Viral! Turis Asing Sewa Porter dan Guide Bersihkan Sampah di Rinjani

BTNGR pastikan pendaki buang sampah sembarangan diblacklist

Mataram, IDN Times - Viral di media sosial video pendek seorang turis asing menyewa 7 porter dan 2 guide untuk membersihkan sampah plastik yang dibuang sembarangan oleh pendaki di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Video pendek dengan durasi 1 menit itu diunggah akun TikTok @campervangirl01 dan sudah ditonton sebanyak 382 ribu kali serta mendapatkan ribuan komentar dari warganet.

"Jujur gue malu banget sama teman gue yang bukan Warga Negara Indonesia tapi dia melakukan hal ini. Gue ikut dia naik Gunung Rinjani. Dia sewa 7 porter dan 2 guide buat ngumpulin sampah di Gunung Rinjani," kata pemilik akun @campervangirl01 dikutip IDN Times, Rabu (7/6/2023).

1. Pendaki Indonesia jangan bikin malu dong!

Viral! Turis Asing Sewa Porter dan Guide Bersihkan Sampah di RinjaniTuris asing ikut membersihkan sampah plastik yang dibuang sembarangan oleh pendaki di Gunung Rinjani. (Tangkapan layar akun TikTok @campervangirl01)

Ia meminta para pendaki dari Indonesia yang mendaki ke Gunung Rinjani supaya tidak membuang sampah sembarangan. Karena membuang sampah sembarangan membuat dirinya sebagai warga negara Indonesia malu.

"Masa dia yang bukan Warga Negara Indonesia sengaja sewa porter untuk ngumpulin sampah plastik dan dibawa turun. Kalian bayangin gak, sepanjang jalan dia ngoceh-ngoceh dan marah-marah dan gue malu banget sebagai Warga Negara Indonesia," tuturnya.

Baca Juga: Distlutkan NTB: Sempadan Pantai Tak Boleh Dikuasai Perorangan 

2. Kumpulkan 10 karung sampah plastik

Viral! Turis Asing Sewa Porter dan Guide Bersihkan Sampah di RinjaniSampah plastik yang terkumpul dibawa turun. (Tangkapan layar akun TikTok @campervangirl01)

Menurut pemilik akun @campervangirl01, temannya yang merupakan turis asing itu mempertanyakan apakah pendaki yang membuang sampah sembarangan di Gunung Rinjani pernah belajar di sekolah. Dalam video tersebut tampak seorang anak kecil yang merupakan anak dari guide turun membawa sampah yang berhasil dikumpulkan di Gunung Rinjani. Ia mengaku salut dengan anak kecil tersebut.

"Jadi setiap porter datang kita titipin sampahnya untuk dibawa turun. Dan kemarin kita bawa kurang lebih 10 karung sampah plastik. Sumpah, gue malu banget. Masa warga negara asing lebih peduli daripada kita. Please yang naik Rinjani bawa sampah turun dong," pintanya.

3. BTNGR blacklist pendaki yang buang sampah sembarangan

Viral! Turis Asing Sewa Porter dan Guide Bersihkan Sampah di RinjaniAnak kecil ikut mengangkut sampah plastik yang dibuang sembarangan oleh pendaki di Gunung Rinjani. (Tangkapan layar akun TikTok @campervangirl01)

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Dwi Pangestu mengatakan video yang viral tersebut kejadiannya setelah lebaran lalu. Ia menegaskan bagi pendaki yang membuang sampah sembarangan, maka akan kena blacklist.

"Ada sanksi blacklist untuk pelanggar. Sudah banyak yang diblacklist dengan berbagai kasusnya," kata Dwi.

Berdasarkan data BTNGR pada 2021, total ada 5.726 pendaki yang di-blacklist. Mereka tidak diperbolehkan mendaki Rinjani selama kurang lebih dua tahun. Mereka di-blacklist karena tidak menaati peraturan pendakian.

Jumlah kunjungan ke Gunung Rinjani selama tahun 2021 sampai 30 November 2022 sebanyak 90.973 orang. Terdiri dari wisatawan nusantara sebanyak 38.785 orang di tahun 2021 dan 42.658 orang di tahun 2022. Serta wisatawan mancanegara sebanyak 441 orang di tahun 2021 dan 9.089 orang di tahun 2022.

Baca Juga: NTB Mall Ekspansi ke Jakarta, Gubernur: Sejarah Baru Bagi NTB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya