Comscore Tracker

Clean Up Gunung Rinjani, Relawan Angkut Ratusan Botol Miras

100 pendaki kumpulkan 384 kg sampah di Rinjani

Lombok Timur, IDN Times – Sebanyak 100 pendaki melakukan kegiatan clean up di  Gunung Rinjani. Para pendaki yang membawa tagar "Rinjani Meriri" ini ingin agar Rinjani bersih sebelum istirahat dikunjungi wisatawan selama tiga bulan kedepan.

Clean up Rinjani dilakukan pada 22-25 Desember 2021 diikuti sebanyak 100 peserta dari 24 kelompok relawan Peduli Rinjani dan beberapa organisasi dan kelompok pencinta alam.

“Ada 30 orang petugas Taman Nasional Gunung Rinjani juga ikut kegiatan clean up bersama di akhir tahun sebelum dilakukan penutupan di destinasi wisata pendakian Rinjani,” ujar Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Dedy Asriady, Rabu (29/12/2021).

1. Ratusan kilo sampah dibawa turun

Clean Up Gunung Rinjani, Relawan Angkut Ratusan Botol MirasRatusan botol miras dibawa turun dari Gunung Rinjani Lombok/dok. BTNGR

Dedy mengatakan, hasil dari giat Rinjani Meriri ini berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 270 kilogram yang dibawa turun melalui pintu Sembalun. Sebanyak 114,5 kilogram sampah berbagai jenis dibawa turun melalui Pintu Torean Kecamatan Bayan Lombok Utara. Termasuk ratusan botol miras berbagai merek.

“Jadi total sampah yang terkumpul sebanyak 384,5 kg,” ujar Dedy.

Baca Juga: Catat! Tidak Ada Perayaan Malam Pergantian Tahun 2022 di Mataram

2. Clean up bakal rutin dilakukan

Clean Up Gunung Rinjani, Relawan Angkut Ratusan Botol MirasPemandangan gunung Barujari IDN Times/Ahmad Viqi

Kegiatan Rinjani Meriri ini direncanakan akan rutin dilakukan tiap akhir tahun menjelang penutupan destinasi wisata pendakian di Gunung Rinjani. Dedy juga menambahkan bahwa kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi untuk semua organisasi maupun komunitas pencinta alam yang ada di Indonesia dan NTB.

“Ini menjadikan kita untuk terus peduli akan Rinjani dan juga lingkungan sekitar untuk tetap menjaga kebersihan,” kata Dedy.

3. Ratusan bekas botol Miras dibawa turun

Clean Up Gunung Rinjani, Relawan Angkut Ratusan Botol MirasKepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Dedy Asriady IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Dari 384 kg sampah yang dibawa turun dari Gunung RInjani, ada yang menarik perhatian Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. Relawan berhasil mengumpulkan ratusan bekas botol Miras di atas gunung Rinjani.

“Saya tidak tahu jumlah pastinya. Bekas botol miras ini adalah timbunan,” kata Dedy.

Dari hasil clean up yang dilakukan ujar dia, memang dibenarkan banyak bekas botol miras sengaja ditimbun di beberapa lokasi di Gunung Rinjani. Baik di jalur Sembalun dan Senaru. Dari ratusan bekas botol miras yang berhasil dikumpulkan, para pendaki kemudian membawa turun dari jalur Sembalun.

“Ini bekas yang lama, teman-teman nyolek-nyolek kemarin. Ini bukan baru sih,” pungkas Dedy.

Baca Juga: Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Akibat Potensi Cuaca Ekstrem

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya