Viral! Kusir Cidomo Siksa Kuda di Gili Trawangan 

Warganet minta larang penggunaan cidomo

Lombok Utara, IDN Times - Video penyiksaan seekor kuda di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), viral di media sosial. Video pendek penyiksaan seekor kuda oleh kusir cidomo di Gili Trawangan dibagikan akun Instagram @jakartaanimalaidnetwork, dua hari lalu.

Penyiksaan yang dilakukan kusir cidomo terhadap kudanya mendapatkan kecaman dari warganet. Warganet juga menandai akun Instagram Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno @sandiuno hingga Presiden Jokowi @jokowi.

1. JAAN minta pelaku tidak boleh ditoleransi

Jakarta Animal Aid Network (JAAN) mengatakan dalam postingannya bahwa video penyiksaan kuda itu terjadi di Gili Trawangan. Mereka meminta apa yang dilakukan kusir cidomo tidak boleh diberikan toleransi.

"Ini seharusnya tidak ditoleransi dan orang-orang seperti ini tidak boleh memiliki kuda atau binatang apapun. Selain fakta bahwa segala bentuk pelecehan tidak boleh ditoleransi, ini juga sangat berbahaya bagi pariwisata di Indonesia," tulis akun @jakartaanimalaidnetwork.

Baca Juga: Angkut 342 Wisman, Kapal Pesiar MS Regatta Sandar di Lombok

2. Warganet desak pemerintah larang penggunaan cidomo sebagai alat transportasi

Viral! Kusir Cidomo Siksa Kuda di Gili Trawangan Delman di sekitar Pearl of Trawangan untuk menjelajah Gili Trawangan (IDN Times/Naufal Al Rahman)

Kini, video tersebut disukai sebanyak 6.051 dan 1.602 komentar. Salah satu warganet @maylaffayza menandai akun Instagram @sandiuno. Ia meminta Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menonton video penyiksaan kuda tersebut.

Ia meminta penggunaan cidomo atau delman sebagai alat transportasi supaya dikarang.

"Manusia harusnya bertanggung jawab atas penghidupannya. Bukan hewan yg harus bertanggung jawab atas manusia - kemudian disiksa," tulisnya.

"Eh minta tolong dong Pemerintah stop aja ada yg namanya Delman. Atau angkutan yang pakai tenaga hewan. Sumpah gak tega lihat beginian," tulis akun @videramp.

"Kemana ini menterinya @sandiuno @kemenparekraf.ri masih membiarkan hal seperti ini terjadi pada kuda delman. miris," tulis akun @andriasandi18.

3. Alat transportasi di Gili Trawangan

Viral! Kusir Cidomo Siksa Kuda di Gili Trawangan Seorang wisatawan berkeliling Gili Trawangan menggunakan sepeda di Gili Trawangan beberapa waktu lalu. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gili Trawangan merupakan destinasi bebas polusi di NTB. Di destinasi wisata tujuan wisatawan mancanegara itu tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermesin. Cidomo menjadi salah satu alat transportasi bagi wisatawan selain sepeda.

Di Gili Trawangan tidak diizinkan aktivitas kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat sesuai aturan lokal dari masyarakat setempat. Jumlah transportasi cidomo di Gili Trawangan juga dibatasi sesuai aturan lokal setempat.

Baca Juga: Perputaran Uang Selama WSBK Masih Dihitung, Untung atau Buntung?

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya