Antisipasi Copet, Polisi Berpakaian Preman Siaga di MXGP Samota 

Polisi berpakaian preman disebar dikerumunan penonton

Sumbawa, IDN Times - Puluhan polisi berpakaian preman disiagakan di lokasi sirkuit dan titik keramaian pada ajang kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gelaran latihan bebas, kualifikasi dan balapan MXGP Samota digelar pada 25 - 25 Juni 2022. "Kita sudah bentuk Tim Satgas Anti Copet, untuk antisipasi aksi kejahatan saat keramaian di Sirkuit Samota serta di lokasi lainnya," kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto di Sumbawa, Jumat (24/6/2022).

1. Tutup celah aksi kejahatan

Antisipasi Copet, Polisi Berpakaian Preman Siaga di MXGP Samota Ilustrasi pencopetan (IDN Times/ Mardya Shakti)

Pada saat gelaran MXGP Samota akan banyak warga yang hadir di sirkuit menyaksikan balapan. Kemudian menonton di lokasi konser musik dan UMKM. Oleh karena itu polisi berpakaian preman disiagakan untuk memberi rasa aman dan nyaman untuk penonton.

"Kita tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena itu kita siagakan petugas gabungan serta pos-pos keamanan di lokasi," kata Artanto.

Baca Juga: 197 Kru dan Pembalap MXGP Tiba di Lombok 

2. Penonton diminta tak bawa barang berharga

Antisipasi Copet, Polisi Berpakaian Preman Siaga di MXGP Samota twitter.com/WilvoYamahaMXGP

Artanto berharap penonton MXGP tidak membawa barang-barang berharga ke lokasi acara. Penonton cukup membawa barang-barang yang dibutuhkan selama menonton balap dan konser musik.

"Kami imbau penonton agar tetap waspada, tidak perlu khawatir karena ada ribuan anggota keamanan yang disiagakan. Selamat menonton balap dan bersama sama kita jaga keamanan dan ketertiban dengan mematuhi aturan yang berlaku," kata Artanto.

3. Sterilisasi jalan menuju Sirkuit MXGP Samota

Antisipasi Copet, Polisi Berpakaian Preman Siaga di MXGP Samota Polisi menerjunkan anjing pelacak di area Sirkuit MXGP Samota. (Dok. Polda NTB)

Sementara itu, anggota Satgas Ditsamapta Polda NTB yang tergabung dalam Ops Samota Rinjani-2022 melakukan berbagai kegiatan di sekitar jalan menuju pintu masuk Sirkuit MXGP Samota.

Satgas Samapta memberikan imbauan terkait dengan lokasi parkir kendaraan. Selain itu juga dilakukan sterilisasi jalan menuju sirkuit yang dilakukan oleh 20 personel Tim UPRC Ditsamapta Polda NTB.

Tim UPRC Ditsamapta melaksanakan imbauan kepada pemilik kendaraan yang parkir sembarangan di bahu jalan menuju sirkuit. Dan juga kepada pengunjung agar tidak memarkir kendaran di bahu jalan sekitaran Gate 3 sirkuit MXGP dengan tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi 3C dan premanisme.

Sembari berpatroli dan memberikan imbauan, Tim dari Dit Samapta Polda NTB juga melakukan pengaman di Gate 3 VIP/VVIP. Selain itu, personel unit satwa yang dipimpin Kasubnit Harvet Ipda Made Triana juga melaksanakan sterilisasi handak dengan menggunakan satwa K-9 di sekitar lokasi Gate 1 dan 2 sirkuit MXGP Samota.

Baca Juga: Tim Gajser Akan Berikan Performa Terbaik di MXGP Samota

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya