Lebih Dekat dengan Kader Jaelani, Bupati Dompu yang Gagal Jadi TNI

Pernah jadi pengusaha dan kembali membangun daerah

Kabupaten Dompu merupakan salah satu daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Daerah ini berada di Pulau Sumbawa. Bupati Dompu saat ini adalah Kader Jaelani. Ini merupakan periode pertamanya menjadi Bupati Dompu dengan masa jabatan 2020-2023.

Kader Jaelani lahir di Kabupaten Dompu pada 24 Oktober 1976. Dia mempersunting Lilis Suryani pada tahun 2002 dan saat ini memiliki tiga orang anak. Kader adalah anak sulung dari almarhum M. Najib Hasan Barakwan dan Nuraini Binti Muhsen Alhabsy. Saudara-saudaranya adalah Robby Cater bin Najib Hasan Barakwan, Muhsen bin Najib Hasan Barakwan, Abdurrahman bin Najib Hasan Barakwan, Ipa Zahra binti Najib Hasan Barakwan dan Ipa Selly binti Najib Hasan Barakwan.

1. Riwayat pendidikan

Lebih Dekat dengan Kader Jaelani, Bupati Dompu yang Gagal Jadi TNIIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kader Jaelani mulai mengenal pendidikan dasar di Sekolah Dasar Negeri 04 Dompu lulus tahun 1989, kemudian Kader Jaelani melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Dompu lulus tahun 1992. Kemudian menghabiskan masa-masa indah saat remaja di Sekolah Menengah Atas Tri Dharma Kosgoro yang lulus tahun 1995. Kemudian kuliah di Universitas Brawijaya Malang. Untuk Riwayat pekerjaan, dia pernah dipercaya untuk menduduki posisi direktur di CV Maestro Group pada tahun 2020.

Dia kembali ke kampung halamannya untuk memberikan inovasi-inovasi terbaiknya demi kemajuan daerah.

2. Pernah ikut tes TNI hingga jadi kontraktor

Lebih Dekat dengan Kader Jaelani, Bupati Dompu yang Gagal Jadi TNIIlustrasi/TNI AD ketika bercengkerama dengan Angkatan Darat Amerika Serikat di Markas Besr TNI AD (Dokumentasi TNI AD)

Pada saat mengenyam bangku perkuliahan, Kader pernah melamar menjadi anggota TNI namun gagal. Kemudian dia mencoba peruntungan dengan membantu ayahnya sebagai kontraktor. Dia banyak mengerjakan proyek infrastruktur di Kabupaten Dompu.

Ketika merasa sudah cukup berpengalaman, dia kemudian menjadi kontraktor secara mandiri. Kemudian dia mendapatkan beberapa proyek pengerjaan infrastruktur di daerah itu.

Baca Juga: Profil Bupati Lombok Tengah yang Daerahnya Punya Sirkuit

3. Geografis Kabupaten Dompu

Lebih Dekat dengan Kader Jaelani, Bupati Dompu yang Gagal Jadi TNILokasi Kabupaten Dompu (Wikipedia)

Kabupaten Dompu memiliki ibu kota di Kecamatan Dompu. Kabupaten Dompu ini berlokasi di bagian tengah Pulau Sumbawa, provinsi ini memiliki luas daerah seluas 2.321,55 km² serta jumlah penduduknya sekitar 239.095 jiwa yang tercatat pada tahun 2020. 

Kabupaten Dompu ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumbawa dan Teluk Saleh di bagian Barat, Kabupaten Bima di bagian Utara dan Timur serta Samudera Hindia di bagian Selatan. Selain itu ternyata Kabupaten Dompu memiliki beragam objek wisata terkenal seperti Gunung Tambora, Pulau Satonda, Padang Savana Doroncanga, sampai Pantai Lakey.

Untuk kompetisi surfing tingkat internasional sangat sering dilaksanakan di Pantai Lakey, sedangkan terdapat savana yang sangat unik nan langka mirip dengan yang di Afrika sehingga membuat orang luar menjulukinya Africa van Sumbawa yaitu Padang Savana Doroncanga. Selain itu Dompu juga dikenal sebagai penghasil susu kuda liar dan madu.

Tak hanya itu Kabupaten Dompu saat ini dikenal sebagai daerah penghasil jagung dan sapi, dan kerbau yang dipasok untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sampai industri ke berbagai daerah. Selain itu juga terkenal akan daerah yang kaya akan keberagaman hayati maupun hewani seperti salah satunya rusa Timor (maju ndere kala).

Dalam segi budaya, warga Dompu sangat dekat dengan warga Bima (Mbojo), begitu juga bahasanya. Bahasa yang digunakan oleh penduduk Dompu sebenarnya mempunyai variasi dialek yang tidak sama dengan bahasa yang digunakan oleh penduduk Bima (Mbojo). 

Tetapi belum ada yang pernah meneliti lebih dalam tentang adanya perbedaan dialek ini sehingga sering sekali dianggap sama dengan dialek penduduk Bima. Misalnya: 

Jarimpi (Dompu) - Wide (Mbojo)
Bedhek Kajarasa (Dompu) - Nadu (Mbojo) 
Bayam Kampaja (Dompu) - Panja (Mbojo)
Pepaya Kalanggo (Dompu) - Bue (Mbojo)
Kacang panjang Karoro (Dompu) - Kampi (Mbojo)
Karung Tune (Dompu) - Muja (Mbojo)

Baca Juga: Profil Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya