Puluhan Rumah Warga di Desa Landah Lombok Tengah Terendam Banjir

Hujan terus menerus dengan intensitas tinggi

Lombok Tengah, IDN Times - Puluhan rumah warga di Dusun Batu Bangke, Landah Daye dan Presak Desa Landah Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah terendam banjir. Banjir terjadi pada Kamis (2/12/2021) sekitar pukul 23.00 WITA kemarin.

Hujan deras dengan intensitas cukup tinggi membuat aliran Sungai Landah meluap. Hal ini berdampak pada tergenangnya beberapa rumah warga.

1. Sungai tak mampu tampung aliran air

Puluhan Rumah Warga di Desa Landah Lombok Tengah Terendam BanjirWarga antisipasi banjir susulan/dok. Polres Lombok Tengah

Kapolsek Praya Timur IPTU Sayum menjelaskan meningkatnya debit aliran Sungai Landah disebabkan oleh air kiriman berasal dari wilayah utara usai hujan lebat menerpa wilayah Lombok Tengah. Hujan yang mengguyur sejak pagi hingga sore pada Kamis kemarin, kata Sayum, turun dengan intensitas cukup tinggi dan mengakibatkan air sungai meluap.

"Dampak dari meluapnya aliran sungai ini yaitu tergenangnya areal rumah warga yang bermukim di sepanjang bibir sungai," kata Sayum, Jumat (3/12/2021).

2. Genangan air capai lutut orang dewasa

Puluhan Rumah Warga di Desa Landah Lombok Tengah Terendam BanjirAparat kepolisian bantu warga terendam banjir

Menurut Sayum, dari hasil tinjauan di dua Desa tinggi air yang menggenangi puluhan rumah warga capai bawah lutut orang dewasa. Hingga Jumat (3/12/2021) warga yang terdampak banjir masih tetap bertahan di rumah masing-masing.

"Debit aliran sungai sudah berangsur turun. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa maupun kerugian meterial yang dialami warga," jelas Kapolsek.

Baca Juga: Tragis! Pria di Lombok Tewas ketika Lehernya Tersambar Pisau Gerinda 

3. Antisipasi luapan air susulan

Puluhan Rumah Warga di Desa Landah Lombok Tengah Terendam BanjirPolisi dan warga Antisipasi banjir susulan/dok. Polres Lombok Tengah

Sayum mengatakan bahwa hingga Jumat pagi pihak desa serta masyarakat sekitar masih standby di lokasi untuk antisipasi adanya banjir susulan.

"Kami sudah minta anggota untuk standby jika ada luapan susulan," katanya.

On Duty Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Prakirawan Praya Lombok Tengah Alfiansyah Pradana menjelaskan peringatan dini cuaca tanggal 3 Desember 2021 berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang.

4. Tersebar di pulau Lombok dan Sumbawa

Puluhan Rumah Warga di Desa Landah Lombok Tengah Terendam BanjirSebaran potensi hujan di NTB/dok. BMKG

Potensi hujan kata Alfiansyah diprediksi terjadi antara pukul 13:00 WITA di Kecamatan Pringgasela, Aikmel, Pringgabaya, Jerowaru, Suragala dan Sikur Lombok Timur.

"Hujan juga terjadi di pulau Sumbawa di Plampang, Labangka dan dapat meluas ke wilayah Lunyuk Taliwang, Alas dan Sumbawa Besar," kata Alfiansyah.

Selain itu, hujan juga diprediksi terjadi di kecamatan Kopang, Pringgarata, Janapria, Praya, dan Kecamatan Pujut Lombok Tengah.

"Hujan juga diprediksi terjadi di Kecamatan Narmada, Gunungsari Lombok Barat dan Kecamatan Tanjung Lombok Utara.

"Hujan diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16:00 WITA hari ini," pungkas Alfiansyah. 

Baca Juga: Ke Lokasi Banjir, Mobil Wabup Lombok Tengah Kecelakaan dan Terpental

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya