Comscore Tracker

Bikin Keyboard Kamu Lebih Menarik dengan Artisan Keycaps

Keycaps yang unik dan memiliki nilai seni tinggi

Salah satu cara paling cepat dan mudah untuk mengkostumisasi keyboard mekanik adalah dengan menggunakan artisan keycaps. Artisan keycaps adalah sebutan yang diberikan untuk keycaps yang didesain dengan mengutamakan nilai artistik.

Keycaps-keycaps ini memiliki desain yang unik dan dengan bahan pembuat yang berbeda dengan keycaps biasa. Agar kita lebih menegerti tentang artisan keycaps mari kita simak 5 fakta berikut.

1. Keycaps yang mengutamakan estetika

Bikin Keyboard Kamu Lebih Menarik dengan Artisan Keycapspotret artisan keycaps (Unsplash.com/ Ryan Yao)

Artisan keycaps dapat dengan mudah dikenali dari desainnya yang berbeda dengan keycaps lainnya. Berbeda dengan keycaps pada umumnya yang hanya memiliki variasi warna dan desain legend, artisan keycaps biasanya memiliki sculpted 3D design.

Tak jarang desain artisan keycaps membuat keycaps menjadi kurang praktis untuk digunakan. Namun, ini tidak menjadi kendala karena artisan keycaps biasanya dipasang pada tombol yang jarang dipakai seperti tombol "ESC".

2. Dijual satuan

Bikin Keyboard Kamu Lebih Menarik dengan Artisan Keycapspotret artisan keycaps (https://kbdfans.com)

Artisan keycaps biasanya dijual satuan atau per pcs berbeda dengan keycaps biasa yang dijual dalam 1 set atau pake lengkap untuk semua tombol yang ada pada keyboard.

Hal ini dikarenakan artisan keycaps tidak memiliki legend, sehingga kecil kemungkinan sebuah keyboard menggunakan banyak artisan keycaps. Umumnya sebuah keyboard hanya memiliki 1 atau 2 artisan keycaps yang terpasang.

Baca Juga: Unik! Tradisi Ngejot di Lombok, Cara Masyarakat Perkuat Silaturahmi

3. Dibuat dengan tangan

Bikin Keyboard Kamu Lebih Menarik dengan Artisan Keycapsilustrasi proses pembuatan artisan keycaps (https://www.jellykey.com)

Jika keycaps pada umumnya dibuat dengan menggunakan mesin pencetak maka artisan keycaps dibuat secara manual atau handmade. Hal ini dikarenakan artisan keycaps memiliki desain yang beragam, dan terkadang dibuat sesuai dengan permintaan pembeli.

Sebelum membuat keycaps, para seniman keycaps akan membuat model atau prototype terlebih dahulu dengan menggunakan modelling clay. Setelah prototype selesai, maka prototype akan digunakan sebagai cetakan untuk keycapsnya.

4. Dijadikan koleksi

Bikin Keyboard Kamu Lebih Menarik dengan Artisan Keycapspotret koleksi artisan keycaps (https://kbdfans.com)

Desain yang unik dan jumlah yang tidak banyak membuat artisan keycaps menjadi barang yang layak untuk dikoleksi.

Tak jarang minat seseorang untuk membeli artisan keycaps untuk mengkostumisasi keyboard-nya tumbuh menjadi hobi untuk mengoleksi artisan keycaps. Orang-orang yang mengoleksi artisan keycaps biasanya menyimpan keycaps mereka di keycap case.

5. Jumlah yang terbatas

Bikin Keyboard Kamu Lebih Menarik dengan Artisan Keycapspotret Durian Artisan Pewter Keycap by Royal Selangor (https://sea.mashable.com)

Proses pembuatan yang tidak mudah dan memerlukan waktu yang panjang mengakibatkan jumlah artisan keycaps yang diproduksi tidak banyak. Jumlah yang terbatas membuat artisan keycaps menjadi barang limited edition dan dapat dijual dengan harga yang tinggi.

Salah satu artisan keycaps limited edition adalah Durian Artisan Pewter Keycap by Royal Selangor  yang memiliki desain buah durian. Keycaps Durian Artisan Pewter hanya ada 200 pcs dan dijual dengan harga RM 359.00.

Setelah mengenal artisan keycaps, aksesoris keyboard mekanik yang mengutamakan nilai artistik, apakah kamu berminat untuk mengoleksi artisan keycaps? Dengan menggunakan artisan keycaps, kamu dapat mengkostumisasi keyboard mekanikmu dengan mudah.

Baca Juga: Menikmati Panorama Keindahan Gili Layar di Lombok

Sunny Photo Community Writer Sunny

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya