Comscore Tracker

Balapan MotoGP Diharapkan Dongkrak Ekonomi Masyarakat di NTB

Bukan hanya sekadar balapan motor

Lombok Tengah, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berharap event MotoGP  di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) mendongkrak ekonomi masyarakat. Pemerintah serius mendorong ajang balapan dunia ini bukan hanya sekadar urusan balapan sepeda motor. 

"Kita juga ingin Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor. Tetapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat," katanya usai meninjau sarana hunian pariwisata di Dusun Ebangah, Gerupuk, dan Sengkol  Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (13/01/2022).

1. Bangun sarhunta di desa sekitar Sirkuit Mandalika

Balapan MotoGP Diharapkan Dongkrak Ekonomi Masyarakat di NTBMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau sarhunta di Desa Mong Lombok Tengah, Rabu (13/1/2022) atau sehari sebelum kunjungan Presiden ke kawasan Mandalika, Kamis (13/1/2022). Foto Humas Kemenparekraf

Jokowi mengatakan, Kementerian PUPR membangun 300 sarhunta berupa homestay di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika. Ia pun mengharapkan, homestay tersebut penuh terisi selama momentum MotoGP berlangsung. 

Dampak positifnya, MotoGP secara tidak langsung memutar roda perekonomian masyarakat terutama di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika. Dalam kesempatan itu, Jokowi pun telah mengecek kelayakan homestay sudah dibangun Kementerian PUPR. 

"Nanti kita lihat bulan Maret apakah ini terisi apa tidak. Menurut saya insyallah terisi semuanya," ucapnya yakin. 

Baca Juga: Dikorupsi, Kemenkeu Hentikan Dana Desa di NTB

2. Pastikan kesiapan gelaran MotoGP

Balapan MotoGP Diharapkan Dongkrak Ekonomi Masyarakat di NTBMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau sarhunta di Desa Mong Lombok Tengah, Rabu (13/1/2022) atau sehari sebelum kunjungan Presiden ke kawasan Mandalika, Kamis (13/1/2022). Foto Humas Kemenparekraf

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menjelaskan tujuannya mengunjungi kawasan Mandalika untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan MotoGP. Ia meninjau langsung kesiapan infrastruktur dan pelayanan penumpang di Bandara Internasional Lombok.

"Saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, yang berkaitan dengan cek PCR, cek bahwa sudah vaksin dua kali semuanya. Urutannya sudah bagus," ungkapnya.

Selepas di dalam bandara, Jokowi juga meninjau infrastruktur pendukung seperti pembangunan Jalan Bypass menuju Sirkuit Mandalika. Secara detail memperhatian hal-hal kecil termasuk di antaranya soal keindahan, estetika dan landscape.

"Satu minggu ini dikerjakan, kelihatan perubahannya. Kita harapkan dari airport menuju Sirkuit Mandalika, tamu diantarkan pada keindahan, estetika yang baik. Oleh karena itu, harus disiapkan dengan baik. Saya minta tadi dalam bulan Februari harus diselesaikan," ujarnya.

3. Benahi 915 unit rumah warga

Balapan MotoGP Diharapkan Dongkrak Ekonomi Masyarakat di NTBSarana sarhunta di Desa Mong Lombok Tengah di kawasan Mandalika Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. Foto Humas Kemenparekraf

Sementara itu, Kementerian PUPR telah melakukan pembenahan sebanyak 915 unit rumah warga menjadi sarana hunian pariwisata (sarhunta) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika. Terdiri atas 398 homestay dan 517 rumah swadaya.

Sarhunta tersebut dapat menjadi alternatif akomodasi para wisatawan yang datang berkunjung guna menikmati ajang MotoGP.

Sarhunta yang dibangun oleh pemerintah telah dilengkapi oleh sejumlah fasilitas penginapan seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan kamar mandi dalam. Selain itu, hunian dalam sarhunta tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dalam kunjungan tersebut, Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur NTB  Zulkieflimansyah, Wakil Bupati Lombok Tengah M Nursiah, dan Komandan Lapangan MotoGP 2022 Hadi Tjahjanto.

Baca Juga: Jokowi Tiba di NTB untuk Cek Kesiapan Jelang Balapan MotoGP

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya