Comscore Tracker

AirAsia Akan Buka Rute Penerbangan Lombok - Australia

Tingkatkan kunjungan wisatawan mancanegara

Mataram, IDN Times - Setelah kembali membuka rute internasional Lombok - Kuala Lumpur mulai 1 Mei mendatang, maskapai AirAsia juga akan membuka penerbangan rute Lombok - Perth dan Lombok - Melbourne, Australia.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur NTB Zulkieflimansyah setelah berbuka puasa dengan CEO AirAsia Indonesia Veranita Yosephine di Jakarta, Selasa (19/4/2022). Gubernur mengatakan AirAsia akan mulai membuka penerbangan internasional dari Malaysia langsung ke Lombok.

"Selanjutnya segera dari Perth Australia ke Lombok dan dari Melbourne Australia ke Lombok," kata Gubernur Zulkieflimansyah.

1. Penerbangan langsung akan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara

AirAsia Akan Buka Rute Penerbangan Lombok - AustraliaWisatawan saat berada di Gili Trawangan (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ia mengatakan penerbangan langsung internasional akan meningkatkan jumlah kunjungam wisatawan mancanegara ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sebagaimana diketahui, wisatawan asal Malaysia dan Australia merupakan penyumbang terbesar kunjungan pelancong asing sebelum pandemik Covid-19.

Selain akan membuka beberapa rute penerbangan internasional ke Lombok, Gubernur Zulkieflimansyah juga mengatakan AirAsia juga siap mengangkut kru dan pembalap Motocross Grand Prix (MXGP) yang akan digelar 24 - 26 Juni mendatang.

"Terima kasih juga pada Air Asia yang siap menerbangkan crew dan pembalap-pembalap MXGP ke Sumbawa untuk perhelatan MXGP akhir Juni nanti," kata pria yang biasa disapa Bang Zul ini.

Baca Juga: NTB Siap-siap 'Diserbu' Wisatawan dari Malaysia dan Singapura

2. Penerbangan internasional segera dibuka

AirAsia Akan Buka Rute Penerbangan Lombok - AustraliaKepala Dishub NTB, Lalu Moh. Faozal (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal mengatakan sejumlah rute internasional menuju Lombok akan segera dibuka. Rute pertama yang akan kembali dibuka adalah Lombok - Kuala Lumpur yang akan dilayani maskapai penerbangan AirAsia mulai 1 Mei mendatang.

Selain itu, rute Lombok - Singapura juga akan dibuka. Namun Faozal belum menyebutkan kapal penerbangan langsung dari Lombok menuju Singapura ini akan direalisasikan. Pasalnya, saat ini masih dilakukan pembahasan dengan pihak terkait lainnya.

3. Lombok jadi hub Airasia

AirAsia Akan Buka Rute Penerbangan Lombok - AustraliaPeresmian hub AirAsia di Lombok pada Mei 2019 lalu (IDN Times/ Helmi Shemi

Sebagaimana diketahui, AirAsia telah menetapkan Lombok sebagai hub atau pusat operasi pada 2 Mei 2019 atau pasca NTB dilanda gempa bumi dahsyat pada 2018. Peresmian hub Lombok ini merupakan bagian dari upaya berkesinambungan AirAsia dalam mendukung inisiatif Pemerintah dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk menyukseskan Lombok sebagai salah satu dari ‘10 Bali Baru’.

Pada waktu itu, AirAsia menyiapkan pesawat Airbus A320 berkode registrasi PK-AXU melayani rute penerbangan langsung dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok menuju Perth, Australia mulai 9 Juni 2019, serta beberapa rute domestik yang rencananya akan segera beroperasi, yaitu ke Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

Baca Juga: Ini Empat Keindahan Destinasi Wisata di Desa Tumpak Lombok Tengah

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya