Comscore Tracker

Gubernur Akan ke Abu Dhabi Bahas Rencana F1 di Sirkuit Mandalika

Berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat

Mataram, IDN Times - Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menyampaikan bahwa berbagai gelaran internasional juga sedang diperjuangkan untuk bisa diselenggarakan di NTB. Termasuk MotoGP dan MXGP. Keduanya sudah dikonfirmasi akan diselengarakan pada tahun 2022 mendatang. Sementara untuk event Formula 1 (F1) masih dalam tahap pembicaraan atau perencanaan.

“Rencananya kami akan ke Abu Dhabi untuk menindaklanjuti pembicaraan kemungkinan Mandalika akan menjadi host untuk F1, ini akan sangat menarik. Selain itu kita juga akan menjadi tuan rumah untuk MXGP,” tutur Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB saat menerima audiensi IDN Media di Pendopo Gubernur NTB, Senin (29/11).

1. NTB siap jadi tuan rumah

Gubernur Akan ke Abu Dhabi Bahas Rencana F1 di Sirkuit MandalikaGubernur NTB saat melakukan audiensi dengan IDN Media (Dok Diskominfotik NTB)

Perjalanannya ke Abu Dhabi nantinya akan membahas terkait event F1 yang merupakan salah satu event olahraga bergengsi dunia. Jika tidak ada hambatan, bukan mustahil event itu akan diselenggarakan di NTB. Sehingga Pemda NTB akan melihat seperti apa tawaran-tawaran yang akan diberikan kepada NTB sebagai calon tuan rumah. Pada intinya, NTB sangat siap menjadi tuan rumah event internasional.

Zul berharap agar dengan adanya gelaran – gelaran internasional yang akan berlangsung di Provinsi NTB dapat terus menumbuhkan prekonomian masyarakat.  Dia mengajak semua lapisan masyarakat untuk turut menyukseskan gelaran yang dilakukan di NTB.

“Jangan sampai yang berjualan orang Malaysia atau Singapura, tetapi harus para UMKM kita bisa siap juga, masyarakat lokal juga ekonominya semakin menggeliat,” harapnya.

2. Komitmen sukseskan MotoGP

Gubernur Akan ke Abu Dhabi Bahas Rencana F1 di Sirkuit Mandalikailustrasi balap motogp (motogp.com)

Gubernur juga menyampaikan komitmen bahwa Pemerintah Daerah sangat serius mempersiapkan gelaran MotoGP 2022 yang akan berlangsung pada bulan Maret di Mandalika International Street Circuit. Perkiraannya, event MotoGP akan menjadi gelaran yang skalanya sepuluh kali lebih besar dibandingkan WSBK 2021 yang sukses digelar kemarin.

“Perkiraannya MotoGP akan sepuluh kali lebih besarnya dan sekitar 200 ribu orang akan datang menyaksikan MotoGP, Semoga dengan waktu tiga bulan ini kita bisa maksimal mempersiapkan,” ujarnya.

3. Rapat terbatas dengan Presiden dan Menteri

Gubernur Akan ke Abu Dhabi Bahas Rencana F1 di Sirkuit MandalikaWakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo (kiri) bersama Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer (kanan), Managing Director Bin Zayed International LLC Syaikh Midad (kedua kiri) dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah (kedua kanan) berbincang usai penandatanganan MoU investasi Bin Zayed International LLC di Bukit Merese KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (7/4/2021) ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Bang Zul juga mengatakan bahwa saat rapat terbatas dengan Presiden dan menteri - menteri di Bogor beberapa waktu lalu, gelaran Superbike telah mampu menyedot perhatian dunia. Oleh karena itu bukan saja sirkuit yang akan terus dipermak, namun fasilitas penunjang juga akan diperhatikan oleh pemerintah pusat.

“Para pengunjung sudah melihat bahwa sirkuit mandalika sangat indah, kalau disempurnakan bukan menjadi mustahil, ini akan menjadi ikon yang mengantarkan kita untuk dikenal dunia secara lebih luas apalagi kalau pelaksanaan motogp sukses,” ungkap Bang Zul.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Akan Dipakai untuk MotoGP, WSBK dan IATC Tahun 2022

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya