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB Madani Mukarom mengatakan pembangunan kereta gantung ini tidak berada di zona inti Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Pembangunan kereta gantung dimulai dari Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara menuju kawasan hutan lindung di bagian atasnya.

Madani menambahkan keberadaan kereta gantung Rinjani tak akan mengganggu aktivitas pendakian. Bagi masyarakat yang ingin melihat keindahan Danau Segara Anak karena tak kuat melakukan pendakian, disiapkan sarana kereta gantung.

Baca Juga: 21 Desa Wisata NTB Masuk 500 Besar ADWI 2022, Ini Daftarnya! 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya