Dua Pesawat Delegasi G20 Uni Eropa Parkir di Bandara Lombok 

Pesawat TNI AU untuk pengamanan G20 juga parkir di Lombok

Lombok Tengah, IDN Times - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok berkomitmen mendukung penuh perhelatan event internasional World Superbike (WSBK) Mandalika 2022 dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Rahmat Adil Indrawan menyebutkan sebanyak dua pesawat delegasi G20 akan parkir di Bandara Internasional Lombok.

Dua pesawat delegasi G20 itu berasal dari negara Uni Eropa. Namun, Rahmat tak menyebutkan secara spesifik dua negara Uni Eropa delegasi G20 yang akan parkir di Bandara Internasional Lombok.

"Kita juga membantu Bandara Internasional Ngurah Rai Bali untuk persiapan G20. Kita akan kedatangan pesawat delegasi G20 sebagai alternatif parking stand di Bandara Internasional Lombok. Ada dua pesawat, dari negara Uni Eropa. Saya tak sebutkan negaranya spesifik," kata Rahmat di Bandara Internasional Lombok, Rabu (9/11/2022).

1. Pesawat TNI AU juga akan parkir di Bandara Internasional Lombok kawal G20

Dua Pesawat Delegasi G20 Uni Eropa Parkir di Bandara Lombok Pesawat TNI AU (Twitter/@@_TNIAU)

Selain dua pesawat kepala negara dari dua negara Uni Eropa, kata Rahmat, Bandara Internasional Lombok juga akan digunakan sebagai tempat parkir pesawat TNI AU. Pesawat TNI AU akan mengawal perhelatan G20 yang ada di Bali.

"Dua pesawat delegasi G20 akan parkir di bandara kita. Tambahan juga kita juga kedatangan pesawat TNI AU yang akan mengawal G20 di Bandara Ngurah Rai Bali," ungkapnya.

Baca Juga: Warga Pasang Spanduk 'WSBK Jalan, Jangan Tanah Kami Diambil Paksa' 

2. Infrastruktur bandara siap, terjunkan 119 personel

Dua Pesawat Delegasi G20 Uni Eropa Parkir di Bandara Lombok Terminal Bandara Internasional Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Rahmat menjelaskan bentuk dukungan dalam menyambut WSBK Mandalika dan G20 antara lain dengan telah dituntaskannya berbagai pengembangan secara kapasitas maupun daya dukung infrastruktur dan fasilitas Bandara Internasional Lombok. Mulai dari runway, apron, terminal penumpang, hingga fasilitas kargo. Secara keseluruhan, infrastruktur dan fasilitas Bandara Internasional Lombok siap untuk mendukung pelaksanaan kegiatan WSBK 2022 dan KTT G20.

Sedangkan di sisi udara (air side), Bandara Internasional Lombok telah mengalokasikan 4 parking stand pesawat narrow body atau 2 parking stand pesawat wide body untuk delegasi KTT G20. Kemudian 4 parking stand pesawat TNI AU dalam rangka pengamanan KTT G20, 2 parking stand pesawat wide body pengangkut logistik WSBK, serta 10 parking stand untuk penerbangan regular.

“Untuk personel di Bandara Lombok, kami menyiapkan sebanyak 119 personel internal. Sementara dari pihak eksternal, terdapat 110 personel keamanan dari TNI AU,TNI AD, Polres, dan Brimob, termasuk Satgas Evakuasi,” imbuh Rahmat.

3. Operasional bandara 24 jam

Dua Pesawat Delegasi G20 Uni Eropa Parkir di Bandara Lombok General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Rahmat Adil Indrawan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain itu, kata Rahmat, untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan WSBK 2022 dan KTT G20, dioperasikan Posko Monitoring Terpadu di Bandara Internasional Lombok. Posko ini terdiri dari unsur Angkasa Pura I, Otoritas Bandara Wilayah IV, TNI AU, TNI AD, Polri, Perum LPPNPI, Bea Cukai, Imigrasi, KKP, Gapura Angkasa, Pertamina, dan ACS.

Terkait operasional bandara, mulai 12 hingga 18 November 2022 Bandara Internasional Lombok melakukan penyesuaian waktu operasional menjadi 24 jam. Dari saat ini hanya 14 jam, yaitu pukul 06.00 sampai 20.00 WITA.

“Berbagai upaya yang kami lakukan ini diharapkan dapat mendukung kelancaran event WSBK 2022 dan KTT G20. Kami siap untuk memberikan pelayanan yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan di Bandara Lombok,” tandas Rahmat.

Baca Juga: Ekonomi NTB Triwulan III-2022 Meroket 7,1 Persen 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya