Penonton MXGP Samota Disiapkan Atraksi Pacuan Kuda dan Barapan Kebo 

Tim survei MXGP kembali turun ke Sumbawa

Mataram, IDN Times - Usai perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, 18 - 20 Maret 2022, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menjadi tuan rumah gelaran kejuaraan dunia motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) di Samota Kabupaten Sumbawa.

Sebagai daerah yang memiliki atraksi unik berkaitan dengan balapan, Pemda Kabupaten Sumbawa akan menyiapkan dua atraksi unik bagi penonton MXGP. Yaitu, atraksi pacuan kuda dan barapan kebo atau karapan kerbau.

"Atraksi yang disiapkan untuk penonton MXGP adalah pacuan kuda dengan jokinya cilik. Kemudian barapan kebo," kata Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany dikonfirmasi di Mataram, Selasa (8/3/2022).

1. Penonton MXGP bisa saksikan hiu paus

Penonton MXGP Samota Disiapkan Atraksi Pacuan Kuda dan Barapan Kebo Lomba barapan kebo di Sumbawa (Dok. Pemprov NTB)

Novi mengatakan Pemda Sumbawa juga menyiapkan berbagai atraksi budaya. Selain itu, bagi penonton MXGP juga bisa menikmati wisata hiu paus yang lokasinya berada di Teluk Saleh.

Di kawasan Teluk Saleh setiap hari teridentifikasi sebanyak 49 hiu paus, berdasarkan temuan Conservation International (CI) Indonesia. Kemunculan hiu paus mulai dijual Pemda Kabupaten Sumbawa kepada wisatawan yang bermuatan edukasi tentang konservasi biota laut dan budaya masyarakat terkait dengan hiu paus dan Bagang.

Baca Juga: Tak Perlu PCR/Antigen, Penonton MotoGP Diwajibkan Vaksin Dosis Kedua 

2. Benahi infrastruktur pendukung

Penonton MXGP Samota Disiapkan Atraksi Pacuan Kuda dan Barapan Kebo Desain Sirkuit MXGP Samota Sumbawa (facebook.com/Bang Zul Zulkieflimansyah)

Novi menambahkan Tim Survei MXGP kembali datang ke Samota Sumbawa untuk mengecek lokasi. Pembangunan Sirkuit MXGP Samota direncanakan pada bulan Maret ini.

Ia mengaku optimis MXGP dilaksanakan tanggal 24 - 26 Juni 2022 di Samota Kabupaten Sumbawa. Infrastruktur pendukung seperti perbaikan tiang-tiang listrik dan jaringan internet sudah mulai dikerjakan. Begitubjuga penyiapan air bersih.

3. Pertebal runway Bandara Sumbawa

Penonton MXGP Samota Disiapkan Atraksi Pacuan Kuda dan Barapan Kebo Kunjungan Menteri Perhubungan Budi Gunadi ke Bandara Sultan Kaharudin III Sumbawa (Dok Diskominfotik NTB)

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalokasikan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk mempertebal landasan pacu atau runway Bandara Sultan Muhammad Kaharudin III Sumbawa. Sehingga bandara tersebut dapat didarati pesawat jenis Airbus atau Boeing 737 yang mengangkut kru dan pembalap MXGP.

"Untuk pembalap dan kru, minimal bandara Sumbawa itu bisa didarati Airbus atau Boeing 737. Sudah ada persetujuan dari Menhub, sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp30 miliar untuk mempertebal runway," ungkap Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah.

Baca Juga: Enam Terduga Teroris Ditangkap di NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya