MotoGP Ditonton 400 Juta Orang, JAT TNI AU Akan Tampil di Mandalika 

Jalan bypass BIZAM - Mandalika harus steril

Mataram, IDN Times - Komandan Lapangan MotoGP 2022 Hadi Tjahjanto mengungkapkan MotoGP Mandalika diperkirakan akan ditonton sebanyak 400 juta pasang mata di dunia. Untuk itu, sehari sebelum perhelatan MotoGP Mandalika, 18 - 20 Maret mendatang, akan digelar gladi bersih.

"Pada H-1, kita melakukan final checking, gladi bersih untuk final lap tanggal 20 Maret pukul 16.00 WITA. Dan akan disiarkan secara langsung, akan disaksikan oleh 400 juta pasang mata," kata Hadi dikonfirmasi usai rapat evaluasi mingguan MotoGP 2022 di Kantor Gubernur NTB, Selasa (8/3/2022).

1. Jupiter Aerobatik Team akan tampil di Mandalika

MotoGP Ditonton 400 Juta Orang, JAT TNI AU Akan Tampil di Mandalika Pesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU beraksi saat sesi latihan jelang pembukaan balapan World Superbike (WSBK) di kawasan sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (18/11/2021). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Hadi menambahkan, Tim Aerobatik Jupiter atau Jupiter Aerobatik Team (JAT) TNI Angkatan Udara (AU) akan tampil di Mandalika sebelum perhelatan MotoGP. JAT TNI AU akan melakukan simulasi di kawasan udara Sirkuit Mandalika.

"Kemudian simulasi menyanyikan Indonesia Raya yang diiringi oleh marching band," ungkap Mantan Panglima TNI ini.

Baca Juga: Nonton Balapan dari Bukit, Pakai Tiket MotoGP Kelas Festival Saja

2. Simulasi manajemen rekayasa lalu lintas

MotoGP Ditonton 400 Juta Orang, JAT TNI AU Akan Tampil di Mandalika Polisi memeriksa pengendara yang akan menuju Sirkuit Mandalika (Dok. Polda NTB)

Pada H-5, lanjut Hadi, akan dilaksanakan simulasi manajemen rekayasa lalu lintas. Mulai dari 5 pintu kedatangan penonton MotoGP sampai menuju Sirkuit Mandalika. Diharapkan penonton dengan mudah mengikuti rambu-rambu yang sudah disiapkan.

"Kemudian kita juga menyiapkan simulasi untuk keselamatan dan keamanan para peserta dan penonton. Jika terjadi sesuatu hal kita akan lakukan evakuasi di mana titik kumpulnya," imbuhnya.

3. Bypass BIZAM - Mandalika harus steril

MotoGP Ditonton 400 Juta Orang, JAT TNI AU Akan Tampil di Mandalika Bundaran depan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang sudah dibenahi Kementerian PUPR (IDN Times/Muhammad Nasir)

Hadi menambahkan pada H-2, seluruh unsur kementerian/lembaga bersama Pemda akan melakasanakan patroli kawasan. Mulai dari bundaran depan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) - bypass - Bundaran Sunggung - Sirkuit Mandalika.

Pihaknya akan melihat apa saja yang dikerjakan oleh kementerian/lembaga. Apabila ada kekurangan segera akan dieksekusi. Apabila ada hal-hal yang tidak sesuai Perda atau aturan maka akan dieksekusi.

Karena di wilayah bypass BIZAM - Mandalika harus dijaga agar tetap hijau dan indah. Jangan sampai ada pemasangam billboard atau warung di sana. "Kita akan bersihkan. Oleh karena itu, Pemda semuaanya ikut dalam patroli kawasan," kata Hadi.

Untuk progres pengerjaan infrastruktur di dalam dan luar Sirkuit Mandalika, Hadi mengatakan sudah ada yang 100 persen. Seperti pengerjaan jalan bypass depan Sirkuit Mandalika. Begitu juga dengan pengerjaan pengaspalan ulang track Sirkuit Mandalika sudah 100 persen.

"Tinggal seperti tribune penonton grandstand dan VIP Village itu sudah 80 persen. Diharapkan tanggal 16 Maret semuanya sudah 100 persen," ucapnya.

Baca Juga: Warga NTB Dapat Diskon 80 Persen Pembelian Tiket MotoGP 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya