Comscore Tracker

Sirkuit Mandalika Akan Dipakai untuk MotoGP, WSBK dan IATC Tahun 2022

WSBK sukses, event balap menanti di sirkuit mandalika

Mataram, IDN Times - Jadwal event Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) untuk tahun 2022 mendatang telah dirilis. Sesuai jadwal balapan sementara IATC yang dikeluarkan asiatalentcup.com pada Sabtu (27/11/2021), event IATC di Sirkuit Pertamina Mandalika bakal digelar dua kali selama tahun 2022 mendatang.

Ini menjadi angin segar bagi warga Provinsi NTB. Pasalnya bukan hanya MotoGP pada dan WSBK , Sirkuit Pertamina Mandalika juga akan diramaikan kembali oleh pembalap-pembalap IATC. 

1. Bersamaan dengan MotoGP 2022

Sirkuit Mandalika Akan Dipakai untuk MotoGP, WSBK dan IATC Tahun 2022Balap Motor.Net

Memasuki musim ke 12, event IATC di Sirkuit Pertamina Mandalika bakal digelar bersamaan dengan balapan motor internasional MotoGP dan World Superbike (WSBK) pada tahun 2022.

Dalam kalender sementara untuk balap Asia Talent Cup tahun 2022 akan dilombakan bersama MotoGP dan WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika dalam enam putaran. 

2. IATC tes pramusim di Qatar

Sirkuit Mandalika Akan Dipakai untuk MotoGP, WSBK dan IATC Tahun 2022Pebalap binaan AHM Herlian Dandi, Herjun Atna Firdaus, Azryan Dheyo Wahyumaniadi, dan Fadillah Arbi Aditama siap bersaing di ajang Asia Talent Cup 2021. Keempat pebalap muda tersebut akan melakoni seri pertama ATC pada akhir pekan ini di Losail International Circuit, Qatar Maret 2021. (Dok. IDN Times)

Untuk tes pramusim event IATC bakal digelar di Sirkuit Internasional Losail Doha Qatar pada 25 dan 26 Februari 2022. Untuk event IATC di Losail, penyelenggara akan menyiapkan grid untuk balapan, sebelum putaran pertama berlangsung bersamaan dengan MotoGP Qatar pada awal Maret tahun 2022. 

Usai pelaksanaan tes pra musim di Doha Qatar, event IATC kembali akan kembali ke Sirkuit Pertamina Mandalika untuk putaran kedua.

"Itu bersamaan saat Paddock MotoGP mengunjungi venue di Indonesia untuk pertama kalinya," seperti dikutip dari laman asiatalentcup.com. 

3. Final IATC digelar di Mandalika

Sirkuit Mandalika Akan Dipakai untuk MotoGP, WSBK dan IATC Tahun 2022Tikungan ke 10 Sirkuit Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Baca Juga: Efek WSBK, Okupansi Hotel dan Omzet Pedagang Makanan Meningkat Drastis

Usai sukses digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika pada tanggal 19 November 2021 lalu, pihak penyelenggara kembali menggelar IATC pada liburan musim panas.

Ajang balap motor bagi kaum muda ini kembali beraksi dengan putaran beruntun bersama Grand Prix Jepang dan Thailand, menghadapi Twin Ring Motegi dan Sirkuit Internasional Chang.

Setalah memasuki pekan kedua usai berlangsung di Sirkuit Internasional Chan IATC kemudian digelar di Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia pada putaran ke 5.

Untuk putaran final event IATC kembali digelar di Sirkuit kebanggaan Indonesia yaitu Sirkuit Pertamina Mandalika bersamaan dengan event World Superbike tanggal 11 hingga 13 November 2022.

4. Pemerintah beri dukungan penuh

Sirkuit Mandalika Akan Dipakai untuk MotoGP, WSBK dan IATC Tahun 2022Presiden Joko Widodo bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah bertemu membahas event MotoGP di Mandalika/dok. Humas Pemprov NTB

Usai berkunjung ke Istana Bogor, Jumat (16/11/2021) Gubernur Provinsi NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menjelaskan bahwa pemerintah pusat segera akan menambahkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk event MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika. 

Penambahan juga akan digunakan untuk mengembangkan infrastruktur, pariwisata, UKM dan lingkungan hidup.

"Usai berbicara bersama Wakil Menteri Keuangan di depan Presiden segera akan menambah DAK untuk NTB untuk keperluan infrastruktur, pariwisata, UKM dan Lingkungan Hidup," jelas Zul.

Usai melakukan pertemuan terbatas bersama Presiden Joko Widodo membahas persiapan event MotoGP yang bakal digelar pada bulan Pebruari dan Maret 2022.

"Bantuan pemerintah pusat untuk daerah kita luar biasa," pungkas Gubernur.

Baca Juga: Sukses WSBK, Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan MotoGP 2022

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya