Gugur di Papua, Kapten Chb Dirman Dikebumikan di Bima

Jenazah Kapten Chb Dirman disambut haru keluarga dan TNI

Bima, IDN Times - Jenazah Lettu Chb Anumerta Dirman tiba di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat disambut haru oleh keluarga dan rekan sesama prajurit TNI, Sabtu (4/9/2021).

Chb Dirman gugur usai diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) di pos Koramil yang terletak di Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis (2/9/2021) dini hari.

Almarhum Dirman yang semula berpangkat Letnan Satu (Lettu) memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas pengabdiannya.

1. Dimakamkan di kampung halaman

Gugur di Papua, Kapten Chb Dirman Dikebumikan di BimaKomandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani sambut jenazah Kapten Chb Dirman/dok. Humas Korem 162/WB

Jenazah Dirman dibawa menggunakan pesawat Wings Air IW1869K dari Papua menuju Bandara Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos SH M.Han mengatakan telah menyiapkan upacara penerimaan jenazah secara militer.

"Usai upacara penerimaan, Komandan Korem 162/WB bersama rombongan Forkopimda dan undangan lainnya. Kami kemudian mengantar jenazah Kapten Chb Anumerta Dirman ke rumah duka di jalan lintas Tawali Dusun Mandala Desa Tengga Kecamatan Wera untuk dimakamkan," kata Rizal.

2. TNI AD kehilangan orang baik

Gugur di Papua, Kapten Chb Dirman Dikebumikan di BimaKomandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani sambut jenazah Kapten Chb Dirman/dok. Humas Korem 162/WB

Di tempat pemakaman umum (TPU) Desa Tangga, Komandan Korem 162/WB pun melakukan prosesi pemakaman secara militer.

"TNI khususnya Angkatan Darat telah kehilangan salah satu prajurit terbaiknya," kata Rizal.

Kapten Chb Anumerta Dirman gugur sebagai Kusuma Bangsa saat melaksanakan tugas pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ini merupakan wujud penghormatan kepada para pahlawan maupun anggota TNI yang telah mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara," terang Komandan Korem 162/WB.

3. Keluarga diminta tetap tabah

Gugur di Papua, Kapten Chb Dirman Dikebumikan di BimaKeluarga almarhum diminta rabah dan kuat/dok. Humas Korem 162/WB

Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menyampaikan rasa duka cita dan belasungkawa yang mendalam atas peristiwa meninggalnya almarhum.

"Kami mohon kepada seluruh keluarga agar mengikhlaskan kepergiannya dengan sabar dan tabah," kata Rizal, "Semoga amal ibadah almarhum Kapten Chb Anumerta Dirman diterima dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa."

4. Komandan Korem 162/WB ucapkan bela sungkawa

Gugur di Papua, Kapten Chb Dirman Dikebumikan di BimaKomandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani ucap bela sungkawa/dok. Humas Korem 162/WB

Dalam kesempatan yang sama jajaran Korem 162/WB mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah meluangkan waktu membantu dari saat proses penjemputan hingga pemakaman.

"Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas bantuan moril dan materil semua pihak," kata Rizal.

Ia pun mengungkapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada pihak keluarga yang telah ditinggalkan.

5. Pihak keluarga minta kesalahan almarhum dimaafkan

Gugur di Papua, Kapten Chb Dirman Dikebumikan di BimaKomandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani ucapkan bela sungkawa/dok. Humas Korem 162WB

Sementara itu, perwakilan keluarga Kapten Chb Anumerta Dirman, Suriansyah, mengucapkan terima kasih kepada Danrem 162/WB yang telah hadir untuk mengantarkan almarhum.

"Saudara kami seorang prajurit tentunya pada saat melaksanakan tugas maupun sehari-harinya terdapat kesalahan. Mohon dimaafkan," kata Suriansyah.

Seperti diberitakan IDN Times sebelumnya, Pos Koramil Kisor di Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, diserang sekelompok orang tak dikenal (OTK) pada Kamis (2/9/2021) dini hari. Akibat penyerangan ini, empat anggota TNI meninggal dunia.

Baca Juga: 50 OTK Serang Posramil Kisor Papua Barat, 4 Anggota TNI Tewas

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya